Membuat Saluran Khusus Adsense Agar Iklan Lebih Maksimal

Custom Channel atau biasa disebut saluran khusus Adsense. Fungsi dari saluran khusus ini adalah untuk memaksimalkan pendapatan Adsense. Dengan membuat custom channel (saluran khusus), iklan yang kita pasang nantinya bisa lebih tertarget. Dari saluran khusus tersebut, kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan keinginan kita dan biasanya menyesuaikan dengan niche blog kita masing-masing. Misalnya saja, kategori Blogging, Tips Adsense, Bisnis, Teknologi, dan sebagainya.

Saluran khusus ini nantinya akan dilihat oleh pihak (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, dari situ akan terjadi penawaran. Jika pihak pengiklan merasa cocok dengan saluran khusus yang kita buat, pihak pengiklan akan berani membayar lebih tinggi untuk CPC nya.

Ini merupakan keuntungan bagi kita sebagai penayang iklan, karena secara otomatis nilai (value) iklan kita akan menjadi lebih tinggi. Inilah fungsi yang sebenarnya membuat saluran khusus adsense, alhasil nilai CPC iklan akan lebih optimal. Dengan begitu, pendapatan adsense kita bisa lebih meningkat.

Fungsi lain dari saluran khusus adsense adalah kita bisa memantau kinerja iklan dari masing-masing saluran. Karena terdapat laporan dari setiap saluran khusus. Akhirnya kita akan mengetahui jenis iklan yang kinerjanya kurang memuaskan, dan kita bisa menggantinya agar lebih maksimal.

Cara Membuat Saluran Khusus

Untuk membuat saluran khusus adsense secara universal, ganti dashboard adsense Anda dengan menggunakan bahasa inggris.

Pada halaman pertama dashboard, pilih my Ads, dan pilih custom channel.

Cara Membuat Saluran Khusus

Kemudian pilih New custom channel, nantinya akan muncul halaman baru yang berisi tab untuk mengisi kelengkapan channel baru tersebut. Tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Saluran Khusus Adsense

Keterangan Gambar
  1. Pada bagian ini, Anda isi dengan kategori yang akan dibuat, pada bagian ini akan dilihat oleh pengiklan (advertiser). Jadi buatlah Nama singkat dan padat sesuai dengan kategori yang di ajukan. Contoh punya saya adalah Mas Malven.
  2. Pada kolom ini adalah daftar iklan yang akan kita buat di dashboard unit iklan. Pilih Add untuk memasukkan kedalam daftar.
  3. Daftar unit iklan yang akan kita tawarkan ke pihak pengiklan (advertiser).
  4. Beri tanda centang pada bagian ini.
  5. Ini adalah iklan yang akan di munculkan berdasarkan kategori yang kita pilih, contoh dalam blog saya adalah iklan di Blogging, Bisnis. Gunakan bahasa inggris ya..
  6. Pilih Multiple Locations jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
  7. Kolom Deskripsi untuk menambahkan secara spesifik tentang blog yang Anda tulis.
  8. Pada Site Language, pilih Indonesia. Jika blog Anda berbahasa Indonesia ya..
  9. Setelah Selesai, Simpan untuk mengubah pengaturan.

Pada tahap ini Anda sudah selesai membuat saluran khusus (custom channel) iklan Adsense, kita bisa lihat beberapa saat untuk mengetahui status dari saluran khusus tersebut. Jika tulisannya Aktif (pada gambar pertama) maka Anda sudah berhasil.

Penutup

Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk ditayangkan kepada blog yang benar-benar sesuai dengan kategori iklannya. Dengan kata lain, pihak pengiklan (advertiser) ingin iklannya tertarget, dan bisa di lihat oleh pengunjung sesuai dengan kategori blog yang sedang dibaca.

Pihak pengiklan juga merasa di untungkan, karena iklannya di lihat orang (pengunjung) yang tepat. Begitu juga dengan pihak pengiklan (publisher) akan merasa di untungkan, karena nilai (value) iklan tertarget akan lebih tinggi nilai CPC nya daripada iklan yang tidak tertarget melalui melalui saluran khusus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel