-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Backlink untuk Blog dan Cara Kerjanya

7 Manfaat Backlink untuk Blog dan cara kerjanya

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan kebanyakan orang yang mulai terjun dalam dunia bisnis online. Backlink juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap SEO. Pertanyaan yang muncul adalah apa manfaat backlink untuk blog? Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja kesalahan yang perlu dihindari oleh seorang Blogger terkait dengan backlink itu sendiri? Pertanyaan ini segera kita bahas pada artikel ini.

Mengapa hal ini sangat penting sekali untuk mencari tahu dasar-dasar tentang Backlink?

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah link yang masuk di dalam sebuah situs web atau halaman web. Ini juga bisa disebut inbound link. Sedangkan dalam terminologi dasar link, Backlink memiliki kualitas definisi tersendiri yaitu link yang diterima oleh sebuah node web misalnya directori, halaman web, situs web atau domain tingkat atas oleh node web lain. Secara sederhana, backlink berarti sebuah tautan yang mengarah ke situs Anda.

Dari pengertiannya saja kita sudah tahu bahwa Backlink memiliki banyak sekali kelebihan dan keunggulan yang ditonjolkan. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kualitas blog Anda, meningkatkan SERP di Google serta membantu dalam menyebarluaskan artikel milik kita. Alhasil trafik blog maupun backlink untuk YouTube pun akan semakin tinggi. Ini hanya sebagian kecil dari manfaat menggunakan Backlink. Tentu saja masih banyak hal lain yang tidak kita ketahui.

Jika Anda ingin mendapatkan semua manfaatnya, Anda harus mengerti syarat dan ketentuan Backlink yang baik, ciri-ciri Backlink berkualitas dan cara menanam Backlink atau memasang Backlink yang baik dan benar. Sebenarnya tidak sulit kok, cukup dengan menyimak panduan dan tutorial informasi singkat serta sederhana saja seperti uraian di bawah ini sudah bisa membuat Anda mengerti. Kita juga akan mencari tahu istilah-istilah dalam Backlink yang jarang diketahui seperti Backlink SEO dan Backlink Free. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Anda simak dibawah ini.

7 Manfaat Backlink bagi Website Anda

1. Membangun Otoritas Website

Dengan mendapatkan link dari berbagai situs yang populer maka akan sangat bagus untuk meningkatkan SEO di situs Anda. Ini juga bisa membantu Anda untuk membangun otoritas merek milik Anda. Dengan cara kerja yang sama, Google akan melihat bahwa link tersebut merupakan indikasi yang baik bagi sebuah website untuk memberikan layanan informasi yang berguna. Sedangkan dari pihak konsumen sendiri akan merasa bahwa ini adalah indikasi yang baik untuk brand Anda yang bisa diperhitungkan.

2. Lalu Lintas Refferal

Maksudnya gimana? Yang perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lalu lintas di sebuah situs web berasal dari pencarian Google, Bing, Yahoo, atau menggunakan mesin pencari lainnya. Lalu lintas arahan dari Backlink inilah yang presentasenya sangat besar dari semua lalu lintas yang tersedia. Dengan kata lain, ketika orang lain mengklik link yang terdapat dari sebuah konten secara otomatis beralih ke konten terkait.

3. Sumber Daya Link Sifatnya Jangka Panjang

Apabila Anda mendapatkan sebuah link yang berkualitas tinggi maka hasilnya akan membentuk direktori yang tekemuka dan menjadi sumber daya yang bisa membantu mengarahkan lalu lintas tersebut ke halaman situs web dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa sampai bertahun-tahun yang akan datang.

4. Menciptakan Relasi

Anda bisa mengerti dengan kondisi dimana pada saat seorang pembaca berkunjung ke konten dan melihat backlink maka kesempatan untuk mengklik akan sangat besar kemudian akan terjadi secara lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan pada link baru tersebut. Kemungkinan mereka akan terhubung dengan blog tersebut dengan cara mengikuti blog atau bahkan berlangganan. Hanya dengan link sederhana  saja dapat membawa sebuah perusahaan atau konsumen meningkatkan trafik tanpa bantuan dari perangkat yang ada di search engine.

5. Sebagai Pengakuan Terhadap Merek Web

Seorang pembaca konten akan cepat mengidentifikasi link dalam konten. Mereka juga akan mengasosiasikan situs web Anda dengan topik tertentu dan hal ini bisa menjadi keuntungan di pihak Anda. Anda akan diterima sebagai website yang diakui untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dan pengunjung.

6 Meningkatkan Rank pada Website

Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan trafik loh. Dengan Adanya Backlink tentu saja bisa memperbaiki posisi website Anda di hasil pencarian Google. Untuk itu, Google juga akan memeriksa kualitas dari Backlink tersebut. Jika Backlink tersebut tidak ada yang berkualitas maka Anda akan terkena penalti sebagai akibatnya blog akan turun drastis. Ini juga termasuk tips untuk mencari backlink yang berkualitas.

7. Meningkatkan SEO

Kalau ada yang bertanya apakah Backlink itu penting untuk SEO? Jawabannya adalah penting sekali, sebab sebagaimana yang sudah kita bahas diatas, Backlink menjalankan peran utama dalam meningkatkan visibilitas dan juga mempopulerkan sebuah website. Pada dasarnya sangat berpengaruh pada kualitas website di mesin pencari Google. Backlink merupakan faktor dari Off Page SEO. Backlink juga salah satu elemen SEO yang terpenting. Penggunaan Backlink tentu saja akan meningkatkan SEO Anda.

Cara Kerja Backlink Secara Sederhana

Dengan memanfaatkan Backlink, harus didasarkan pada pemilihan link yang natural dan berkualitas. Natural memiliki pengertian yaitu diberikan secara sukarela dan telah mendapatkan ijin dari sang pemilik website. Ini sudah termasuk dalam ketentuan link yang bukan hasil dari submit otomatis atau spam. Sedangkan kalau berkualitas adalah website aktif dan memiliki reputasi yang baik seperti dibawah ini.
  • Anda memiliki website dengan konten yang berkualitas
  • Anda memiliki pemberitahuan konten berkualitas kepada orang lain
  • Mereka merekomendasikan konten Anda melalui media websitenya

Dalam skema yang Anda lihat ini maka akan terlihat bahwa pemilik website telah merekomendasikan artikel Anda atas kemauan dan tanpa paksaan, karena mereka merasa bahwa konten Anda memang layak untuk di rekomendasikan. Inilah yang mampu untuk meningkatkan rangking website Anda.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan Jasa Pasang Backlink yang berkualitas?

Anda hanya perlu untuk melakukan persiapan diantaranya adalah menyediakan konten berkualitas terlebih dahulu sebagai pondasinya. Setelah itu, cari jasa pasang Backlink atau meminta kepada pemilik website lain. Anda juga perlu memikirkan lebih lanjut seperti apakah ada orang lain yang kira-kira ingin merekomendasikan artikel atau konten ini? Apakah artikel saya layak untuk dibaca dan sesuai dengan keinginan pembaca? Jika Anda sudah merasa yakin, silahkan cari dan temukan pemilik website lain yang memiliki topik pembahasan yang sama dengan Anda.

Yang terpenting adalah Anda harus membangun hubungan baik anatar si penyedia backlink dan Anda. Nah, Anda bisa mulai menemukan kontak dan akun jejaring sosialnya kemudian memberikan komentar yang bermutu, share artikel mereka dan mulai percakapan di sosial media serta bangun hubungan yang baik dengan mereka. Dengan menjalin hubungan baik dengan mereka yang lebih sukses, secara otomatis Anda juga turut meningkatkan pamor blog Anda.

Pembahasan diatas merupakan informasi singkat namun sudah mencakup pengertian, tujuan, manfaat, kelebihan, kekurangan, keunggulan, serta cara kerja dari Backlink itu sendiri. Dengan demikian Anda sudah siap untuk membangun blog Anda menjadi lebih aktif dan kreatif. Satu lagi, informasi ini juga sudah termasuk Tips dan Trik supaya sukses dalam bisnis online. Jangan ketinggalan untuk terus mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya seputar layanan-layanan yang diberikan Google.

Segera dapatkan keuntungan dari pemasang Backlink secara cuma-cuma dengan memilih jasa pasang Backlink yang bagus dan berkualitas. Sekarang tidak sulit kok untuk mencari layanan jasa Pasang Backlink terbaik. Dapatkan juga berbagai penawaran khusus seperti Pasang Backlink Gratis di jasa pasang backlink terpercaya. Demikian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan turut membantu dalam mensukseskan bisnis Anda baik melalui Backlink YouTube maupun Website.
... ...