3 Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru

3 Cara Upgrade Android dengan PC dan Laptop

Masmalven.com - Sekarang ini Android sudah sangat merajalela di pasaran dunia. Berbagai jenis Smartphone Android yang bisa kita temui dengan harga mulai yang murah sampai yang mahal. Hampir semua masyarakat memiliki Android, mereka menggunakannya untuk membantu aktifitas dan mempermudah komunikasi dengan teman, keluarga maupun berbisnis. Bahkan anak-anak saja tidak bisa lepas dari yang namanya Android, setiap hari dan setiap jam pasti mereka memegang Android.

Kalau bicara Smartphone Android, tentunya tidak akan bisa berjalan tanpa adanya sistem operasi Android itu sendiri. Sistem operasi Android sudah mengalami banyak perkembangan mulai dari Gingerbread, JellyBean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan seterusnya.

Tentunya kalian sudah penasaran, bagaimana sih cara upgrade sistem operasi Android ke Versi terbaru? Seperti yang kita ketahui bahwa Android sudah semakin canggih dengan sistem operasinya. Oleh karena itu, banyak sekali pengguna yang ingin upgrade sistem operasi Androidnya.

Cara Upgrade Android: Update Hingga Perbarui OS

Kalian tidak perlu khawatir, karena masmalven akan memberikan tutorial 3 cara upgrade sistem operasi Android. Berikut ini tutorialnya.

Cara Upgrade Android Melalui Over the Air (OTA)

Cara Upgrade Android

Kalian hanya menyiapkan koneksi internet untuk download atau memperbarui sistem operasi Android yang lama. Simak Langkah-Langkah berikut ini.
  1. Pastikan Smartphone Android kalian sudah terkoneksi dengan Internet ya. Saya sarankan menggunakan WIFI. Mengapa? Karena nantinya kita akan mendownload sistem operasi yang ukurannya lumayan besar. Dengan menggunakan WIFI, koneksinya juga lebih stabil.
  2. Buka Pengaturan Android.
  3. Setelah itu, silahkan masuk ke Tentang Ponsel/About Device. Silahkan sesuaikan dengan perangkat Android kalian, karena setiap merk ponsel pasti berbeda-beda.
  4. Lalu pilih Pembaruan sistem dan silahkan pilih Periksa Pembaruan.
  5. Jika pembaruan masih tersedia maka akan muncul tulisan Perbarui/Update. Namun, jika tidak muncul maka sistem operasi kalian sudah terbaru.
  6. Biasanya kalau menggunakan WIFI maka secara otomatis mendownload. Namun, jika menggunakan data seluler biasanya ada peringatan terlebih dahulu.
  7. Tunggu Proses download sampai selesai, setelah itu restart perangkat.

Cara Upgrade Android Menggunakan PC/Laptop


3 Cara Upgrade Android dengan PC dan Laptop 2


  1. Silahkan kalian buka website resmi dari perangkat Android milik kalian. Lalu, masuk ke halaman Support/Dukungan dan halaman Download. Kalian mungkin akan disuruh untuk mengisi informasi perangkat tertentu atau mendaftarkan perangkat Android kalian agar bisa mengakses pembaruan sistem operasi yang ada.
  2. Setelah itu, kalian download dan Install Device Management. Perlu diketahui bahwa nama dan fungsi dari perangkat tersebut bermacam-macam tergantung pada produsen masing-masing. Contohnya perangkat Samsung disebut Kies.
  3. Kemudian kalian kembali ke situs perangkat Android kalian dan kembali ke halaman support dan download.
  4. Silahkan kalian cari pembaruan yang ada. Nantinya file pembaruan tersebut bisa kalian download dan Install dengan menggunakan device management yang sudah kalian install.
  5. Coba hubungkan perangkat Android kalian ke PC/Laptop menggunakan kabel data.
  6. Lalu buka Device Management.
  7. Kemudian kalian cari perintah Update. Biasanya ini terletak pada bagian menu dropdown bagian atas.
  8. Jangan lupa klik perintah Update untuk memulai proses update sistem operasi Android dan ikuti instruksi sampai selesai.

Cara Upgrade Android dengan Rooting ROM

3 Cara Upgrade Android dengan PC dan Laptop 3

Perhatian!! Inilah hal-hal yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan proses upgrade dengan menggunakan rooting ROM.
  • Backup terlebih dahulu data-data pada perangkat kalian sehingga nantinya bisa mengembalikan file dan data tersebut sewaktu-waktu.
  • Kalian harus melakukan rooting terlebih dahulu ya pada Smartphone Android kalian.
  • Dengan rooting ini, perangkat Android kalian sudah tidak bisa menggunakan garansi kalian ya.. Pastinya kalian sudah mengetahuinya.

Setelah kalian memahami tiga poin diatas, maka kita lanjut ke langkah-langkahnya:
  1. Silahkan Software untuk root yang bisa digunakan pada perangkat Android kalian. Gunakan Laptop dan cari sesuai dengan model perangkat Android masing-masing.
  2. Lalu download software untuk rooting tersebut, dan Install di PC/Laptop.
  3. Jangan lupa hubungkan perangkat Android kalian dengan PC/Laptop menggunakan kabel USB.
  4. Lalu buka software rooting yang sudah kalian Install di Komputer.
  5. Mulailah proses rooting perangkat Android kalian.
  6. Kemudian, restart perangkat Android kalian, sekarang Android kalian sudah menjalankan sistem operasi terbaru.

Demikian tutorial yang bisa saya sampaikan mengenai cara upgrade Android dengan mudah. Semakin baru sistem operasi yang digunakan maka semakin banyak dan canggih pula fitur yang ada pada sistem operasi tersebut. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel