-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Fitur Tersembunyi Android 10, Lebih Canggih dari iOS 13?

fitur-tersembunyi-android-10

Masmalven.com - Smartphone kamu sudah menjalankan OS Android 10? Yuk simak beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang jika kamu lewatkan.

Setelah diperkenalkan dalam gelaran acara Google I/O, versi final sistem operasi Android 10 akhirnya secara resmi dirilis pada 3 september 2019 lalu. Dengan membawa sejumlah fitur menarik serta pembaruan dalam hal keamanan dan privasi, kehadiran Android 10 tentunya berhasil menarik perhatian para pengguna HP Android.

Kenyataannya, sistem operasi Android terbaru ini baru bisa dinikmati oleh segelintir merek dan tipe HP saja, termasuk HP Pixel besutan Google. Tapi, kamu tau nggak sih kalau ternyata Android 10 juga memiliki sejumlah fitur yang jaran diketahui banyak orang.

10 Fitur Tersembunyi Android 10

Serupa dengan iOS 13 yang menyimpan berbagai fitur tersembunyi, sistem operasi besutan Google ini rupanya menawarkan hal yang sama. Lalu, apa saja fitur -fitur tersembunyi yang ditawarkan oleh Android 10 ini? Simak artikelnya berikut ini..

1. Mode Fokus

focus-mode-android-authority

Sesuai dengan namanya, Mode Fokus adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan sementara aplikasi tertentu untuk menjaga agar penggunanya bisa tetap fokus.

Ini merupakan bagian dari layanan Digital Wellbeing yang belakangan ini tengah menjadi perhatian Google, fitur Mode Fokus cocok banget buat kamu yang suka kecolongan main media sosial saat waktu kerja.

Ketika fitur ini telah diaktifkan, maka ikon aplikasi-aplikasi yang telah kamu pilih sebelumnya akan berubah menjadi warna abu-abu dan akan muncul warning saat kamu mencoba membukanya.

Tak hanya itu saja, notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut juga tidak akan muncul hingga kamu menonaktifkan fitur ini. Untuk menggunakan fitur mode fokus, kamu hanya perlu pergi ke aplikasi Settings >> Digital Wellbeing & Parental Control >> Fokus Mode.

2. Undo Aplikasi yang Terhapus

undo-app-remove

Apakah kamu pernah tidak sengaja menghapus aplikasi penting yang ada di HP kamu? Berkat pembaruan yang ditawarkan di Android 10 hal itu nggal lagi jadi masalah besar.

Mengapa demikian? Ya.. karena Android 10 menawarkan fitur "Undo" aplikasi yang nggak sengaja terhapus dari halaman home screen.

Ketika kamu nggak sengaja menghapus aplikasi yang ada di halaman home screen, maka akan ada opsi Undo yang muncul di bagian bawah layar.

Perlu diingat bahwa fitur ini cuma bisa berfungsi saat kamu nggak sengaja menghapus aplikasi dari halaman home screen, bukan aplikasi Settings.

3. Battery Saver Scheduler

Battery-Saver-Scheduler-fossbytes

Salah satu komponen penting yang mampu menghidupkan perangkat smartphone, Google rupanya turut menghadirkan fitur rahasian di sektor ini lewat pembaruan Android 10 besutannya.

Batteru Saver Scheduler yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan mode battery saver alias penghemat daya sesuai dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.

Contohnya saja, kamu bisa mengatur agar fitur ini aktif di jam biasanya baterai HP mulai menipis. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengontrol pemakaian baterai setiap waktunya.

Cara mengaktifkannya, kamu langsung ke aplikasi Settings >> Battery >> Bateray Saver >> Set a Schedule.

4. Smart Reply

Smart-Reply-smartponsel

Kalau kamu sibuk banget sampai-sampai nggak sempet balas chat pacarmu? Mungkin fitur dari Smart Reply ini bisa membantu kamu agar komunikasi dengan pacarmu tetap terjaga.

Smart Reply digadang-gadang sebagai salah satu fitur baru terbaik yang dihadirkan Google lewat pembaruan Android 10.

Fitur Smart Reply sendiri memungkinkan kamu untuk membalas chat dengan cepat menggunakan respon yang disarankan.

Respon tersebut dibuat menggunakan machine learning dimana berkat teknologi ini perangkat HP akan mempelajari respon seperti apa yang paling sering kamu kirim atau yang biasanya kamu kirimkan di situasi tertentu.

Sebenarnya fitur ini sudah pernah tersedia sebelumnya, namun hanya untuk aplikasi buatan Google saja.

5. WiFi Sharing via QR Code

Wi-Fi-Sharing-via-QR-Code-9to5Google

Bagi para pengguna HP Xiaomi atau Huawei, mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan fitur satu ini.

Menawarkan fungsi yang cukup bermanfaat, Google akhirnya mengadopsi fitur WiFi sharing via QR Code ini di pembaruan Android 10 mereka.

Fitur ini sendiri memungkinkan kamu untuk berbagai password WiFi yang sedang digunakan kepada orang lain atau hanya dengan memindai kode QR.

Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi mengetik password WiFi secara manual yang tentunya memakan waktu yang lebih lama daripada sekedar memindai kode QR.

6. Personalized Ad Recommendations

Personalized-Ad-Recommendation-pcmag

Salah satu pembaruan dalam hal privasi yang dibawa oleh Android 10 adalah soal perlindungan data pengguna yang digunakan oleh pihak advertising untuk menampilkan iklan.

Untuk memastikan bahwa aplikasi tidak akan menggunakan data kamu untuk menampilkan iklan, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur bernama Personalized Ad Recommendations yang tersedia di Android 10.

Saat fitur ini diaktifkan, kamu akan tetap menerima sejumlah iklan hanya saja tidak berdasarkan informasi data pribadi kamu.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi Settings >> Privacy >> Advanced >> Ads.

7. Gesture Google Assistant

google-assistant-androidauthority

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran layanan Google Assistant pada HP Android tentunya sangat membantu bagi penggunanya. Tapi tak jarang fitur ini muncul secara tiba-tiba sehingga sangat mengganggu.

Selain menggunakan perintah suara "Ok, Google", kini pembaruan Android 10 juga menawarkan navigasi gesture baru untuk dapat mengakses Google Assistant.

Kamu hanya perlu melakukan swipe dari dua sudut pojok bawah layar ke arah dalam sampai ke layanan Google Assistant aktif.

Namun, metode aktivasi Google Assistant seringkali tidak disadari oleh penggunanya, maka Google akhirnya menambahkan "handle" di kedua sudut bawah layar.

Kesimpulan

Demikian beberapa fitur tersembunyi Android 10 yang sayang kamu lewatkan begitu saja. Menurut  kamu fitur tersembunyi Android 10 mana yang paling menarik dan layak untuk dicoba? Silahkan tulis jawabannya di kolom komentar ya!
... ...