-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

Peringkat Google dan Alexa

Kita tentu sangat setuju bahwa Search Engine Google sangat menyukai blog yang melakukan update konten secara berkala.

Apakah update konten akan otomatis mempengaruhi rangking blog di mesin pencari Google secara keseluruhan?

Karena konten yang up to date, algoritma Google juga sangat memperhatikan kualitas untuk menentukan peringkat sebuah blog di mesin pencari.

Dengan peringkat Google dan Alexa, seringkali dijadikan acuan oleh para webmaster untuk menentukan kualitas sebuah blog/website. Pada artikel ini mas malven ingin mengulas sedikit tentang pengaruh update postingan sebuah blog pada peringkat Google dan Alexa.

1. Pengaruh Update Blog Pada SERP Google


Banyak dari kalangan blogger yang mengatakan bahwa blog yang mem-posting setiap hari akan mendapatkan porsi lebih baik di SERP Google. Nah, ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar dan seperti yang pernah diungkapkan oleh Matt Cuts (Head of the webspam team at Google), Google akan lebih mengutamakan blog dengan konten yang berkualitas pada hasil pencarian search engine mereka.

Matt Cuts mengatakan pada sebuah video YouTubenya bahwa akan lebih baik bila pemilik blog fokus pada persiapan konten yang baik, dan bermanfaat bagi pembaca, walaupun membutuhkan lebih banyak waktu, daripada berusaha untuk mengupdate blog mereka dengan konten yang buruk atau apa adanya. Tentunya, ini tidak berlaku jika blog tersebut tidak diperuntukkan untuk bisnis. Perhatikanlah kualitas konten, jika bisnis Anda ingin menghasilkan. Jika ada blog dengan konten yang memberikan value kepada pembacanya, maka akan sangat mudah mendapatkan rangking yang baik di search engine Google.

Apakah kita hanya fokus pada kualitas konten? Tentu saja tidak...

Kalau jumlah artikel semakin banyak dengan beragam kata kunci, tentunya akan membuka peluang bagi blogger untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Seorang blogger profesional pasti akan memperhatikan update dan juga kualitas konten yang diposting karena kedua hal ini saling berkaitan.

2. Pengaruh Update Blog Pada Rangking Alexa

Rangking Alexa akan berbeda dengan rangking website di search engine Google. Karena Alexa menilai rangking sebuah website berdasarkan beberapa faktor, seperti update konten, jumlah visitor, page view, aktivitas visitor pada website, dan lain-lain. Meskipun ada beberapa webmaster yang bisa mengakali penilaian rangking Alexa tersebut, meski begitu penilaian dari Alexa pada sebuah website masih dianggap penting.

Alexa selalu memperhitungkan update konten sebuah blog dalam merangking sebuah website, semakin sering Anda update konten maka rangking alexa cenderung akan semakin baik. Intinya, jika ingin rangking Alexa website Anda lebih baik maka disarankan untuk sering-sering mengupdate blog Anda.

Ada baiknya, tidak usah terlalu pusing tentang rangking Alexa pada blog Anda, dan tidak perlu juga sampai memanipulasi rangking Alexa seperti yang dilakukan sebagian blogger. Fokuslah untuk membangun konten yang baik secara berkala, mempromosikan konten Anda dengan teratur, meningkatkan jumlah visitor unik, dengan begitu rangking Alexa blog Anda akan membaik dengan sendirinya.

3. Pengaruh Update Blog Pada Audiens

Untuk blog yang sudah cukup terkenal dan punya pengunjung setia, tentunya dengan update konten secara berkala menjadi sesuatu yang sangat penting. Coba bayangkan, jika blog Anda tidak ada update terbaru selam seminggu atau sebulan, padahal pengunjung setia Anda setiap hari membuka blog tersebut. Tentunya, audiens Anda akan merasa bosan dan kecewa, kemungking besar mereka akan beralih pada blog lain. Walaupun pengunjung blog Anda banyak berasal dari mesin pencari, konten yang baru dan up to date tetap dibutuhkan dan apalagi visitor Anda kebanyakan berasal dari referring site atau direct visitor.

Blog yang memiliki topik tertentu memang wajib selalu up to date misalnya blog yang membahas tentang blog bisnis, media sosial, blogging, lowongan kerja, selebritis, game, dan lain-lain. Ada juga blog yang memang tidak perlu banyak update, misalnya blog dengan topik pelajaran sekolah yang memang tidak banyak mengalami perubahan.

Kesimpulannya:

Menurut mas malven, update konten itu sangatlah penting namun yang lebih penting adalah membangun konten yang berkualitas dan memberikan value pada pembaca Anda. Dengan konten inilah, biasanya lebih mudah masuk halaman utama pencarian Google dan lebih bertahan lama. Membangun konten yang berkualitas secara konsisten, Anda sudah berpeluang lebih besar mendapatkan rangking yang lebih baik di Google dan Alexa.
... ...