18 Cara Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru Untuk Pemula

18 Cara Optimasi SEO Blogger Lengkap Terbaru Untuk Pemula


Masmalven.com - SEO adalah Search Engine Optimization yang harus dilakukan agar artikel bisa berada di halaman pertama Google. Posisi Page One Google merupakan tujuan utama sebuah website supaya dapat mendatangkan visitor banyak. Bukan hanya memperhatikan Template Blogger yang SEO Friendly saja tetapi juga harus memperhatikan kualitas dari konten yang dibuat.

Pada artikel ini, saya akan coba membahas mengenai SEO secara lengkap menurut pengalaman saya pribadi. Anda juga bisa praktekkan agar kualitas dari Blog itu sendiri semakin meningkat. Ini tidaklah sulit karena bahasa yang saya gunakan merupakan kalimat untuk Pemula dan mudah dipahami.

Setiap point-point yang saya berikan pada artikel ini mohon untuk dipahami dan jika masih ada kesulitan bisa berkomentar di kolom yang sudah disediakan dibawah artikel ini.

Optimasi SEO Blogger Mulai dari Setting Template, Cara Menulis dan Penggunaan Backlink

1. Setting RSS Feed

Setting RSS Feed Situs

Beberapa kalangan Blogger malas membuat konten yang original. Alhasil mereka melakukan hal curang dengan mencuri konten melalui RSS Feed. Dengan melakukan hal tersebut maka ini sangat merugikan penulis artikel karena terjadi Duplikat Konten. Agar konten Anda tidak bisa dicuri secara otomatis maka harus lakukan setting RSS Feed yaitu masuk ke Dashboard Blogger >> Setelan >> Lainnya >> Izinkan Feed Blog (Pilih Singkat).

2. Aktifkan Tag Meta Deskripsi

Tag Meta Deskripsi

Fungsi dari Tag Meta Deskripsi Blog adalah agar Google dapat mendeteksi keterangan situs kita. Anda bisa lihat saat mendapatkan sitelink di beranda Google maka ada penjelasan tentang Blog kita dibawahnya. Cara mengaktifkannya yaitu dengan masuk ke Dashboard Blogger >> Setelan >> Dasar >> Deskripsi (Isi Keterangan Maksimal 500 Karakter).

3. Aktifkan Tag Tajuk Robot Khusus

Tag Tajuk Robot Khusus

Untuk Robot.txt saya lebih memilih membiarkannya secara Default (Dinonaktfikan). Sedangkan untuk Tag Tajuk Robot Khusus saya sedikit melakukan Settingan agar tidak terjadi Duplikat Konten Halaman Arsip). Caranya yaitu masuk ke Dashboard Blogger >> Setelan >> Preferensi Penelusuran >> Pada Tag Robot Khusus (Silahkan setting seperti gambar diatas).

4. Memberikan Tittle Teks dan Alt Teks Pada Gambar

Image Properties Blogger

Dengan memberikan Title pada Gambar maka bisa mempermudah search engine mendeteksinya.. Bukan hanya artikel saja yang bisa berada di Page One Google tetapi gambar juga bisa dan bisa mendatangkan trafik. Caranya cukup mudah yaitu dengan Klik pada Gambar >> Pilih Properties >> Masukkan Title Teks dan Alt Teks sesuai dengan gambarnya.

5. Buat Deskripsi Postingan

Saat Anda membuat artikel tentunya harus membuat Label disamping kanan dan dibawahnya ada tempat untuk mengisi Deskripsi Postingan. Anda bisa isi dengan panjang kata sekitar 50 kata sesuai dengan kebutuhan. Silahkan isi juga dengan kata kunci utama dan kata kunci turunan yang berhubungan supaya menarik perhatian saat tampil di beranda Google.

6. Menggunakan Template SEO Friendly

Jangan sampai Anda salah memilih Template Gratisan yang diambil di beranda Google. Gunakanlah Template Premium dengan membelinya langsung ke Pemilik Template. Pilih yang SEO Friendly ya..

Bagi Anda yang masih bingung bisa membaca artikel bisa membaca artikel Cara Cek Template Responsive dan SEO.

7. Maksimalkan User Experience

Pengalaman pengguna saat berada di Blog kita sangatlah penting sebagai dasar penilaian Google. Semakin pembaca nyaman dan berlama-lama maka akan semakin baik dan tentunya bisa meningkatkan Rank Blog kita. Perhatikan juga tampilan Template supaya pengunjung betah di Blog Anda. Sebenarnya yang lebih utama adalah kualitas konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca.

8. Judul Artikel Tertarget Dengan Keyword di Depan

Banyak penulis Blogger yang asal-asalan membuat judul artikel sehingga berakibat sia-sia konten tersebut. Maksud dari judul tertarget yaitu menempatkan kata kunci di depan dan memberikan kata tambahan yang berhubungan. Untuk bisa mendapatkan judul yang baik bisa melakukan riset terlebih dahulu menggunakan Tools tertentu.

9. Buat Judul Artikel yang Mengundang Klik

Ketika artikel kita tampil di beranda Google, usahakan membuat semenarik mungkin. Meskipun berada di Page One Google belum tentu pengunjung melakukan klik jika kurang menarik. Coba buat semenarik mungkin seolah-olah orang melihatnya penasaran. Cara ini terbukti efektif baik di Google maupun saat melakukan pencarian di beranda YouTube.

10. Artikel Panjang dan Lengkap

Memiliki artikel dengan jumlah kata diatas 500 atau lebih dari 1000 tergolong sangat baik. Yang perlu kita perhatikan disini adalah pengelompokan setiap paragraf. Jangan sampai ada pengulangan pembahasan sehingga struktur bahasa terbaca oleh Google. Buatlah kerangka artikel dulu agar mudah dalam penyusunan bahasa.

11. Internal Link Antar Artikel

Internal link sangat dibutuhkan dalam setiap artikel yang dibuat agar pengunjung semakin berlama-lama berada di blog kita. Perlu diperhatikan juga bahwa ada dua jenis internal link yang digunakan. Saya lebih menyarankan Anda menggunakan yang manual dibandingkan yang otomatis supaya linknya sesuai dengan yang dibahas. Banyaknya internal link minimal 3 dan boleh banyak tapi harus sesuai dengan topik.

12. Eksternal Link ke situs yang Relevan

Beberapa penulis Blogger menghindari adanya pemberian Eksternal Link ke blog lain. Tetapi jika Anda membuat link ke situs lain yang relevan atau sesuai dengan artikel yang dibahas maka akan semakin baik. Gunakan link Dofollow ya, jangan Nofollow.

13. Keyword Density Jangan Terlalu Banyak

Keyword Density adalah kata kunci tertentu dalam sebuah postingan, page hingga seluruh homepage blog atau website. Jangan mengulang kata kunci terlalu banyak karena akan berakibat buruk terhadap kualitas konten. Coba atur keywordnya dengan baik dan disebar ke beberapa paragraf supaya terlihat baik. Gunakan juga kalimat yang mudah dipahami dan enak dibaca.

14. Perbanyak Kata Kunci Dalam Kalimat

Orang yang suka menulis tentunya akan banyak sekali kalimat baru yang muncul dalam postingannya. Buat kata kunci turunan yang berhubungan karena semakin banyak kosakata yang kamu buat akan semakin baik. Bukan hanya judul artikelnya saja yang kedeteksi oleh Google tetapi kalimat dalam postingan blog juga terbaca.

15. Penggunaan Blod, Italic, dan Underline

Penggunaan Bold (Tulisan Tebal), Italic (Tulisan Miring), dan juga Underline (Tulisan Bergaris Bawah) sangatlah penting. Tapi Anda harus hati-hati juga, jika penggunaannya terlalu banyak maka akan tidak baik dimata Google. Penandaan kalimat tersebut Anda gunakan seperlunya pada kata-kata yang penting ataupun yang perlu diperhatikan.

16. Memahami Fungsi H1, H2, H3, dan H4

Coba Anda pahami secara dasar tentang Heading, Subheading, Minor Heading, Normal. Jangan menggunakan secara berlebihan karena bisa berakibat fatal. Gunakan sebagai dasar SEO yang baik terutama penempatan Judul dan Kata Kunci yang tepat pula.

17. SEO On-Page

Untuk optimasi blog itu sendiri mulai dari pemilihan Template sampai dengan teknik penulisan artikel sudah termasuk SEO On-Page yang bagus. Lakukan beberapa tahapan Settingan Blogger diatas, penulisan artikel yang benar sampai dengan pembuatan Internal dan Eksternal link yang bagus maka bisa dipastikan hasilnya akan maksimal.

18. SEO Off-Page

Selain SEO On-Page ada istilah Off-Page juga yaitu melakukan optimasi Blog dengan cara mencari dukungan Backlink di luar. Carilah forum yang memberikan Backlink Dofollow lalu tinggalkan Link artikel aktif disana. Anda juga bisa menggunakan jasa Content Placement.

Semua penjelasan diatas tentang SEO sebenarnya sudah cukup untuk memaksimalkan sebuah Blog. Kualitas sebuah konten menjadi faktor utama dalam memaksimalkannya termasuk jangan ada kalimat Copy Paste dari Blog lain ya. Terlebih lagi jika Anda melakukan hal curang dengan cara melakukan copas lalu mengeditnya kembali untuk menjadi sebuah artikel ORI versi smallseotools.

Jika Anda sudah paham tentang SEO, sekarang Anda tinggal bagaimana mempraktekannya. Yang menjadi musuh uatam bukan cara SEO-nya tetapi tingkat kemalasannya dalam menulis artikel. Bagi Anda yang baru belajar menulis, usahakan belajar merangkai kata dan mengarang sebuah kalimat. Banyak membaca bisa membantu mempermudahkan Anda dalam menulis.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan maka luangkanlah waktu sekitar satu jam pada saat malam hari. Optimasi SEO ini pasti bisa kita lakukan asalkan Anda memiliki kemauan yang kuat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel