-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Cara Memanfaatkan Blog untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Perkembangan teknologi sekarang ini telah mewujudkan berbagai jenis keinginan menjadi kenyataan. Salah satu faktor adalah keinginan untuk mendapatkan uang tanpa harus bekerja di perkantoran yang bisa terwujud dengan adanya teknologi berupa internet.

Selain untuk membuka toko online dengan membeli vps murah dari waktu ke waktu, makin banyak orang yang membuat blog pribadi dan memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dari internet.

Perkembangan eksistensi blog di dunia maya tidak bisa di pandang sebelah mata lagi. Karena keberadaan yang begitu penting sebagai platform penyedia informasi sudah setara dengan media online mainstream pada umumnya.

Banyak yang lebih mempercayai informasi yang mereka dapatkan dari blog karena adanya ikatan emosional yang tercipta dengan penulis sebagai pemilik blog itu sendiri.

Jika melihat fenomena tersebut, bukan hal yang mengherankan lagi apabila profesi blogger mulai naik daun di kalangan milenial.

Memang butuh kesabaran serta konsistensi yang akhirnya bisa mendapatkan trafik tinggi dan blog bisa di monetize dengan lebih maksimal.

Berikut ini adalah 3 cara memanfaatkan blog untuk mendapatkan uang dari internet:

1. Memaksimalkan Affiliate Marketing

Ini merupakan salah satu program yang sering dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan dari internet adalah Affiliate Marketing. Program affiliate marketing bertujuan untuk mempromosikan suatu produk dari sebuah brand. Kalau Anda sudah bergabung, Anda bisa mencari new users untuk brand tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk bergabung sebagai member dari suatu affiliate marketing tergolong cukup mudah dan Anda hanya perlu masuk ke situs brand yang memiliki program tersebut serta memasang link khusus ke dalam website Anda. Biasanya link tersebut tersemat pada sebuah banner atau keyword khusus dalam suatu artikel review produk dari brand yang bersangkutan.

Yang harus Anda lakukan adalah meyakinkan dan mengarahkan para visitor untuk klik link dan melakukan pembelian di website brand yang berafiliasi dengan Anda.

Mengarahkan para visitor ke link affiliasi Anda adalah dengan membuat konten yang relevan dengan brand tersebut. Contohnya, Anda telah berafiliasi dengan sebuah brand penyedia layanan web hosting. Maka dari itu, buatlah konten yang relevan dengan memanfaatkan hosting. Keuntungan menggunakan hosting, cara memaksimalkan hosting sebagai website jual-beli online, dll.

Tidak hanya konten blog saja yang bisa digunakan sebagai platform untuk push pemasukan dari affiliate marketing. Anda juga bisa memaksimalkan pemasaran link ataupun kupon voucher affiliasi Anda melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Ada lagi yaitu konten ulasan yang telah terhubung dengan affiliate marketing pun bisa terekspos ke lebih banyak audiens.

2. Menawarkan Jasa Iklan

Untuk pemasaran online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya SEO, Ads, atau iklan yang bisa digunakan sebagai tools untuk mendatangkan trafik lebih banyak pada sebuah konten. Peluang inilah yang bisa Anda gunakan dengan membuka jasa iklan di blog dan penghasilan yang didapatkan bisa berdasarkan pada jumlah klik atau tingkat rangking website Anda di mesin pencari.

Salah satau tools pengiklan yang sering digunakan adalah Ad Network seperti Google Adsense. Jika ingin blog terpasang dengan iklan adsense dengan cara mendaftar terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Jitu Agar Lolos Review Site Google Adsense

Setelah Anda berhasil diterima, iklan akan terpasang pada space atau ruang yang Anda sediakan untuk iklan di blog. Untuk penghasilan dari Adsense mengikuti jumlah trafik blog Anda, semakin tinggi jumlah visitornya semakin tinggi pula penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Bukan hanya Ad Network, Anda bisa menargetkan iklan untuk mereka yang memiliki jasa sesuai dengan konten yang Anda buat. Misalnya Anda memiliki website desain dan arsitektur, Anda bisa menawarkan space khusus untuk perusahaan maupun brand furniture yang ingin mempromosikan produknya sesuai dengan target pasar yang didasar melalui website Anda.

Anda juga bisa menawarkan jasa tulis untuk membuat konten berbayar. Dengan jasa ini, pengiklan membayar Anda untuk memberikan review dan backlink ke website perusahaannya. Jika konten berhasil dipublikasikan, Anda bisa melakukan share ke media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Membuka Online Course

Anda memiliki pengalaman di dunia pendidikan sebagai guru? atau mungkin Anda sudah lama terjun di dunia percetakan sebagai pemilik? Cobalah untuk membuka online course dari blog Anda.

Dengan blog tersebut, Anda bisa memperkaya konten di dalamnya dengan berbagai macam pengetahuan seputar bidang yang sudah Anda kuasai. Kalau blog Anda sudah kuat dari segi konten, citra atau personal branding sebagai profesional pada bidang tersebut pun akan terbentuk dengan sendirinya. Kredibilitas dari blog pun akan semakin meyakinkan para visitor Anda untuk belajar lebih banyak dari Anda.

Anda bisa menjadi instruktur di platform belajar online seperti BitDegree, Skillshare, dan berbagai platform belajar online lainnya. Dari platform tersebut yang nantinya bisa meningkatkan jam terbang Anda sebagai seorang pengajar online. Alhasil performa Anda akan semakin terasah dan lebih banyak orang yang percaya dengan jasa khusus yang Anda tawarkan.

Metode yang bisa dilakukan jika berniat menjual jasa dan mendapatkan penghasilan sebagai seorang pengajar online melalui website Anda. Memperbanyak portofolio melalui platform belajar online, Anda perlu menginstall plugin seperti Easy Digital Downloads, kalau Anda menggunakan WordPress sebagai platform website Anda. Plugin ini akan mengarahkan visitor website untuk mengakses file-file yang perlu dipelajari lebih lanjut dalam kelas Anda.

Anda bisa memaksimalkan website personal untuk berbagi ilmu dengan mereka yang ingin belajar  lebih mudah secara online dengan penggunaan plugin yang tepat. Berbagai panduan seperti sebuah e-Learning bisa di akomodir dalam berbagai format seperti PDF, Video dengan durasi tertentu, hingga audio yang bisa didengarkan sambil melakukan aktifitas lainnya.

Menggunakan plugin seperti Easy Digital Downloads, Anda bisa membatasi akses data yang bisa diunduh.

Agar member website Anda bisa mengakses data premium yang diinginkan, Anda bisa memberikan biaya tertentu. Dengan cara inilah Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak dari konten yang dibuat.

Kesimpulan

Pemanfaatan blog untuk mendapatkan uang dari internet bukanlah hal yang cepat didapatkan hanya dengan 1-2 postingan saja. Pastinya butuh ketekunan dan konsistensi untuk mengoptimasi konten di dalamnya dari waktu ke waktu. Mengelola konten paling dibutuhkan para visitor Anda secara rutin agar trafik Anda semakin meningkat. Akhirnya, penghasilan yang Anda dapatkan melalui blog juga akan mengikuti. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...