Pengertian Jaringan Nirkabel: Jenis, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Jaringan Nirkabel


Pada awal perkembangannya, untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer sehingga membentuk suatu jaringan pasti membutuhkan yang namanya kabel. Pada saat itulah jaringan kabel mulai populer dan semakin berkembang. Untuk sekarang ini, banyak yang sudah beralih ke jaringan nirkabel karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Pengertian Jaringan Nirkabel / Wireless

Yang namanya jaringan tanpa kabel itu sudah umum di jaman sekarang ini, ternyata masih banyak orang yang belum tahu apa itu artinya. Pengertian jaringan nirkabel adalah suatu bentuk dari sebuah jaringan yang tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan antar perangkatnya. Dalam jaringan wireless ini kita memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau radio untuk transmisi data.

Cara Kerja Jaringan Nirkabel

Jika sebuah jaringan wireless tidak menggunakan kabel lalu bagaimana cara kerjanya? Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa dalam sebuah jaringan nirkabel data akan dikirimkan dengan memanfaatkan gelombang radio atau eletromagnetik. Dengan cara ini sudah cukup banyak kelebihan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan teknologi kabel.

Fungsi Jaringan Wireless

Entah sudah mengerti atau tidak, bahwa kita sudah banyak memanfaatkan teknologi nirkabel setiap harinya. Contoh mudahnya, sinyal yang diterima oleh smartphone dan itu merupakan salah satu penerapan jaringan wireless. Selain itu, ada banyak manfaat yang kita terima dengan perkembangan teknologi nirkabel ini.

Keunggulan Jaringan Wireless
  • Proses pembangunannya tergolong lebih cepat daripada jaringan nirkabel.
  • Lebih mudah untuk dikembangkan.
  • Lebih mudah diperbaiki dan direlokasi daripada jaringan kabel.
  • Tidak memerlukan kabel yang bisa memakan biaya mahal.
  • Biaya perawatannya tergolong lebih murah.
  • Mampu untuk menjangkau wilayah yang medannya sulit.
  • Tidak membutuhkan area yang lua untuk insfrastrukturnya.
  • Kecepatan dalam mentransfer data lebih stabil.

Kelemahan Jaringan Wireless
  • Untuk pengembangannya membutuhkan biaya yang lebih mahal.
  • Keamanan data tergolong lemah.
  • Sinyal mudah terganggu oleh cuaca.
  • Komponennya cenderung lebih mahal.
  • Banyak hal yang bisa mengganggu sinyal seperti gedung, pohon dll

Jenis Jaringan Nirkabel

Ada banyak bentuk dari pemanfaatan jaringan wireless, beberapa dibedakan berdasarkan luas cakupan dari jaringan tersebut. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca penjelasan berikut ini.

1. Wireless Personal Area Networks (WPANs)

Ini merupakan suatu bentuk dari jaringan nirkabel dengan cakupan yang terbilang sedikit. WPANs hanya dapat menghubungkan beberapa perangkat dengan cakupan wilayah sekitar 10 meter. Ini artinya, hanya seluas sebuah ruangan atau rumah kecil. Untuk perangkat yang dihubungkan dengan WPANs ini biasanya berupa telepon, PDA, printer dll.

2. Wireless Local Area Networks (WLANs)

Cakupan wilayah dari WLANs ini lebih luas daripada WPAN. Untuk jaringan ini, bisa meng-cover satu wilayah seperti sekolah atau kampus. Untuk jenis jaringan ini biasanya digunakan pada sebuah wilayah yang mana tidak diperbolehkan memasang jaringan kabel misalnya sebuah kantor sementara.

3. Wireless Metropolitan Area Networks (WMANs)

Sekarang kita beralih ke tipe jaringan nirkabel dengan luas wilayah yang lebih besar. WMAN mampu untuk menghubungkan 2 tempat yang berbeda dalam satu wilayah. Contohnya saja gedung perkantoran yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jaringan ini bisa juga untuk menghubungkan antar sekolah yang masih berada dalam satu wilayah.

4. Wireless Wide Area Networks (WWANs)

Untuk jaringan ini, cakupannya lebih luas lagi yaitu mampu untuk meng-cover satu kota bahkan negara sekalipun. Untuk pembangunannya sendiri, membutuhkan biaya yang cukup besar karena membutuhkan sistem satelit. Untuk sekarang ini, WWAN dikenal dengan teknologi jaringan generasi kedua (2G).

Demikian penjelasan mengenai pengertian jaringan nirkabel. Pemanfaatan jaringan nirkabel ini memang membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini bisa mengobati rasa penasaran kalian mengenai definisi dan cara kerja dari jaringan wireless.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel