-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

cara-daftar-google-adsense-agar-cepat-diterima

Google Adsense adalah Program kerjasama PPC (Pay Per Click)  periklanan melalui media di internet yang paling banyak digemari oleh publisher Indonesia untuk memonetize situs mereka. Tahun 2012 yang lalu, Google Adsense sudah mendukung website berbahasa Indonesia, sehingga banyak sekali blogger di Indonesia yang mendaftarkan blog mereka di Google Adsense. Namun, untuk menjadi member dan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense itu bukanlah hal yang mudah.

Banyak yang kesulitas tentang cara daftar Google Adsense, padahal sebenarnya untuk mendaftar di program PPC Google ini tidak sulit juga.

Dari sekian banyak blogger yang sudah mendaftar, tidak semua diterima menjadi publisher di Goolge Adsense. Sebabnya, karena blog/website yang didaftarkan tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh pihak Google. Situs-situs yang berkualitas dan memenuhi aturan (TOS) mereka adalah persyaratan dari Pihak Google Adsense.

Dulu, untuk mendaftar Google Adsense sangat mudah. Tetapi, seiring pertumbuhan dan perkembangan internet, Google Adsense sudah melakukan banyak perubahan pada layanan mereka dan disesuaikan dengan perkembangan yang ada.

Jangan membuat sebuah blog ala kadarnya dan diisi dengan konten yang asal-asalan, lalu mendaftarkannya di Google Adsense karena ini adalah tindakan yang sia-sia dan pastinya tidak akan diterima.

Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Caranya dengan keunikan, nilai jual, dan original sebuah website/blog adalah syarat yang sangat penting agar diterima oleh Google Adsense. Program PPC ini adalah program periklanan yang sama halnya dengan program periklanan lainnya. Pihak Google Adsense tentunya menginginkan website/blog yang menayangkan iklan mereka yang bisa memberikan promosi atau pemasaran yang baik bagi para pengiklan.

Proses mendaftarnya sebenarnya sangat mudah, tapi untuk bisa diterima Anda harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya. Berikut ini adalah cara daftar Google Adsense agar cepat diterima.

1. Buatlah Konten Unik

Original sebuah konten di dalam website/blog adalah hal utama bagi Google Adsense. Pihak Google Adsense pasti memperhatikan apakah konten di dalam sebuah website/blog bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

Perlu Anda ketahui, bahwa konten-konten di internet banyak membahas topik yang sama. Tapi cara penyajiannya atau cara penulisannya yang berbeda, misalnya Anda menulis tentang "cara membuat blog" tentunya ada banyak sekali konten di situs lain yang membahas tentang ini.

Jika konten Anda adalah hasil copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar situs Anda tidak akan disetujui untuk mengikuti program PPC Google Adsense.

2. Selalu Perhatikan Umur Situs Anda

Google Adsense akan memperhatikan umur website/blog, jumlah konten, jumlah pengunjung, page view, dan lain-lain.

Menurut saya website/blog Anda sudah berumur 6 bulan, sudah ada banyak konten, dan memiliki pengunjung unik yang stabil, maka ini bisa meyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda adalah tempat yang baik untuk memasang iklan.

Ini merupakan pendapat pribadi saya, blog dengan usia 6 bulan sudah cukup banyak visitornya dan bisa menghasilkan uang dari Google Adsense.

3. Jumlah Konten Di Website/Blog Anda

Ini adalah salah satu faktor penting agar bisa diterima di Google Adsense. Saya masih belum mengetahui lebih jelasnya berapa jumlah minimum konten di dalam sebuah website/blog agar bisa diterima, tapi menurut saya akan lebih mudah diterima bila website/blog kita memiliki banyak konten. Saya menyarankan untuk membuat minimal 30 konten artikel sebelum mendaftar di Google Adsense.

Sebaiknya, Anda rajin untuk meng-update konten di dalam blog Anda karena ini bisa mempengaruhi penilaian dari pihak Google. Pemilik blog harus sering mengupdate konten artikel mereka, karena ini akan memiliki peluang diterima oleh Google Adsense dibandingkan dengan blog yang jarang melakukan update konten.

4. Menggunakan Blogger.com atau YouTube.com

Ini sangat penting untuk kita perhatikan. Kalau Anda sudah memiliki domain dan hosting sendiri, maka peluang untuk diterima oleh Google Adsense akan terbuka lebar. Tentu dengan memperhatikan poin-poin sebelumnya yang sudah saya jelaskan. Jika Anda ingin menggunakan domain & hosting gratis, dan ingin menjadi publisher Google Adsense sebaiknya Anda menggunakan Blogger.com.

Menurut mas malven, Google Adsense tidak bisa dipasang pada blog yang dibuat dengan WordPress, baik itu subdomain di WordPress maupun domain sendiri yang menggunakan free hosting di WordPress. Ini merupakan kebijakan (TOS) dari pihak WordPress sendiri.

Blogger.com adalah sebuah layanan publikasi blog gratis yang diberikan oleh pihak Google. Selama ini pihak Google Adsense selalu memberikan kesempatan bagi para pengguna blogger untuk memonetize blog mereka dengan program Google Adsense.

Jika Anda tidak bisa menulis atau tidak ingin membuat blog masih ada cara lain yaitu melalui YouTube. Syaratnya Anda harus punya beberapa konten video original yang di upload ke YouTube. Tentunya, agar bisa diterima di program Google Adsense Anda harus memiliki setidaknya 1000 subscribe dan 4000 jam waktu tonton (watch time).

5. Halaman Pendukung

Pastikan blog Anda memiliki halaman pendukung, seperti About, Privacy Policy, Kontak, dll. Dengan persyaratan tersebut, akan membuat situs Anda terlihat serius dan memperhatikan pengunjung blog Anda.

6. Template

Gunakan template yang sederhana, dan rapi.

Apakah mas malven juga menggunakannya? Benar...

Template yang saya gunakan adalah template dari mas sugeng.

Saya merekomendasikan Template Viomagz dari mas sugeng karena sangat responsive, dan banyak para blogger sudah menggunakan template dari mas sugeng. Ini juga sangat penting agar cepat diterima oleh Google Adsense. Untuk harganya sekitar Rp. 195.000, dan harga bisa berubah ya.

Intinya adalah Anda harus menyajikan konten yang bermanfaat bagi orang lain dan tentunya ditulis dengan cara yang unik, bukan hasil dari copy paste konten orang lain. Banyak blogger yang sudah memiliki penghasilan rutin dari iklan Google Adsense di blog mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...