-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Virtual Account: Perkembangan dan Manfaat Virtual Account

Perkembangan Virtual Account: Perkembangan dan Manfaatnya

Masmalven.com - Di zaman modern, perkembangan teknologi sangat meningkat pesat. Peran teknologi sangat penting dalam memudahkan segala bentuk aktivitas manusia. Seperti yang akan saya bahas kali ini, sebenarnya dengan adanya metode pembayaran melalui transfer ke rekening bank BCA, Bank BNI, Kartu Kredit dan lain-lain, kita sudah sangat di mudahkan. Benar bukan? Sebab kita tidak perlu membawa uang banyak krena uang yang kita miliki sudah ada dalam kartu yang akan kita gunakan untuk pembayaran.

Dengan perkembangan teknologi dan kemudahan yang ada, maka dibuatlah sebuah Virtual Acount (VA) yang pastinya lebih sangat memudahkan kita. Salah satu keuntungan dari pembayaran melalui virtual account ini yaitu cepat dan sangat praktis. Kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran melalui bukti struk transfer lagi. Untuk lebih jelas mengenai apa itu virtual account dan apa manfaatnya untuk kita dan perusahaan yang menerbitkannya, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Virtual Account

Virtual Account adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuat oleh Bank atas perminataan dari perusahaan tersebut untuk melakukan berbagai transaksi. Pelanggan tidak perlu mendaftar sebab secara otomatis akan mempunyai nomor virtual account yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya saat registrasi pada perusahaan tersebut.

Waktu setor ke rekening Virtual Account (VA) pelanggan baik itu perorangan atau tidak, nantinya sistem bank secara otomatis akan membukukan ke Rekening Utama perusahaan dengan mencatatkan nomor dan nama rekening Virtual Account. Virtual Account yang dibuat oleh bank tersebut tidak mempunyai jumlah tagihan yang pasti.

Perkembangan Virtual Account

Perkembangan e-commerce (Perdagangan Elektronik), dibutuhkan suatu proses pembayaran transaksi supaya menjadi lebih mudah dan praktis baik untuk perusahaan atau pelanggan. Situs belanja online di Indonesia seperti MatahariMall, Tokopedia, BliBli, Lazada, JD.ID, BukaLapak dan masih banyak lagi sudah menggunakan layanan Virtual Account untuk mempermudah pelanggannya. Begitu juga dengan BPJS dan berbagai lembaga pendidikan juga sudah memakai Virtual Account ini.

Banyak Bank yang menyajikan layanan Virtual Account ini, entah itu milik pemerintah misalnya BNI, BRI, Mandiri dan sebagainya ataupun bank swasta misalnya BCA, CIMB Niaga dan masih banyak lagi. Untuk Perusahaan, Virtual Account ini akan mempermudah pelanggan bertransaksi dengan efektif, dan mempermudah perusahaan mengenali serta mengidentifikasi arus kas yang masuk dengan detail dan tepat.

Manfaat Virtual Account

Fasilitas layanan ini sama halnya dengan sistem kerja dari layanan debit online atau Virtual Credit Card (VCC) yang dimana pelanggan mendapatkan layanan virtual saat bertransaksi online.

Virtual Credit Card (VCC) adalah Sarana belanja online mudah dan praktis tanpa menggunakan kartu kredit. Nah, Virtual Account memang memberikan manfaat bagi pelanggan perusahaan sebagai proses pembayaran transaksi menjadi mudah dan praktis. Karena satu transaksi pelanggan akan memperoleh satu nomor rekening virtual account unik yang sesuai dengan nominal transaksi yang diketahui sebelumnya. Jika Anda sudah melakukan pembayaran maka proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung dengan otomatis tanpa harus melakukan konfirmasi manual. Karena rekening hanya untuk pelanggan.

Nah, dana yang masuk ke rekening perusahaan langsung bisa digunakan. Karena pembayaran secara real-time langsung masuk ke rekening perusahaan.

Itulah yang bisa saya sampaikan tentang Pengertian Virtual Account, Perkembangan Virtual Account, dan Manfaat Virtual Account. Semoga informasi yang saya bahas di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Serta dapat menambah ilmu dan pengetahuan kalian tentang kemudahan-kemudahan yang sudah kita rasakan di perkembangan teknologi saat ini.
... ...