10 Cara Mengatasi HP Android Lag & Lemot Saat Main Game, Ampuh!

Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Bermain Game

Masmalven.com - Sekarang ini banyak sekali gamers yang sudah beralih dari komputer atau Laptop ke Smartphone Android. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk bermain game di HP terlihat lebih mudah dan simple. Ya kan? Bermain game menggunakan HP juga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kalian berada. Berbeda dengan bermain game di Komputer/Laptop, karena tidak bisa di bawa kemana-mana dengan mudah. Jika bisa itu pun sangat merepotkan. hfft

Namun, untuk bermain game di Android, kita perlu spesifikasi yang bagus jika ingin bermain game dengan grafis yang HD. Namun, meski kita sudah menggunakan Android yang bagus, jika digunakan terus-menerus maka Android yang kita gunakan menjadi lambat bahkan lag ketika digunakan untuk bermain game. Pernah merasakan seperti itukah?

Memang ini hal yang sangat wajar, karena semakin lama data game yang ada pada HP Android kalian akan semakin berkembang dan besar. Jika ini biarkan maka akan membuat HP kalian menjadi lambat, selain itu ada juga beberapa faktor lain yang membuat HP kalian lambar ketika digunakan untuk bermain game. Agar HP Android tidak lagi lag ketika digunakan, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Lag & Lemot Saat Bermain Game

Ada beberapa cara yang bsia kita lakukan agar HP Android tidak lagi lag dan lemot ketika digunakan bermain game. Simak penjelasan tentang cara agar HP Android tidak lemot.

1. Bersihkan Cache pada Aplikasi

Cache adalah sebuah data file yang dibuat untuk menyimpan data sementara. Cache ini berguna untuk mempercepat loading pada sebuah halaman atau mempercepat transfer data pada sebuah aplikasi. Hampir semua aplikasi yang ada di HP memiliki Cache, namun biasanya terdapat aplikasi yang tidak bisa berjalan normal karena adanya cache lama. Oleh karena itu, kita harus menghapus cache lama tersebut. Berikut adalah tutorialnya.
  • Buka menu Setting/Setelan
  • Lalu masuk ke menu Aplikasi Terinstall
  • Pilih Aplikasi yang ingin kalian hapus cachenya.
  • Kemudian sialhkan kalian pilih Hapus data.
  • Pilih Hapus Cache.

Ketika kalian sudah melakukan langkah diatas, maka kalian akan merasakan game tersebut menjadi lebih ringan. Namun data cache sudah terhapus, kalian tidak perlu khawatir karena data-data game kalian seperti data pribadi, preferensi dan sebagiannya tidak akan ikut hilang. Menghapus cache tidak akan mempengaruhi data dalam game kalian kok.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kalian merasa cara diatas sangat merepotlan maka kalian bisa menghapus cache yang ada di HP dengan menggunakan bantuan Aplikasi tambahan. Kalian bisa kok menggunakan Aplikasi Khusus yang digunakan untuk membersihkan data cache yang ada di HP kalian. Dengan aplikasi ini kalian bisa menghapus cache, file sampah dan mematikan aplikasi yang membuat HP kalian cepat panas atau lemot.

Sebenarnya ada banyak sekalin aplikasi pembersih yang memiliki fungsi seperti ini, kalian bisa mencarinya di Google Play Store. Contohnya aplikasi yang sering di gunakan adalah Clean Master. Hanya dengan satu klik sata kalian sudah menghapus file cache di Android kalian.

3. Selalu Update Game

Agar game yang kalian mainkan tidak lemot, kalian perlu memastikan bahwa game yang kalian mainkan sudah terupdate. Jika kalian tidak mengupdate game maka bisa jadi game kalian akan menjadi lambat. Hal ini terkadang versi yang sebelumnya sudah tidak tersedia, akibatnya game yang kalian mainkan terhambat. Kalian bisa mengupdatenya di Google Play Store.

4. Menutup Aplikasi yang Sedang Aktif

Penyebab lainnya adalah karena ada aplikasi lain yang sedang aktif selain game yang kalian mainkan. Alhasil game yang kalian mainkan menjadi lemot karena HP kalian menanggung beban yang berlebihan.

Bukan cuma RAM saja yang termakan oleh aplikasi tersebut, tapi baterai HP kalian juga akan menjadi lebih cepat habis dari biasanya. Oleh karena itu, saya menyarankan untuk tidak membuka banyak aplikasi sekaligus, apalagi ketika kalian sedang bermain game.

5. Restart Game yang Dimainkan

Jika kalian sudah melakukan cara-cara diatas tapi tetap lag maka kalian bisa mencoba untuk merestart game yang kalian mainkan. Setelah merestart, diamkan HP kurang lebih 5 menit sampai keadaan HP normal dan tidak panas.

6. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak pengguna yang tidak peduli dengan aplikasi yang tidak digunakan pada HP mereka. Padahal hal ini bisa memberatkan HP kalian ketika bermain game. Terlebih lagi jika aplikasi yang tidak digunakan memiliki ukuran yang besar, tentunya ini akan semakin memberatkan HP kalian. Berikut ini adalah cara untuk menghapus aplikasi yang tidak di gunakan di HP Android.
  • Silahkan masuk ke menu Setting/Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi Terinstall.
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus atau uninstall.
  • Setelah itu, kalian pilih Uninstall/Hapus Installasi.

Sebelum kalian menghapus aplikasi tersebut, pastikan kalian dalam aplikasi tersebut tidak ada data atau dokumen penting. Jika ada, silahkan kalian backup terlebih dahulu dan barulah kalian uninstall aplikasi tersebut. Jika sewaktu-waktu kalian ingin menggunakan aplikasi itu lagi, kalian masih memiliki data-datanya.

7. Gunakan Jaringan 4G atau WiFi

Jika kalian gemar bermain game online namun masih mengalami masalah lag, mungkin permasalahannya terletak pada jaringan Internet kalian. Jadi, kalian harus memastikan bahwa jaringan Internet yang kalian gunakan merupakan Internet yang kuat dan tidak lemot.

Jika perlu, kalian ganti dengan jaringan internet 4G atau gunakan fasilitas WiFi. Biasanya jika menggunakan jaringan 4G maka masalah lemot saat bermain pun akan hilang. Bagi kalian yang memilih WiFi, Kalian juga harus memastikan bahwa tidak banyak orang yang menggunakan WiFi yang sama. Pastikan juga PING di jaringan Internet tidak melebihi 200ms.

8. Jangan Melakukan Charging Saat Sedang Bermain

Melakukan Charging pada saat bermain game adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan. Sebab, hawa panas yang muncul pada saat sedang charging justru membuat performa ponsel Android kalian melambat. Hasilnya justru kalian akan menghadapi masalah lag yang lumayan parah. Tak hanya itu saja, bermain game pada saat sedang charging akan membuat ponsel Android kalian cepat rusak lho.

Untuk tips lainnya, saya menyarankan untuk menggunakan kabel charging yang asli dan bukan yang palsu atau abal-abal. Kabel charging yang palsu justru akan merusak ponsel Android kalian. Jadi, pastikan daya baterai terisi penuh sebelum bermain game ya.

9. Restart Game

Kalian masih mengalami lag pada saat bermain game? Solusi lain yang bisa saya berikan yakni melakukan restart pada game yang kalian mainkan. Untuk memperlancar kinerja ponsel Android saat bermain game, salah satunya yaitu melakukan restart game agar meringankan performa ponsel kalian.

Jika kalian sudah melakukan restart pada game, saya menyarankan untuk mendiamkannya sekitar 10 menit. Diamkan HP kalian sejenak sampai HP sudah normal kembali. Kalau dirasa sudah cukup, barulah kalian bisa kembali bermain game. Cara yang satu ini cukup ampuh lho.

10. Ganti HP

Jika semua solusi diatas masih belum bisa mengatasi permasalahan lag, mungkin kalian bisa menggunakan cara yang satu ini. Kemungkinan permasalahannya ada pada HP kalian. Seperti yang kita ketahui bahwa HP juga memiliki batasan untuk setiap spesifikasinya. Jika kalian memaksakan untuk bekerja lebih berat, maka tak heran jika kalian mengalami lag yang parah.

Solusi dari saya yakni coba ganti dengan Hp yang memiliki performa lebih kencang. Kalian tidak perlu kok untuk beli HP mahal, pasalnya pilihan HP 2 jutaan dan HP 3 jutaan juga sudah bisa untuk memainkan game di Android. Kalian berminat untuk membeli HP baru?

Itulah berbagai cara agar Android kalian tidak lemot ketika digunakan. Dengan cara ini, kalian tidak perlu repot-repot melakukan factory reset untuk mengembalikan performanya. Dan kalian juga dapat membuka berbagai macam aplikasi dan game tanpa adanya masalah lag atau sejenisnya.

Jika kalian memiliki cara lain, silahkan tambahkan di kolom komentar ya.. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel