-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog & Website Agar SEO dan Fast Loading

Cara Mempercepat Loading Blog

Masmalven.com - Banyak sekali faktor SEO (Search Engine Optimization) di dalam sebuah blog, yaitu Judul Artikel, Meta Description, Optimasi Konten, Gambar/Foto, Link Internal dan paling penting adalah Page Speed dalam blog tersebut. Page Speed adalah kecepatan suatu website atau blog untuk memuat suatu halaman website atau blog. Sebenarnya semua faktor SEO sama pentingnya, tapi kalian harus memperhatikan faktor SEO yang ada.

Google pernah mengatakan bahwa Google akan memasukkan faktor Kecepatan Loading dalam merangking pencarian Google. Selain bisa mempengaruhi SEO website, Page Speed juga sangat mempengaruhi trafik website. Karena itu, jika loading sebuah website sangat lemot atau lama maka pengunjung akan meninggalkan website tersebut.

Faktor Mempengaruhi Loading Sebuah Situs

Semakin cepat loading page dari website, maka semakin besar pula website tersebut mendapatkan trafik. Kecepatan loading website bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, meliputi.

1. Hosting

Nah, faktor pertamanya adalah Hosting. Mengapa demikian? Saat ini banyak sekali penyedia layanan hosting yang menawarkan hosting dengan harga yang terjangkau. Saya menyarankan agar kalian tidak tergiur dengan harga hosting yang sangat murah. Karena bisa jadi hosting yang kalian pilih tidak sesuai dengan kebutuhan website kalian. Jika kalian ingin membeli hosting maka pertimbangkan terlebih dahulu dengan kebutuhan website kalian ya..

2. Widget

Faktor kedua adalah Widget. Karena fitur ini memang bisa mempercantik tampilan sebuah website. Tapi, jika kalian terlalu banyak menggunakan widget maka hal ini akan berimbas pada loading website juga. Untuk itu, kalian harus selektif dalam menggunakan widget agar loading website kalian tidak berat.

3. Template Website

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan loading website adalah tema /template yang digunakan. Memiliki website dengan tampilan yang menarik memang sangat bagus. Benar bukan? Tapi jika kalian menggunakan template yang memiliki ukuran yang besar, maka hal itu bisa mempengaruhi kecepatan loading website juga.

4. Iklan Terlalu Banyak

Terlalu banyak iklan memang bisa mempengaruhi kecepatan loading dalam sebuah website. Meskipun bisa menghasilkan uang dari iklan tersebut, tapi iklan dapat memperberat loading website. Apalagi iklan yang kita pasang terlalu banyak, tentu itu sangat menganggu pengunjung/pembaca. Baik itu dari segi kenyamanan dan loading website.

5. Image

Untuk menambahkan gambar di website memang bisa memperjelas artikel yang sedang kita bahas. Tapi jika gambar terlalu banyak maka itu juga bisa membuat loading website semakin berat. Apalagi jika kita menggunakan gambar yang memiliki ukuran yang besar. Saya menyarankan agar kalian mengompres gambar tersebut disini.

Itulah penjelasan singkat tentang Faktor Yang Mempengaruhi Loading Website. Lalu, Bagaimana cara mempercepat loading sebuah website? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mempercepat Loading Blog & Website

Sebenarnya ada banyak tools untuk mengukur kecepatan website, diantaranya adalah PageSpeed Insight dan GTmetrix. Jika kalian cek di pagespeed kurang dari 50/100 maka bisa dikategorikan website kalian termasuk berat.

1. Mempercepat Ukuran CSS/Minify CSS

Tips pertama adalah memperkecil CSS yang ada di website tersebut. Dengan cara ini, Blog/Website kalian akan terasa lebih ringan karena ukuran file CSS lebih kecil. Minify CSS bisa kalian lakukan dengan cara manual dan otomatis. Tapi jika kalian melakukannya dengan cara manual maka akan sangat ribet dan lama. Belum lagi jika ada kesalahan dalam memperkecil ukuran CSS seperti salah Tag terhapus dan salah satu ID terhapus. Ya kan?

2. Kompres Ukuran Gambar

Compress Gambar

Seperti yang sudah saya katakan diatas, gambar merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi loading sebuah website. Saya menyarankan kalian menggunakan gambar yang memiliki ukuran kurang dari 100 KB agar loading website kalian lebih maksimal.

3. Hindari Pemakaian Gambar Untuk Background

Menggunakan gambar untuk background memang bisa mempercantik tampilan website kita. Tapi hal itu juga bisa memperberat loading website. Sebaiknya kalian menggantinya dengan warna background biasa saja.

4. Memasang JavaScript Lazyload

Tips keempat adalah Memasang JavaScript Lazyload. Cara ini bisa dibilang sangat efektif. Keunggulan memasang JavaScript Lazyload adalah gambar yang akan dimuat setelah halaman website itu terbuka, sehingga website tersebut akan terasa lebih cepat saat dimuat. Berikut ini adalah Script JavaScript Lazyload, Pasang kode tersebut di sebelum atau diatas tag </head>.

<script charset=’utf-8′ src=’http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js’ type=’text/javascript’/>
<script src=’http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js’ type=’text/javascript’/><script charset=’utf-8′ type=’text/javascript’>$(function() {
$(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder :
&quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold
: 200});
});
</script>

5. Gunakan Plugin Cache

Pernahkah kalian mengunjungi sebuah website dimana saat pertama kalinya website itu terasa sangat berat, tapi saat mengunjungi lagi website tersebut terasa lebih ringan. Hal itu karena caching browser yang menyimpan file website yang sudah kalian kunjungi sebelumnya, sehingga saat kalian mengakses website tersebut langsung otomatis terbuka. Bagi pengguna WordPress kalian bisa menginstall plugin W3 Cache dan untuk pengguna Blogger kalian bisa mencarinya di Blogger.

Itulah Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Lebih Ringan. Sebenarnya ada banyak sekali cara mempercepat loading blog/website, mungkin lain kali saya akan membahasnya lagi. Bagi kalian yang masih bingung, kalian bisa menulis pertanyaan di kolom komentar ya.. Happy Blogging!
... ...