10 Cara Merawat Komputer dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Komputer dengan Baik dan Benar

Masmalven.com - Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan kelebihan dibandingkan dengan perangkat lainnya. Coba bayangkan, apabila komputer yang Anda miliki tiba-tiba lemot, bermasalah atau error tentunya akan menjengkelkan bukan? Komputer perlu dirawat dengan baik dan benar supaya awet. Bagaimana caranya?

Penggunaan komputer untuk mengolah dan menyimpan data memang sangat bisa diandalkan kan. Apalagi kapasitas dan daya tahannya cenderung lebih baik daripada laptop atau notebook. Meskipun begitu, jika Anda ingin komputer Anda bertahan lama dengan kondisi fisik yang bagus, setidaknya Anda harus tahu tips dan trik merawat komponen dalam komputer baik dari segi Hardware maupun Software.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama langkah-langkah jitu untuk membuat kompiuter Anda tetap baik dari waktu ke waktu dengan cara sederhana. Pemeliharaan ini tentu saja mencakup bagaimana cara Anda menggunakan atau mengoperasikan komputer? Kemudian perhatikan juga komponen lainnya seperti cara merawat PC, Keyboard, Baterai dll? Berikut pembahasannya.

Cara Merawat Komputer dengan Baik dan Benar

1. Pastikan menggunakan tegangan listrik yang stabil

Sebagai salah satu perangkat elektronik, komputer tidak bisa lepas tanpa adanya arus listrik. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa didalam komputer terdapat juga berbagai komponen yang saling berhubungan dengan data-data digital. Hal ini sangat bergantung dengan kestabilan arus tegangan listrik yang Anda gunakan.

Umumnya hal seperti ini bisa diatasi dengan memasang stabilizer. Sehingga pada saat ada daya listrik yang tiba-tiba turun, komputer tidak bisa merasakan goncangan akibat adanya alat tersebut.

Selain itu, apabila terjadi pemadaman listrik maka Anda masih bisa mematikan komputer terlebih dahulu dengan shutdown. Hal ini juga berpengaruh terhadap kinerja si komputer lho.

2. Maksimalkan pendingin komputer

Semua jenis perangkat menapun di dalamnya pasti terdapat Integrated Circuit atau IC yang menggunakan pendingin. Entah bagaimana sistem tersebut bekerja, tentu saja akan dibekali dengan pendingin yang sudah tersistem termasuk komputer. Anda bisa menggunakan pendingin komputer tersebut sebagai salah satu cara untuk merawat komputer Anda.

Di dalam CPU terdapat sistem pendingin inti yaitu berfungsi untuk mendinginkan processor sebagai salah satu komponen penting dalam komputer. Di dalamnya ada dua komponen yang bernama material logam dan fan (kipas). Anda perlu menggunakan kipas pendingin ini secara baik agar bisa bekerja dengan maksimal.

Lalu, gunakan juga fan yang ada pada casing untuk mendinginkan ruang CPU yang ada di dalamnya terdapat komponen lainnya. Hal ini juga diimbangi dengan power supply ke daya motherboard agar tidak berkurang oleh sistem pendingin.

3. Mematikan komputer dengan benar

Hal kecil seperti ini memang perlu diperhatikan. Meskipun sederhana tapi ternyata hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan si komputer. Bisa kita bilang, hal kecil bisa berdampak besar. Tidak seperti perangkat lainnya seperti TV atau Radio yang tinggal tekan On/Off, kalau komputer lebih terstruktur.

Untuk mematikan komputer dengan cara sembarangan bisa berdampak buruk terhadap kinerja komputer Anda. Jangan bilang karena Anda sedang buru-buru dan langsung mematikan begitu saja dengan cara instan itu tidak ada pengaruh. Nah ini adalah pemikiran yang salah. Jadi, sebaiknya Anda selalu mematikan komputer sesuai dengan prosedurnya ya.

4. Hindarkan komputer dari hal yang bisa berdampak buruk

Komputer merupakan alat yang rentan terhadap hal-hal yang sifatnya buruk bagi perangkat. Kita perlu memperharikan apa saja yang ada dan kita lakukan disekitar komputer. Hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Tempatkan komputer pada area yang tidak terkena paparan matahari langsung, tidak banyak debu, dan tidak lembab. Gunakan AC pada ruangan Anda (disarankan).
  • Jangan menaruh cairan di dekat komputer seperti minuman pendingin diatas perangkat komputer atau disekitarnya. Jika secara tidak sengaja kita menjatuhkannya sehingga membasahi komputer maka bisa berakibat fatal.
  • Rapikan kabel-kabel yang berada disekitar yang berantakan.

5. Bersihkan Hardware secara teratur

Supaya komputer Anda tahan lama, Anda perlu secara teratur membersihkannya. Meskipun sudah diletakkan ditempat yang jauh dari debu tapi untuk membersihkannya agar terjaga bersih dan rapi tidak ada salahnya kan?.

Jika komputer tidak pernah dibersihkan pada bagian hardwarenya, maka bisa jadi debu atau kotoran yang menempel dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja akan berpengaruh terhadap kinerja si komputer akan menurun, menghambat sirkulasi komputer sehingga komputer cepat panas.

6. Menggunakan perangkat lunak yang original (bukan kw)

Tidak jarang, komputer tidak bisa bertahan lama atau error bukanlah dari faktor luar. Melainkan dari faktor dalam atau perangkat software. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda selalu menggunakan perangkat lunak yang original. Jangan KW ya!! Hati-hati terhadap pemasangan perangkat yang beresiko virus.

7. Lindungi sistem dengan Antivirus Terupdate

Virus memang sangat meresahkan bukan? Bahkan sifatnya bisa sangat serius seperti menyebabkan data hilang atau bahkan parahnya membuat komputer mati total. Salah satu cara praktisnya yaitu memasang antivirus diperangkat komputer Anda.

Antivirus seperti apa yang baik dan bagus untuk komputer kita? Tentu saja, komputer yang sifatnya universal atau bisa menangkal semua jenis virus yang ada. Agar bisa bekerja secara maksimal, selalu update antivirus pada database baru Anda.

8. Maintanance dan Management Aplikasi

Maintanance adalah me-management file atau software di dalam komputer Anda. Beberapa perawatannya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Apabila dibutuhkan, lakukanlah fregmentasi (Disk Defrag)
  • Meminimalisir software atau aplikasi yang tidak penting atau tidak digunakan lagi
  • Lakukan pembersihan secara berkala file sampah yang ada di komputer.

9. Mematikan Komputer saat hujan

Tahukah Anda jika cuaca yang tidak bersahabat bisa berpengaruh ketika komputer Anda sedang nyala. Apabila disekitar Anda sedang hujan maka sebaiknya Anda matikan saja komputer terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari komputer tersambar oleh petir apalagi jika komputer terhubung dengan modem atau wireless.

10. Mengaktifkan sistem software restore pada komputer

Agar komputer tetap terjaga keamanannya, maka Anda perlu mengaktifkan restore pada komputer. Bagaimana caranya? Silahkan klik kanan pada menu dekstop komputer. Lalu pilih pada bagian properties tab sistem restore. Pada halaman berikutnya, akan muncul opsi Turn Off Sistem Restore On All Drivers. Pada kolom tersebut Anda tinggal menghilangkan centang di samping tulisan.

Demikian tutorial singkat bagaimana cara menjaga komputer tetap terawat sama seperti waktu pertama kali beli atau pemakaian. Silahkan Anda praktekkan metode sederhana ini, tidak sulit kan? 

Yang terpenting, Anda perlu memberlakukan perawatan ini secara berkala dan rutin. Hindari beberapa hal yang bisa membuat kinerja komputer menurun seperti yang sudah kita bahas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel