6 Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Sudah Terbukti

cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan menghasilkan uang dari blog? Pastinya semua orang bisa membuat blog, dan caranya juga tidak terlalu sulit. Saya mencoba untuk berbagi pengalaman bagaimana cara saya menghasilkan uang dari blog.

Alangkah baiknya, bila kita merencanakan sejak awal apa tujuan membangun sebuah blog, dan bagaimana me-monetize blog tersebut. Ini sangat berbeda, jika merujuk pada pengalaman masing-masing orang dalam membangun blognya. Ada juga, orang membangun blog hanya untuk iseng-iseng, dan hanya untuk mengisi waktu longgarnya.

Dalam hal ini saya adalah blogger yang punya tujuan jelas dalam membangun sebuah blog dan saya mengatakan "blogger are earning money". hehehe

Dengan proses yang tidak mudah, saya sudah membangun lebih dari 5 blog dengan kategori yang berbeda yang dibuat dalam bahasa indonesia. Rencananya saya akan membuat blog dengan bahasa inggris, mungkin dari teman-teman yang bersedia membantu saya. Karena kemampuan bahasa Inggris saya masih pas-pasan, little-little I can hehehe.

Untuk blog dengan bahasa Indonesia, biasanya saya menulis sendiri dan sebagian lainnya saya dibantu adik saya dan menyewa jasa seorang penulis. Dari setiap blog yang saya bangun, tentu menghasilkan uang yang saya dapatkan dari beberapa program dan penghasilan masing-masing blog saya berbeda-beda, ada yang bikin tepuk jidat, dan ada juga yang bikin saya senang (bersyukur) hehehe. Berikut ini adalah cara menghasilkan uang dari blog yang sudah terbukti. Saya mohon maaf, tidak menyertakan screenshot karena itu tidak perlu.

Cara Jitu Menghasilkan Uang dari Blog

1. Komisi Dari Affiliate Marketing

Program Affiliasi adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog yang sudah cukup banyak dilakoni para blogger. Perlu kita perhatikan, bahwa program affiliasi yang kita ikuti harus sesuai dengan topik blog yang kita bangun, misalnya blog tentang topik internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini.

Ketika saya membangun blog untuk program affiliasi, saya lebih dulu menentukan produk yang akan saya jual, baru setelah itu saya membangun blognya. Contohnya, saya membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon, saya terlebih dulu melakukan riset seperti produk apa yang akan dipromosikan, keywords apa saja yang dapat menunjang SEO, dan bagaimana cara membangun kontennya.

Wajib kita perhatikan! Konten didalam blog yang kita bangun harus punya nilai (value) dan bermanfaat bagi para audiens. Kemungkinan besar akan semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut dan dari program affiliasi Amazon saja, saya bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan dollar. Intinya kalau saya bisa, Anda juga pasti bisa.

2. Menyediakan dan Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Jika sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanya bisa sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Menurut pengalaman pribadi, ruang iklan mandiri di blog saya di sewa dengan biaya Rp. 200 ribu - Rp. 500 ribu untuk tiap spot iklan setiap bulannya. Menurut teman - teman mungkin sedikit tapi menurut saya cukup lumayan hehehe.

Usahakan, produk atau website yang kita iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website/blog yang kita bangun, misalnya topik website Anda tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk atau webiste yang berhubungan dengan niche tersebut.

Jika kita menerima iklan yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche kita, maka hal ini bisa membingungkan audiens dan biasanya konversinya jelek. Contohnya, website Anda tentang internet marketing, lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk peninggi badan. Kan lucu :)

3. Mempromosikan Jasa atau Produk Anda

Anda punya bisnis yang langsung ditawarkan ke audiens Anda dan saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara kreatif. Di blog tersebut, si blogger menulis tentang kegiatan sehari-hari, hobi, dan juga keahliannya pada bidang tertentu.

Kita juga bisa mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produk di blog tersebut. Tentu ini sangat kreatif bukan?

4. Menjadi Penulis Artikel Tentang Bisnis/Website Orang Lain

Ini biasa disebut Paid for Review. Beberapa perusahaan, mau bisnis mereka diulas di blog orang lain, dan biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Menurut pengalaman saya, satu artikel review biasanya bisa mendapatkan Rp. 300 ribu - Rp. 500 ribu, ini bergantung pada negoisasi ya.

Hal ini juga tidak mudah untuk mendapatkan Advertiser yang mau membayar artikel review. Biasanya saya menghubungi atau lewat perantara (teman saya) untuk dibuatkan artikel yang mengulas tentang bisnis mereka.

5. Menjual Blog

Sebenarnya ini adalah cara untuk menghasilkan uang dari mereka yang suka membuat dan menjual blog atau website. Tentu, ini akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu, opsi ini bisa menjadi pilihan Anda.

Bagaimana cara menjual blog saya? Berdasarkan pengalaman saya, Anda bisa menghubungi seorang broker atau group jual beli yang ada di sosial media yang siap membantu untuk menemukan calon pembeli yang potensial.

6. Menjadi Publisher Google Adsense

Banyak para blogger yang sudah melakukan dan menghasilkan uang dari program Google Adsense. Program ini sudah terkenal dan banyak diikuti oleh publisher di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tentunya, untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita harus punya blog/website yang memiliki trafik yang cukup besar. Penghasilannya bisa didapatkan dari klik iklan valid Adsense, tapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

Banyak sekali situs-situs besar, baik lokal maupun internasional yang sudah bergabung menjadi publisher Google Adsense. Beberapa website besar yang sudah bergabung adalah Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Kaskus, Merdeka.com, Kapanlagi.com, dan lain-lain. Sedangkan dari startup diantaranya, Bersosial.com, 1cak.com, mas malven dan lain-lain.

Memang, tidak semua orang cocok dengan metode menetize blog yang saya sebutkan diatas, namun setidaknya Anda sudah punya sedikit gambarannya.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi Anda, dan terima kasih atas kunjungan Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel