10 Bahasa Pemrograman Terbaik dan Populer di Indonesia


Masmalven.com - Dunia komputer kini sudah semakin canggih, bahasa pemrograman pun kini banyak dikategorikan sebagai Bahasa Pemrograman yang Terbaik dan Populer. Sekarang ini jenis bahasa untuk program komputer yang tidak hanya satu atau beberapa tetapi ada banyak sekali. Oleh sebab itu, para programer merasa bingung dalam memutuskan mana yang akan dijadikan pilihannya. Bagian tersulit adalah ketika Anda akan belajar macam-macam bahasa pemrograman dan memutuskan manakah dari bahasa pemrograman tersebut yang ingin Anda pelajari dan tekuni terlebih dahulu. Dari masing-masing jenis pemrograman memiliki keunikan serta kompleksitasnya sendiri.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa Pemrograman adalah kata instruksi atau perintah yang umunya terdiri dari banyak baris yang dapat diketahui dan dimengerti oleh komputer. Menurut definisinya, tidak semua orang bisa dan mengeri tentang Bahasa Pemrograman. Bahasa komputer memang sifatnya wajib dipelajari dan dikuasai oleh para developer agar bisa membangun sebuah software atau aplikasi tertentu. Bukan dengan pembelajaran yang sembarangan karena bahasa pemrograman harus disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi yang hendak dibuat.

Agar bisa menjadi seorang ahli dalam pemrograman, Anda harus mengetahui jenis-jenis bahasa pemrograman untuk mengetahui mana yang lebih cocok. Tentu saja untuk membuat sebuah software atau perangkat lunak tidak menggunakan semua bahasa pemrograman yang ada. Melainkan bisa jadi yang digunakan hanya satu atau dua bahasa pemrograman saja dalam melakukan proses developing software. Nah, data ini merupakan peringkat yang dibuat berdasarkan bahasa pemrograman yang paling populer di dunia.

Dengan mengetahui daftar bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari akan lebih membantu Anda dalam menyelesaikan kasus penggunaan yang paling umum dan dibutuhkan. Contohnya seperti pengembangan mobile, pengembangan web, pengembangan game dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan informasi dengan menyimak uraian yang akan memberikan penjelasan dan gambaran secara jelas tentang bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari untuk meningkatkan karir dan pengetahuan Anda tersebut. Yuk, simak pembahasa berikut ini.

10 Bahasa Pemrograman Terbaik di Indonesia

1. JAVA

Logo Java

Bahasa Pemrograman yang pertama adalah Java. Karena kepopulerannya sudah sampai ke telinga Anda bukan? Java ini adalah salah satu jenis bahasa program komputer yang dapat dijalankan melalui berbagai platform, misalnya mulai dari PC sampai dengan perangkat versi mobile. Menurut historynya, Java awalnya dikembangkan pada tahun 1991 pada The Green Project oleh tokoh Sun Microsystem dan kemudian dilepas pada Oracle. Asal-usul nama "Java" ini, karena salah seorang pendirinya adalah James Gosling yang sangat menyukai kopi murni yang proses pembuatannya digilang langsung dengan mesin giling atau bisa disebut kopi tubruk dan kopi ini berasal dari pulau Jawa, Indonesia.

Java adalah bahasa pemrograman yang populer hingga saat ini. Kelebihan yang ada di dalam bahasa ini mungkin menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Keunggulan java yaitu dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman ini juga termasuk dalam pemrograman orientasi objek dan tersedia library yang sangat lengkap. Tentu saja ini akan membuatnya lebih mudah dalam proses menyusun program. Kebanyakan dari aplikasi Smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java ini lho. Ya, karena memang dulu hingga sekarang sedang banyak diminati dan dibutuhkan.

2. C

Logo C

Ini merupakan bahasa tertua yang pernah ada, julukan ini dimiliki oleh bahasa pemrograman C. Tahukah Anda bahasa yang satu ini telah dikembangkan sekitar 70-an. Jika melihat sejarahnya, kemunculannya dibuat oleh tokoh pembuat bahasa yakni Denis Ritchie. Di Indonesia, bahasa C adalah jenis bahasa pemrograman yang sangat populer. Sebagian besar dari perguruan tinggi khususnya jurusan IT atau lembaga penyedia kursus pemrograman juga mempelajari bahasa C sebelum pada akhirnya mempelajari jenis bahasa yang lain. Bukan karena bahasa C merupakan pengetahuan dasar tapi melainkan karena bahasa C adalah "Bapak" dari bahasa pemrograman yang lainnya.

3. PHP

Logo PHP

PHP singkatan dari PHP Hypertext Pre-Processor. PHP adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mungkin karena penggunaanya yang gratis dan juga bahasa pemrograman ini sifatnya server side scripting sehingga kemunculannya memang dirancang utnuk dapat membangun website yang dinamis. Menurut sejarahnya, PHP mulai dikembangkan oleh seorang rokoh yang bernama Rusmus Lerdrorf. Penggunaan bahasa pemrograman PHP ini sudah diterapkan pada website ternama seperti sosial media Facebook, Dig maupun WordPress dalam pengembangannya.

4. Visual Basic

Logo Visual Basic

Visual basic adalah bahasa pemrograman yang menawarkan IDE (Integrated Development Environment visual) untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Windows. Menurut berbagai survey yang dilakukan pada tahun 2005, setidaknya ada 62% para developer menggunakan Visual Basic untuk pengembangan softwarenya. Hal ini menunjukkan bahwa Visual Basic adalah salah satu jenis bahasa pemrgraman yang populer juga di Indonesia.

5. JAVASCRIPT

Logo JavaScript

Javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis yang berhasil dikembangkan oleh Nestcafe. Pemanfaatan bahasa pemrograman yang satu ini kebanyakan terdapat dalam pengembangan web seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Opera. Kelebihan Javascript ini bisa dilihat dari pembuatan web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri, ada group di jejaring sosial Facebook yang membahas seputar Javascript, yang bernama "Javascript Indonesia". Group ini sudah beranggotakan lebih dari 50 ribu orang yang aktif sampai dengan sekarang.

6. PHYTON

Logo Phyton

Phyton adalah salah satu bahasa komputer yang masuk dalam tingkat tinggi. Phyton dapat digunakan untuk membangun sebuah software aplikasi, baik berbasis mobile maupun berbasis web. Namun, phyton relatif mudah bagi seorang pemula sebab bahasanya mudah di baca dan dengan syntax yang bisa dipahami. Tak heran jika banyak dari perusahaan besar memanfaatkannya. Misalnya, Pinterest, dan Instagram. Tidak hanya itu saja, Phyton juga sudah digunakan pengembang seperti Google, dan Yahoo.

7. C++

Logo C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang berhasil dibuat oleh Bjarne Stroustrup yang merupakan pengembangan dari bahasa C. Mungkin Anda bisa melihat penulisan C++ dan C yang hampir sama tapi meskipun begitu kedua bahasa ini memiliki perbedaan yang terdapat pada penyelesaian masalahnya. Umumnya bahasa C penyelesaian masalahnya dengan cara pembagian ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau bisa kita sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural.

Sedangkan untuk penyelesaian masalah C++ adalah lebih berorientasi terhadap objek permasalahan yang dibagi dalam kelas-kelas. Dari periode ke periode penggunaan C++ sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Kita sebut saja Software Adobe, Firefox, Winamp yang menggunakan C++  dalam pengembangannya.

8. C#

Logo C#

C# merupakan bahasa pemrograman yang sukses dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrogrman yang satu ini adalah tercipta berkat penggabungan prinsip dari C dan C++. Pemanfaatannya paling banyak digunakan untuk platform Windows. Nah, C# sudah masuk dalam daftar bahasa pemrograman yang paling banyak diminati dan bagus digunakan karena memiliki kualitas serta keunikan tersendiri.

9. ACTIONSCRIPT

Logo Action Script

ActionScript adalah jenis bahasa yang diciptakan berdasarkan ECMA Script. Bahasa pemrograman ini biasa digunakan dalam pengembangan suatu situs web atau software yang memanfaatkan platform Adobe Flash Player. Sejarah kemunculannya, dimulai dari Macromedia yang mengembangkan bahasa pemrograman ini. Namun, untuk saat ini sudah dimiliki dan dilanjutkan proses pengembangan oleh Adobe. Karena pada tahun 2005 Adobe telah membeli Macromedia tersebut.

ActionsScript sudah dipakai oleh beberapa aplikasi yang berbasis data seperti Alpha Five. Untuk saat ini, versi terbaru dari ActionScript adalah versi 3.0 yang sebelumnya 2.0. Beberapa keunggulan versi terbaru ini adalah dengan adanya file di ActionScript 3.0 yang dapat dibuat secara terpisah saat runtime. Di Indonesia sendiri, bahasa pemrograman yang satu ini cukup populer karena ada banyak ahli perangkat lunak yang memilih berbasis flash yang akan memanfaatkan ActionScript untuk keperluan coding.

10. OBJEKTIF-C

Logo Objectif-C

Selanjutnya adalah bahasa pemrograman yang diberi nama Objektif-C. Dalam bahasa komputer ini lebib berorientasi pada objek. Umumnya, Objektif-C dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan aplikasi pada perangkat Apple. Bahkan untuk operasi iOS pun sudah menggunakan bahasa pemrograman dari Objektif-C ini dan sudah masuk dalam kategori Bahasa Pemrograman terbaik yang sebanding dengan performa serta kualitas untuk membantu pengembangan software tertentu.

Demikian informasi terbaik yang bisa Anda jadikan panduan dalan memilih satu atau dua jenis bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari terlebih dahulu. Anda perlu fokus pada bahasa pemrograman tertentu saja karena tidak mungkin Anda bisa mendalami semuanya bukan?

Untuk menjadi seseorang yang ahli dalam bidang programer atau teknik informatika, Anda bisa gunakan step by step. Untuk belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah, dengan adanya informasi yang tersedia ini diharapkan dapat membantu Anda untuk lebih memiliki tujuan dan fokus.

Uraian diatas merupakan tips dan solusi pembelajaran Pemrograman yang lebih efektif. Walaupun Anda sekarang masih Anak Sekolah, Mahasiswa, atau Mahasiswi, Pekerja, Pengusaha dan lain-lain dengan menerapkan mana bahasa pemrograman yang ingin Anda tekuni terlebih dahulu yang kemungkinan besar membuat Anda bisa berhasil. Janganlah ragu untuk mengikuti program pelatihan belajar atau bimbingan dari orang yang lebih berpengalaman dan juga menyiapkan fasilitas yang Anda butuhkan untuk itu. Cobalah untuk bereksperimen dengan membuat aplikasi atau software di Hp Andorid atau Smartphone, Komputer atau Laptop. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel