Ini Deretan Inovasi Teknologi yang Membawa Vivo Jadi Kedua di Indonesia

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma

Masmalven.com - Firma riset IDC menobatkan Vivo sebagai vendor smartphone terbesar nomor dua di Indonesia pada kuartal III-2019. Disebutkan, bahwa vendor asal China ini meraih 22,8 persen dari total pangsa pasar smartphone di Tanah Air.

Menurut Risky Febrian, analis pasar IDC, spesifikasi dan fitur yang tersemat di smartphone Vivo menjadi salah satu faktor yang mendongkrak volume di kuartal ini. "Terutama didorang oleh Z1 Pro, yang menghadirkan spesifikasi dan fitur yang menarik dengan harga bersaing," jelas Risky saat dihubungi KompasTekno.

Menyematkan spesifikasi dan fitur yang menarik tentu bukan pekerjaan mudah. Vivo pun memiliki strategi khusus, yakni dengan memaksimalkan fungsi tim riset dan pengembangan (R&D). "Tantangan ke depan, kami bukan hanya ingin menghadirkan inovasi, namun juga terus menjadi pionir teknologi visioner yang relevan bagi konsumen dan industri," jelas Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia.

Keunggulan fitur dengan beragam inovasi yang semakin dimutakhirkan menjadi kunci Vivo untuk bersaing di pasar smartphone Indonesia. Edy juga mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar penting bagi Vivo sebagai perusahaan smartphone dunia. Sepanjang tahun ini, Vivo telah merilis sepuluh model smartphone yang meliputi seri S, V, dan Y. Total ada 17 varian yang disebar Vivo ke pasar Indonesia.

Lalu, apa saja portofolio inovasi yang telah dirancang Vivo dan teknologi yang disematkan ke deretan smartphone tersebut? Mas Malven telah merangkum beberapa smartphone unggulan Vivo beserta inovasinya di tahun 2019 ini.

1. Kamera Pop-up 32MP Pertama


Dimulai dari Vivo V15 yang dirilis bulan Maret lalu. Smartphone ini membawa inovasi kamera po-up 32MP yang diklaim pertama di dunia. Tidak hanya di dunia, tapi inovasi dari Vivo V15 pun menjadi yang pertama hadir di Indonesia.

Melalui Vivo V15, Vivo juga menjadi salah satu pioner tren pop-up kamera yang saat ini mulai menjamur. Seri ini juga menjadi seri V pertama Vivo yang didukung AI Triple Camera alias tiga kamera belakang dan Mode Malamnya.

2. Layar Ultra O-Screen Pertama


Pada pertengahan tahun 2019, Vivo merilis seri baru di Indonesia yakni Z1 Pro. Seri ini dirilis pada bulan Agustus 2019 yang menargetkan pecinta game mobile. Smartphone ini mengusung desain muka Ultra O-Screen yang pertama kali hadir di Vivo.

Desain ini hanya menyisakan sedikit lubang kamera di pojok kiri atas. Hingga saat ini, Vivo Z1 Pro masih menjadi satu-satunya smartphone yang memiliki desain ultra O-Screen di kelasnya. Karena targetnya adalah pecinta gaming, untuk dapur pacunya tentu tidak asal pilih saja. Vivo mengandalkan Snapdragon 712 AIE sebagai "otak" Vivo Z1 Pro yang memberikan performa lebih garang.

3. Kamera Dual-pop Selfie Pertama


Tak lama berselang, Vivo kembali merilis smartphone baru dari seri V, yakni Vivo V17 Pro. Smartphone ini dirilis sekitar bulan September 2019 lalu dengan inovasi Dual Pop-up Selfie Camera yang diklaim pertama kali ada di dunia.

Kamera selfie ganda ini masing-masing dihuni oleh kamera utama 32MP  dan kamera Wide 8MP. Tidak hanya itu saja, smartphone ini menjadi seri pertama Vivo yang didukung empat kamera belakang alias AI Quad Camera. Lensa baru ditanamkan adalah makro yang berfungsi untuk memotret gambar detail agar tekstur dan warna yang dihasilkan lebih jelas.

Vivo juga turut serta menghadirkan mode malam di ponsel ini. Nah, Vivo V17 Pro menjadi smartphone pertama Vivo yang dibekali konektor USB-C dan memori besar RAM 8GB dan internal 128GB.

4. Modul Kamera 4 Lensa yang Unik


Jelang penghujung tahun, Vivo masih merilis satu smartphone lagi, yakni Vivo S1 Pro. Ponsel ini menjadi model unggulan dari seri "S" yang juga baru pertama kali hadir di Indonesia. Vivo S1 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang memiliki modul kamera berbentuk belah ketupat atau di istilahkan Vivo sebagai Diamond-Shaped Camera.

Empat kamera belakang dengan masing-masing resolusi 48MP kamera utama, 8MP Ultrawide, 2 MP makro, dan 2MP Depth Sensor ini tertampung di bingkai belah ketupat berwarna hitam. Bentuk modul unik ini menarik perhatian karena baru pertama kali hadir di Indonesia. Selain itu, bentuk model kamera yang unik, Vivo S1 Pro juga dilengkapi dengan fitur Screen Touch ID, layar panel Super AMOLED, dan kamera selfie 32MP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel