-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasang Iklan di Google Ads, Masihkah Efektif untuk UKM

Pasang Iklan di Google Ads

Perlu kita ketahui bahwa program periklanan dari Google Ads sudah sejak lama diminati sebagai penarik pengunjung ke halaman bisnis secara cepat dan akurat. Sekarang tidak ada bisnis, layanan, usaha yang kita cari di mesin pencari Google yang tidak ada iklannya. Mulai dari yang biasa seperti produk konsumtif sampai layanan yang tidak masuk akal.

Untuk memasang iklan google ads selain sosial media mungkin menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan untuk bisnis yang menyasar market online terutama pada pencarian.

SEO sepertinya bukan menjadi pilihan terbaik, apalagi kalau bukan karena proses yang lama, dan juga mahal. Khususnya bagi UKM yang baru memulai untuk menjangkau pasar di pencarian.

Akhirnya, opsi memasang iklan di google ads pun menjadi solusi terbaik. Beberapa orang mengatakan bahwa memasang google ads cepat untuk mendapatkan pengunjung. Benarkah demikian? Kalau bicara bisnis besar maka mereka pasti berani ambil resiko atau rugi dulu sebelum mendapatkan keuntungan.

Hal seperti ini bisa saja dihindari bagi bisnis yang modalnya sedikit. Walaupun google ads memberikan pengiklan dengan bonus voucher yang nilainya cukup menarik. Memang bisnis kecil ini punya ekspektasi yang sangat besar dari iklan google ads dan akhirnya tidak menghasilkan keuntungan. Penyebabnya karena apa dan bagaimana solusinya? Mari kita bahas lebih jauh.

Setup Google Ads Tidak Semudah yang Dibayangkan

Banyak sekali fitur yang mempermudah bagi pengiklan pemula yang awam jika ingin memasang iklan di google ads. Sangking mudahnya kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan setup yang terlalu rumit.
  • Ikuti panduan dan arahan di dalam dasbor
  • Berikan kesempatan pada sistem untuk melakukan scanning halaman
  • Tentukan pembayaran
  • Semua akan di handle otomatis
  • Dan tinggal tunggu datang penjualan

NAH!! Itulah letak kesalahan utamanya. Anda baru saja menyerahkan uang kepada google secara cuma-cuma... Jika semua semudah itu tentu saja bisnis kecil bisa cepat berkembang dan nyatanya tidak. Memang Iklan Anda muncul tetapi kepada siapa, kapan dan dimana?!. Tahu-tahu anggaran Anda akan habis tanpa ada manfaat untuk bisnis Anda.

Mungkin sebelumnya Anda mencari informasi lebih detail seperti tutorial atau ambil kursus dari google ads yang membahas bagaimana mengoptimasi iklan sehingga dapat di jangkau oleh orang yang tepat.

Okee... memang mereka punya program belajar sendiri tentang bagaimana menggunakan Google Ads dan anggap saja Anda belajar sendiri. Tetapi berapa lama waktu yang bisa Anda sisihkan yang akhirnya menyita waktu untuk mengurusi hal lainnya pada bisnis yang sedang dijalankan.

Fitur Terlalu Rumit, Bahkan Tumpang Tindih

Itu kalau Anda menggunakan google ads versi standar, tapi kan ada google ads versi lite. Kembali pada point pertama, tidak efektifnya menyerahkan kendali uang Anda untuk memasang iklan di google ads secara otomatis.

Apalagi kalau Anda menggunakan versi lite, dimana Anda hanya memiliki fitur yang terbatas bahkan tidak punya kendali sama sekali jika ingin melakukan perubahan. Kalau pun Anda baru sadar pada satu strategi yang bagus untuk mengatur iklan menjadi lebih baik.

Ketika menggunakan google ads lite, kita tidak bisa mengubah menjadi google ads standar. Apakah google ads menyembunyikan sesuatu?

Meski ada banyak fitur yang bisa digunakan di google ads terkadang setup satu dengan lainnya bisa tumpang tindih yang membuat iklan tidak mau muncul. Satu set iklan Anda menginginkan ditargetkan pada pencarian atau audiens tertentu tetapi set iklan lainnya tidak mengijinkan karena pengecualian kata kunci dan audiens.

Apakah saya akan terbantu? biasanya di dalam dasbor juga disediakan informasi tentang apa yang salah sehingga Anda merasa cukup terbantu. Terkadang informasi suka tidak jelas. Meski begitu, dukungan layanan telepon dari google ads bisa dibilang sangat amat baik. Anda bisa meminta bantuan kepada mereka untuk membantu memecahkan masalah.

Tentu, masalah seperti ini tidak akan ditemukan para pebisnis atau perusahaan yang memiliki budget yang besar. Mereka bisa menggunakan layanan dari agensi atau bahkan memiliki divisi sendiri untuk mengurusi iklan mereka di bidang digital.

Tingkat Kompetisi yang Tinggi dan Kompetitor Nakal

Bagi pengiklan pemula kadang-kadang dibuat kaget dengan biaya iklan yang mahal per kliknya. Jika sebelumnya tidak melakukan riset terlebih dahulu tentang biaya per kliknya.

Saya akan memberitahu rahasianya...

Jika makin mudah bisnis itu seperti jasa, layanan atau produk tidak perlu banyak berpikir atau tenaga dan punya potensi keuntungan yang besar. Maka akan semakin besar kemungkinan biaya per klik untuk kata kunci atau audiens tersebut.

Solusinya adalah cari kata kunci dan target audiens yang paling kecil biaya per kliknya. Manfaatkan juga fitur remarketing, jangan sia-siakan setiap iklik iklan yang Anda bayarkan, dan perbaiki landing page sehingga pengunjung yang datang dari klik iklan google ads dapat menemukan apa yang mereka cari.

Bagi kompetitor nakal, hal ini bukan rahasia umum lagi bahkan dikalangan bisnis usaha kecil menengah sangat tidak kondusif. Misalnya, mereka melakukan cara curang seperti klik iklan berkali-kali untuk menyingkirkan kompetitor mereka di pencarian iklan Google.

Tetapi google ads sudah menyadari keberadaan mereka dimana invalid click tidak akan dikenakan biaya walaupun ada beberapa yang lolos. Tentunya ini tetap menjadi hal yang merugikan bagi pengiklan. Solusinya yang gratis ya, dengan melakukan blocking IP pada click yang mencurigakan walaupun fitur ini sangat sulit di aplikasikan mengingat google ads tidak menampilkan IP dari aktivitas click.

Begitu juga dengan Analytics. Cara lainnya yang berbayar, dengan menggunakan layanan pihak ketiga. Tapi opsi seperti ini terlalu berat mengingat kita bicara pada anggaran yang terbatas.

Cara Ampuhnya Dengan Menggunakan Jasa Iklan Google Ads

Mungkin Anda membayar lebih dari anggaran iklan yang ingin digunakan sebagai fee jasa. Tapi, setidaknya mereka tahu apa yang dilakukannya. Dengan menggunakan jasa iklan google ads bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Sehingga Anda bisa melakukan hal lain yang bisa dilakukan dan semua optimasi iklan sampai dengan masukkan yang baik seperti bagaimana mengoptimalkan landing page. Sehingga setiap klik yang masuk bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk pengiklan pemula, solusi paling cepat menjangkau pencarian dan audiens secara tepat setidaknya Anda mencobanya sendiri.
... ...