5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Laptop & PC tidak ada suara

Masmalven.com - Laptop adalah sebuah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran kecil dan bersifat ringan, beratnya hanya sekitar 1-6 kg, tapi tergantung pada ukuran, bahan serta spesifikasi laptop. Dengan ukurannya yang relatif kecil dan ringan menjadikan Laptop bisa ditempatkan dimana saja dan juga mudah dibawa kemana saja. Dibandingkan dengan komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana karena harus dihubungkan dengan sumber listrik. Memang Laptop dan Komputer sama-sama bermanfaat untuk membantu pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari dan bisa untuk hiburan mengisi waktu luang kita.

Membahas tentang laptop, saat ini laptop menjadi salah satu perangkat gadget yang dimiliki oleh hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perangkat ini mudah di jangkau, dan tersedia berbagai macam produk laptop yang dapat kita beli hanya dengan harga yang terjangkau sama mahal. Jika kalian menginginkan fitur yang bagus dan lebih baik, maka kalian harus rela mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Meskipun laptop banyak dimiliki oleh sebagian besar orang di Indonesia, tapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul di laptop mereka. Contohnya masalah yang biasanya timbul yaitu laptop tidak bersuara. Apakah kalian pengguna laptop pernah mengalami masalah tersebut? Dan apakah kalian mengetahui cara untuk mengatasinya?

Oleh sebab itu, cukup penting bagi kamu pengguna laptop untuk tahu bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak bersuara tersebut. Terkadang suara pada laptop menjadi salah satu hal pokok atau penting yang kamu perlukan. Misalnya untuk menonton film atau hanya mendengarkan musik, tentunya perlu kan untuk mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptop.

Nah, laptop yang tidak mengeluarkan suara apapun tentu membuat kamu dan pengguna laptop lain menjadi tidak nyaman dan bingung harus berbuat apa. Apalagi jika kamu sering bekerja menggunakan laptop.

Cara memperbaiki PC/Laptop Tidak Ada Suara

Nah, bagaimana cara untuk memperbaiki laptop yang tidak bersuara tersebut? Pada kesempatan kali ini saya telah meringkas beberapa informasi penting mengenai cara memperbaiki laptop kamu yang tidak bersuara. Nantinya kamu bisa manfaatkan untuk mengatasi masalah laptop kamu tersebut.

1. Menginstall Driver Sound Card

Driver Sound yang tidak cocok atau tidak sesuai dengan kartu grafis bisa jadi salah satu penyebab masalahnya. Karena itu, kartu grafis tidak dapat menangkap dan memproses informasi suara dari aplikasi yang dijalankan. Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan Menginstall Driver Sound Card yang kamu miliki dengan benar dan sesuai. Apabila kamu tidak menginstallnya dengan benar maka sound cardmu tidak akan berfungsi dan laptop kamu tidak akan mengeluarkan suara sama sekali.

2. Mengganti atau Mengubah Sound Card

Soundcard digunakan untuk menerima instruksi dari prosesor untuk menghasilkan suara dengan bunyi tertentu. Perangkat ini bertugas mengonversi input data digital menjadi sebuah suara yang dikeluarkan melalui speaker. Jika perangkat kartu suara rusak, maka suara tidak akan bisa di proses. Untuk letak dan jenis kartu suara bermacam-macam sesuai merk atau tipe leptop yang ada dipasaran. Maka dari itu, kamu harus mengetahui jenis kartu suara apa yang laptop kamu miliki ya.

3. Mengganti atau Mengubah Speaker di Laptop

Speaker adalah bagian laptop yang mengeluarkan suara setelah diproses oleh kartu suara. Jika laptop kamu tidak bersuara, bisa jadi karena bagian speaker yang rusak. Gantilah speaker tersebut jika benar-benar bermasalah dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Ganti OS

Jika kamu menggunakan sistem operasi Linux kemudian kernel yang kamu pakai tidak sesuai dengan sistem operasi yang kamu miliki atau terdapat bug di aplikasi maka itu menjadi penyebabnya. Nah, untuk mengatasinya dengan cara menginstall kernel yang tepat dan sesuai Download variasi kernel yang sesuai di berbagai repositori online atau memakai aplikasi Ukuu-GTK.

5. Mengisntall Codec

Codec merupakan sejenis driver yang dibutuhkan oleh aplikasi yang kamu jalankan untuk membaca kodifikasi atau data suara yang telah ditulis dalam file seperti mp3, mp4, atau MKV. Walaupun kamu sudah menginstall driver yang sesuai, tapi jika tidak memiliki codec untuk membaca file suara maka aplikasi itu tidak akan bisa mengeluarkan suara dan akan mengakibatkan aplikasi menjadi eror.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi codec seperti K-Lite Codec Pack atau aplikasi lainnya untuk membantu menginstallnya. Sehingga laptop kamu bisa bersuara kembali saat digunakan untuk menonton film atau video serta memutar musik atau lagu.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Memperbaiki Komputer PC & Laptop yang tidak bersuara. Cara diatas dapat kamu lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki masalah di laptopmu.

Saya berharap, informasi diatas dapat membantu kamu. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel