10 Manfaat Blogging Bagi Seorang Blogger Profesional

Manfaat Blogging

Ada banyak sekali manfaat blogging yang bisa kita dapatkan dan tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap kreatifitas yang terus menerus tercipta serta akan membuka berbagai peluang yang dikemas dalam bentuk digital.

Nah, blogging dan media sosial adalah dua komponen yang mampu menampilkan sisi seseorang yang tadinya tidak terpublikasikan menjadi terlihat oleh seluruh dunia. Untuk mewujudkannya pun tak perlu ijazah atau pendidikan tinggi karena faktanya, memberi informasi secara jujur dan sederhana mampu menyedot perhatian netizen.

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Kita bisa melalui sebuah blog self hosted dengan nama domain sendiri, karena ini adalah sebuah langkah yang baik. Kita juga bisa menggunakan fasilitas gratisan seperti Blogger.com, WordPress.com, atau Tumblr.com, tapi itu memberi kesan Anda seorang amatiran (meskipun sebenarnya tidak begitu). Coba gunakan platform blogging professional dengan nama domain yang unik.

Harus diingat!! Bahwa sebuah domain akan memberikan gambaran tentang siapa Anda dan pastinya menunjukkan sisi professional Anda. Untuk membangun sebuah brand secara online sangat berpengaruh terhadap pekerjaan maupun bisnis yang sedang dijalani dan itu bisa dimulai dengan membuat sebuah blog professional dimana ini akan memberikan banyak manfaat bagi Anda dan bisnis yang Anda bangun.

Kita tak sekedar menunjukkan jati diri, tapi dengan memiliki sebuah blog akan memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah 10 manfaat blogging bagi seorang blogger profesional.

1. Menjadi Penulis Yang Lebih Baik

Tidak semua orang mampu menulis dengan baik dalam artian memiliki struktur serta tata bahasa dan bahkan untuk menciptakan sebuah artikel yang memiliki 'jiwa' pun menjadi satu hal yang amat sulit.

Jika Anda memiliki blog, mau tak mau harus disiplin dalam menulis dan mencari referensi dari berbagai sumber yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan menulis Anda.

2. Mengasah keterampilan dan Menambah Wawasan

Anda yang memustuskan untuk menjadi seorang blogger!! Pastinya harus memiliki keterampilan tersendiri untuk dibagikan kepada orang lain. Tetapi, menjadi seorang blogger ternyata tidak semata-mata menjadikan Anda sebagai penyedia informasi melainkan Anda dapat mengasah kembali keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik lagi.

Apakah nge-blog bisa mengasah keterampilan?

Bayangkan saja pada saat kita mengalami krisis ide, pastinya Anda akan mencari referensi-referensi lain di internet dan juga buku. Ya kan?

Nah, dengan aktif membaca, Andapun akan merasakan berbagai macam manfaat-manfaatnya. Saya ambil contoh, Anda adalah seorang penulis blog teknologi dan komputer, suatu hari Anda mengalami kekurangan ide yang berdampak buruk bagi blog Anda karena blog tidak pernah di update.

Cara mengatasi hal tersebut, Anda memutuskan mencari referensi dengan membeli sebuah buku yang membahas cara mengoperasikan internet secara gratis. Dengan hal itu, sudah pasti Anda akan membaca dan menemukan apa yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Anda pun bisa dengan mudah menyerap dan menguasai isi dari buku itu.

Setelah membaca buku tersebut, Anda akan menulis ulang inti dari buku itu dengan bahasa serta cara penyampaian yang unik dan berbeda dari sebelumnya.

3. Pengguna di Internet Akan Menunggu Sesuatu Dari Anda

Semua orang pastinya akan mencari informasi terbaru dan sedang trending. Andalah yang menjadi bagian dari orang-orang yang memberi informasi terbaru lewat blog yang paling ditunggu oleh netizen. Bagusnya lagi, kredibilitas serta visibilitas blog Anda akan meningkat yang berpengaruh terhadap bisnis maupun karir.

4. Menjadi Seorang Ahli

Anda tak perlu menyandang sarjana lulusan dari sebuah universitas terkenal untuk menjadikan Anda seorang ahli dalam satu bidang dan dengan memberikan informasi terbaru, aktual dan penjelasan secara detail yang akan memberi solusi bagi permasalahan, yang membuat Anda sudah memiliki kredibilitas. Jadikan Anda seorang yang ahli di dalam satu bidang lewat blogging.

5. Memiliki Jaringan Yang Luas

Dari hasil tulisan yang menarik kemungkinan besar akan membuat Anda mendapat kesempatan menjadi salah satu pembicara di sebuah pertemuan atau seminar yang berkaitan dengan topik yang sesuai dengan blog Anda. Tentunya, ini bisa memberi keuntungan tersendiri, yaitu dengan membangun brand Anda sendiri.

6. Memori Otak Akan Bertambah

Pikiran yang terus-menerus di stimulasi dengan berbagai informasi akan membantu meningkatkan memori otak Anda. Dengan membaca dan mempelajari berbagai tulisan menjadi ajang olah otak yang membuat neuron pada otak semakin meningkat. Tanpa kita sadari, kita akan merasa kagum dengan kualitas serta mental yang Anda dapatkan melalui aktifitas blogging.

7. Meningkatkan Kreatifitas

Jika Otak kita dipenuhi dengan inovasi, maka akan membuat pikiran menjadi lebih kreatif. Misalnya, ide yang sebelumnya dianggap sulit atau bahkan mustahil dikerjakan ternyata bisa terwujud tanpa kita sadari. Ini bisa terjadi, karena keterampilan alam bawah sadar kita semakin terlatih dan memicu kita secara otomatis untuk berpikir lebih bebas.

8. Menjadi Lebih Fokus

Dengan menulis dan mengekspresikan pikiran secara online melalui blogging akan mempertajam intuisi atau pikiran Anda. Saat interaksi atau kegiatan sosial yang dilakukan akan membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tajam, bahkan hanya dengan mendengarkan 'curhat' bisa menjadi satu kebiasaan yang menyenangkan.

9. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah hal paling utama dalam dunia bisnis, begitu juga dalam dunia blog. Anda akan menjadi orang yang terkenal dan digemari para pengunjung dunia maya kalau Anda adalah orang yang bisa menjaga kepercayaan pelanggan maupun pembaca.

Bagaimana caranya?

Ketika kita membagikan konten atau artikel yang bermanfaat untuk pembaca, seperti membuat tutorial membuat blog, dan mengedit template blog. Tentunya, ini sangat dibutuhkan bagi pembaca yang memang masih baru mengenal blog.

10. Blogging Bisa Menghasilkan Uang

Blog memang bisa menghasilkan uang, tidak hanya ratusan ribu bahkan bisa sampai ratusan juta. Tetapi, untuk mencapainya harus melalui proses yang tidak mudah. Untuk itu, saya menaruh manfaat ini paling akhir, karena blogger pemula harus membangun 9 manfaat diatas terlebih dahulu.

Banyak orang yang bertanya, darimana seorang blogger bisa menghasilkan uang. Jawabannya, sangat beragam karena sumber penghasilan di dunia blog sangat banyak walau tidak semuanya menjanjikan.

Sebagai seorang blogger, Anda harus bisa memilih cara terbaik menghasilkan uang.

Pointnya, tidak ada yang sia-sia jika kita melakukannya denga baik dan ikhlas. Menjadi seorang blogger membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak, apalagi jika memutuskan menjadi full time blogger.

Seringkali, lingkungan tempat kita tinggal sering menganggap remeh seorang blogger.

Sakitnya lagi.....

Jika ditengah-tengah keluarga besar dan ditanya saat ini kerja apa?

Setelah itu, kita pasti dibanding-bandingkan dengan keluarga lain yang sudah jadi pekerja kantoran atau Polisi. hffft

Terlepas dari apapun itu, untuk menjadi seorang blogger tidak mesti harus meninggalkan pekerjaan nyata. Kita harus bisa mengimbangi dengan mengisi atau mengupdate blog saat sedang longgar.

Kita harus menyadari bahwa blogging bukan hanya sekedar untuk menunjukkan siapa Anda sebenarnya atau lebih dikenal dengan istilah mengekspresikan diri. Ada hal lain yang lebih penting, yaitu mampu memudahkan seseorang untuk menemukan jati dirinya. Apakah blogging mengubah Anda?

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel