Cara mengatasi Sitemap Error di Google Search Console

Cara mengatasi sitemap error

Saat kita membuat sebuah website untuk blog pribadi, kelompok, atau perusahaan tentunya kita akan mulai mengatur agar tampilannya menjadi lebih responsive. Sehingga proses loading bisa lebih cepat dan berbagai upaya optimasi lainnya yang juga perlu dilakukan agar SEO. Karena SEO merupakan faktor yang sangat berpengaruh agar artikel yang kita punya bisa tampil pada hasil pencarian Google. Tetapi tidak hanya sekedar melakukan optimasi SEO saja yang perlu diperhatikan? Kita harus mendaftarkan terlebih dahulu situs yang kita miliki ke Webmaster Tools. Langkah pertama adalah Sitemap.

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Kegunaannya, untuk memberikan gambaran kepada para pengunjung blog seputar konten yang sedang kunjungi pada saat itu. Sitemap juga termasuk bagian yang paling penting dalam pengindeksan suatu blog dan memiliki fungsi untuk mengindeks banyak halaman secara sekaligus dari blog kita yang nantinya akan tampil di search engine Google. Secara umum, kita akan diminta untuk memasukkan sitemap terlebih dahulu setelah selesai mendaftarkan blog yang kita punya ke webmaster.

Tapi, tahukah Anda bahwa terkadang saat kita akan melakukan submit sitemap di Google Search Console ada saja kendala atau error yang terjadi sehingga membuat kita bingung. Apabila file sitemap terjadi error akibatnya akan membuat kualitas blog kita menjadi buruk di mata Google dan artikel yang ada juga sulit untuk terindex. Karena itu, kita harus berupaya memperbaiki dan mengatasinya secara baik dan benar agar sitemap yang akan kita submit ke Google Webmaster atau Google Search Console tidak lagi mengalami error.

Kalau Anda mengalami kesulitan tidak perlu takut blog Anda tidak bisa terindex dengan baik di mesin pencari karena sebenarnya Anda bisa menemukan solusinya pada pembahasan kita kali ini. Setiap ada masalah bukankah ada jalan keluarnya? Jika Anda di situasi seperti ini, bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips ampuh untuk mengatasi sitemap error yang dilengkapi saran praktis untuk belajar lebih jauh menghadapi sitemap yang bermasalah serta semakin menambah pengetahuan Anda. Silahkan membaca.

Cara mengatasi Sitemap Error di Google Search Console

1. Struktur Template tidak SEO dan kurang Rapi

Banyak template gratisan yang beredar di dunia internet biasanya strukturnya diubah sehingga dampaknya mengurangi kualitas SEO pada situs yang menggunakannya. Untuk sebuah template blog pada dasarnya bersifat premium, tapi kita harus membeli terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan semua fiturnya. Namun, si pembuat juga ada yang menyediakan versi gratisnya. Tapi, si pembuat membatasi fitur dari template versi gratis yang mereka bagikan tersebut.

Baca Juga : 3 Elemen SEO yang Wajib Anda Terapkan

Alangkah baiknya, jika Anda menerapkan Schema Markup atau bisa menggunakan template premium yang sudah terbukti SEO Friendly serta didukung fitur Schema Data yang Terstruktur.

2. Struktur Blog Belum Rapi

Ketika kita memulai aktivitas blogging, biasanya kita belum sempat untuk mengatur struktur yang ada di blog kita. Seperti halnya, edit Menu dan Sub-Menu yang berada di navigasi header atau bagian tertentu lainnya. Nah, jika ditemukan struktur tema yang berantakan maka akan membuat peta situs sulit untuk di akses. Anda harus meluangkan waktu khusus untuk merapikan struktur pada blog Anda tersebut. Sehingga, memungkinkan tampilan blog kita terlihat teratur dan enak untuk dipandang ketika Anda menjelajahi web Anda sendiri.

3. Bot-Crawl Belum Selesai Merayapi Web

Permasalahan ini bisa dibilang persoalan dasar. Apa penyebab Bot-Crawl belum selesai melakukan proses perayapan pada web? Penyebabnya ada 2 yaitu skala Internal dan Eksternal.

  • Internal: Kita bisa perhatikan Struktur Template yang sudah kita bahas
  • Eksternal: Seperti yang kita ketahui bahwa di Internet ada ribuan bahkan jutaan situs yang tentunya membuat bot-crawl cukup sibuk sehingga kemungkinan terlewat untuk melakukan perayapan pada blog kita

Solusinya adalah Anda cukup melakukan submit ulang pada sitemap dan Inspect URL. Setelah itu, kita tunggu minimal selama 1 x 24 jam atau maksimal selama kurun waktu 7 hari.

4. Usia Blog masih Baru

Ini wajib kita perhatikan, umur blog yang kita miliki tersebut apakah masih tergolong baru? Memang untuk usia blog yang tergolong baru belum bisa dianggap berhasil dalam melakukan submit sitemap. Solusi dalam permasalahan ini adalah Anda cukup melakukan submit ulang saja. Tapi, ingatlah pemberlakuan setelah beberapa hari dari masa pembuatan blog, contohnya Anda membuat blog pada hari jumat maka lebih baik Anda tunggu hingga hari minggu atau senin untuk melakuka proses submit ulang.

5. Tidak Ada Artikel

Jika Anda membuat blog untuk pertama kalinya pasti hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat artikel, setelah itu mencari cara dan tips seputar SEO, template dan berbagai kebutuhan lainnya. Namun, lain halnya untuk orang yang sudah terbiasa dalam membuat blog pasti artikel akan menjadi bagian terakhir setelah situs dibuat. Tahukah Anda? Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap sitemap Anda yang error. Alangkah baiknya, isi terlebih dahulu konten dalam blog Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan submit ulang dengan catatan sudah ada artikel dan jangan melakukan pada hari yang sama setelah Anda membuat blog. Karena kita sudah punya beberapa artikel, pada akhirnya proses submit kita tidak terjadi error atau masalah apapun.

6. Kesalahan Pada Robot.txt

Apa itu robot.txt? Mungkin ini terlihat asing di telinga Anda. Robot.txt adalah file pada sebuah situs yang berfungsi memperlihatkan bagian mana yang diizinkan dan tidak diizinkan mesin pencari untuk mengakses situs tersebut. Robot.txt mempunyai script yang sangat sensitif, apabila ada salah sedikit maka akan berdampak pada situs Anda. Misalnya blog Anda sulit terindex oleh mesin pencari. Bagaimana cara mengatasinya? Anda hanya perlu mengembalikan robot.txt ke setelan awal saja.

7. Terlalu Banyak Format Sitemap yang Dimasukkan

Sebagian para blogger menganggap apabila memasukkan banyak sitemap akan berdampak baik untuk pengindeksan suatu blog. Padahal sebenarnya tidak...

Spider Google akan merasa kesulitan dalam melakukan penjelajahan di setiap halaman pada situs Anda. Memang segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan bukanlah suatu hal yang baik bukan... Jika Anda sudah terlanjur masuk dalam permasalahan ini maka solusinya Anda cukup submit ulang dengan menggunakan format sitemap.xml. Kita tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Inilah cara sederhana dan mudah yang bisa Anda coba serta gunakan dalam menangani sitemap yang bermasalah. Meskipun Anda sudah lama atau baru sebagai pemula di bidang yang satu ini, kesalahan bukanlah kegagalan. Jangan mudah menyerah hanya karena kita tidak bisa mendaftarkan peta situs di Google lantas kemudian kita mundur begitu saja.

Justru, jika diperhatikan kebanyakan blogger sukses dan berhasil, mereka tidak pernah berhenti untuk selalu belajar yang terbaik untuk web/blog milik mereka. Saat seseorang merasa sudah cukup, disitulah awal sebuah kehancuran. Carilah informasi seputar blog yang menurut Anda bagus sehingga nanti Anda bisa menikmati hasilnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel