Bisnis Penulis Artikel Lepas, Cara Menghasilkan Uang Secara Online

Bisnis Penulis Artikel Lepas

Sekarang ini sudah cukup banyak penulis artikel lepas di Indonesia. Apakah Anda suka menulis artikel dan ingin mendapatkan penghasilan dari menulis? Ini yang disebut freelance writer dan ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Bisnis penulis artikel lepas termasuk bisnis yang menjanjikan lo..

Biasanya banyak pemilik blog/website yang membutuhkan penulis artikel untuk mengisi blognya dengan artikel berkualitas tapi terbentur keterbatasan waktu untuk menulis banyak artikel. Akhirnya mereka memilih menyewa jasa penulis artikel lepas untuk membantu meningkatkan trafik blog tersebut.

Bisnis ini cukup mudah untuk dilakukan, tidak membutuhkan modal yang besar, dan merupakan salah satu bisnis mahasiswa yang cukup menjanjikan. Menjadi penulis artikel lepas bisa menjadi bisnis sampingan maupun bisnis utama Anda. Sekarang tinggal bagaimana Anda ingin memulainya.

Jangan bingung untuk memulainya, Anda hanya butuh laptop, koneksi internet yang baik, dan yang utama kemampuan menulis. Kalau Anda berminat mendalami bisnis ini, saya akan menjelaskan mengenai cara memulai bisnis penulisan artikel.

Keuntungan Membuka Bisnis Penulis Artikel

Sebelum saya membahas tentang cara memulai dan strategi yang tepat untuk membuka bisnis penulisan artikel, mungkin Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika menekuni bisnis ini.

1. Waktu yang Fleksibel

Khusus Anda yang tidak suka bekerja terikat dengan waktu, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena Anda memiliki waktu yang fleksibel dalam menjalankannya dan tidak seperti karyawan yang harus berangkat pagi dan pulang sore.

Anda bisa bekerja kapan saja sesuai keinginan dengan menjadi penulis artikel lepas. Sesuaikan dengan deadline yang diberikan ya.. Anda harus bisa mengatur waktu sendiri agar bisa mengirimkan artikel sesuai dengan permintaan konsumen. Anda juga bisa mengambil hari libur sesuai keinginan, bisa dibilang hampir tidak ada batasan waktu.

2. Tempat Kerja yang Fleksibel

Tidak hanya waktu yang fleksibel saja, tapi juga tempat kerja Anda bisa dimana saja. Anda pun tidak perlu kantor khusus, karena bisa mengerjakan pesanan artikel dari mana saja dan kapan saja. Anda juga bisa menjalankan bisnis penulis artikel di rumah sambil tiduran, di depan tv, kantor, perpustakaan, taman dan tempat lainnya. Intinya adalah Anda harus membawa laptop dan ada koneksi internet.

Dan Anda bisa bekerja di tempat tertentu yang sesuai dengan mood. Contohnya Anda bisa lebih mudah mendapatkan banyak ide dan lebih kreatif menulis ketika berada di ruangan terbuka, maka Anda lebih baik menulis di tempat tersebut.

3. Penghasilan yang Sangat Menjanjikan

Menjadi seorang penulis artikel lepas ternyata punya potensi penghasilan yang cukup besar. Apalagi Anda serius mengerjakannya dan memiliki keunikan dibanding jasa penulis artikel lainnya. Penghasilan jutaan rupiah dari menulis artikel bisa Anda dapatkan dengan mudah, ini berdasarkan fakta ya bukan sekedar karangan.

Yuk kita lakukan perhitungan kasar penghasilan dari jasa penulis artikel

Misalnya Artikel berbahasa Indonesia, rata-rata untuk artikel 100 kata dibanderol sekitar Rp. 5.000 - Rp. 10.000. Kita ambil setengahnya yaitu Rp. 5.000 per artikel 100 kata. Ada juga satu artikel minimal 300 kata sampai 500 kata.

Anda bisa menulis 10 artikel 500 kata per hari dan mendapatkan pesanan artikel sekitar 300 artikel per bulan. Jadi perhitungannya seperti ini;

10 x (5 x Rp. 5.000) = Rp. 250.000 per hari

Berarti dalam sebulan Anda bisa mendapatkan penghasilan Rp. 250.000 x 30 = Rp. 7.500.000

Tentunya ini keuntungan yang cukup besar dan tanpa modal yang besar juga.

4. Menambah Ilmu dan Pengetahuan

Dengan profesi sebagai jasa penulisan artikel, maka Anda akan sering mendapatkan permintaan menulis artikel dari beberapa bidang yang belum tentu Anda kuasai sebelumnya. Membuat artikel yang sesuai dengan permintaan pelanggan, tentunya Anda harus membaca referensi dari sumber lain, dan ini bisa menambah ilmu yang Anda miliki.

Dengan membaca informasi dari sumber lain akan "memaksa" Anda belajar dan menambah ilmu baru. Sering-seringlah membaca dan menulis karena akan membuat pengetahuan yang Anda miliki semakin bertambah serta membuat otak semakin cerdas juga.

5. Punya Penghasilan Tambahan

Bisa dibilang saat ini Anda punya pekerjaan utama, tapi Anda ingin menambah penghasilan tambahan lainnya. Dengan menekuni bisnis ini tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda, setidaknya untuk sementara waktu sebelum Anda benar-benar memutuskan akan serius di bisnis apa.

Menjadi penulis artikel lepas bisa Anda kerjakan di sela-sela bekerja di malam hari. Jangan sampai menganggu pekerjaan utama Anda ya, jika Anda menekuni bisnis penulis artikel lepas sebagai bisnis sampingan.

Cara Membuka Bisnis Penulis Artikel

Setelah Anda mengetahui keuntungan bisnis penulis artikel, sekarang saya membahas tentang cara memulainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bisnis jasa penulis artikel:

1. Anda Harus Suka Membaca dan Menulis

Inilah dasar dalam menjalankan bisnis jasa penulis artikel. Semakin Anda membaca dan menulis maka akan membantu Anda meningkatkan kualitas tulisan yang dihasilkan. Bagi Anda yang tidak suka membaca dan menulis, maka bisnis ini tidak cocok untuk Anda. Tetapi bila Anda ingin menjalankan bisnis ini dan selama ini kurang sering membaca maka mulai sekarang cobalah untuk menyukai kegiatan membaca dan menulis. Dengan hal itu, semuanya akan terasa lebih mudah.

2. Teruslah Mengasah Keterampilan Menulis

Bagi Anda yang suka menulis tapi selama ini tidak pernah melatih keterampilan menulis. Apakah hal itu cukup untuk menjalankan bisnis penulis artikel lepas? Saya pastikan tulisan yang Anda hasilkan kualitasnya akan biasa-biasa saja, atau bahkan mengecewakan pembaca tulisan Anda.

Menjadi penulis handal tidaklah sulit jika Anda terus berlatih. Biasakan membaca untuk menambah kosakata Anda, lalu latihlah menulis terus-menerus. Mungkin awalnya tulisan Anda belum begitu bagus, tapi jika dilatih terus-menerus lama-lama tulisan Anda jauh lebih baik.

Kalau saat ini artikel Anda masih jelek, jangan langsung minder ya.. Teruslah berlatih menulis, memperbanyak kegiatan membaca, dan ini akan sangat membantu Anda.

3. Buatlah Blog Anda Sendiri

Agar orang-orang tahu tentang kualitas tulisan Anda, cobalah buat blog sendiri. Dengan itu, orang lain tahu seperti apa pola tulisan artikel dan kualitas tulisan Anda. Sekarang ini banyak calon konsumen yang memperhatikan cara menulis seorang penulis artikel sebelum akhirnya memutuskan akan menyewa jasa atau tidaknya. Bisa dari alur tulisan, isi artikel, penggunaan huruf kapital, hingga tanda baca.

Kualitas dan keunikan artikel Anda akan menjadi nilai plus karena akan menjadi pertimbangan si pelanggan apakah akan menyewa jasa Anda kembali atau tidak. Jika Anda mengirimkan artikel copy paste kepada konsumen, nama baik bisnis Anda akan rusak dan membuat mereka kecewa dengan Anda.

Pembuatan blog sendiri juga bisa membantu proses pemasaran jasa Anda menjadi lebih mudah. Untuk memasarkan bisnis jasa penulis artikel tidak harus menggunakan layanan berbayar juga lo.. Anda juga bisa memanfaatkan platform blog gratis seperti Blogger.com atau WordPress.com

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com Sampai Menghasilkan

4. Melakukan Promosi

Tanpa promosi tentu bisnis Anda tidak akan berjalan dengan maksimal. Supaya bisnis jasa penulis artikel yang Anda tawarkan semakin dikenal banyak orang maka Anda harus melakukan kegiatan promosi.

Berikut ini adalah tempat untuk melakukan promosi, diantaranya:

  • Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram)
  • Forum Online (Kaskus, Ads.id)
  • Situs Marketplace (Freelancer, Sribulancer, Projects.co.id)
  • Blog/Website pribadi

5. Berikan Layanan yang Terbaik

Ada hal lain yang harus Anda perhatikan bila ingin sukses menjalankan bisnis jasa penulis artikel ini. Mungkin bagi Anda ini terkesan remeh, tapi dengan layanan terbaik akan selalu berkesan di hati para pelanggan Anda.

Contoh layanan terbaik dalam bisnis?
  • Kualitas artikel melebihi ekspektasi konsumen
  • Mengirimkan artikel tepat waktu
  • Komunikasi yang responsive dan to the point


Dengan pengetahuan dasar tentang SEO bisa menjadi nilai tambah bagi bisnis jasa penulis artikel. Anda tidak harus ahli, tapi setidaknya paham dasar-dasar penerapan SEO pada konten yang diciptakan.

Kesimpulannya:

Dari penjelasan diatas, bahwa bisnis penulis artikel lepas ini bisa menjadi bisnis sampingan ataupun pekerjaan utama. Walaupun bisnis ini terlihat mudah dan menguntungkan, tapi untuk memulainya dibutuhkan kerja keras dan konsistensi. Untuk Anda yang suka membaca dan menulis artikel maka Anda sudah memenuhi syarat untuk bisa menghasilkan uang secara online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel