Cara Mengoptimasi Blog Untuk SEO dan Pembaca Anda

Cara Mengoptimasi Blog

Blogging adalah aktivitas/kegiatan yang penting untuk meningkatkan popularitas bisnis Anda di Internet. Untuk pebisnis, blogging telah memberikan keuntungan yang luar biasa, bahkan meningkatkan bisnis tersebut ke level yang lebih baik. Kegiatan blogging saat ini telah memberikan value kepada pengguna yang sudah menjadi hal yang lebih penting dibanding kepentingan SEO semata karena aktifitas pembaca di blog Anda juga sudah menjadi bagian penting dari SEO itu sendiri.

Seorang blogger juga harus mengetahui cara mengoptimasi blog dari sisi SEO dan sekaligus dari sisi pembaca.

Menurut saya, kegiatan blogging untuk tujuan SEO sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Tetapi, banyak blogger yang hanya mengutamakan tujuan SEO semata dan tidak memperhatikan bagaimana pengguna dapat memahami konten yang dibuat. Kalau Anda adalah salah satu blogger yang melakukan hal tersebut, yakinlah bahwa Anda saat ini sedang membuang kesempatan potensial yang menguntungkan.

Ada kalanya, bila kita melakukan kegiatan blogging dengan memperhatikan kedua hal tersebut, yaitu SEO dan audiens Anda. Berikut ini adalah cara mengoptimasi blog untuk SEO dan pembaca Anda.

1. Brainstorming Untuk Memilih Topik yang Sesuai

Biasanya pembaca suka membagikan konten yang menarik dan unik ke media sosial.

Terus, bagaimana cara kita mengidentifikasi sebuah topik yang menarik?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memastikan bahwa topik yang Anda buat cukup menarik dan unik bagi orang lain:
  • Bertanya pada orang lain melalui media sosial atau melalui blog Anda
  • Kunjungi forum-forum dan website Q&A seperti Quora atau Yahoo Answer untuk mencari tahu topik yang sering dibicarakan
  • Manfaatkan media sosial untuk mencari topik yang sering dibahas, kita bisa menggunakan fitur hastag tersebut.
  • Mengunjungi blog lainnya dan memperhatikan topik apa saja yang banyak dibaca dan dikomentari oleh pembaca
  • Memperhartikan situs-situs berita dan menyaring berita yang sesuai dengan minat atau topik pada blog Anda dan jadilah orang pertama yang membahas berita tersebut serta berbagi pada para pembaca Anda

2. Temukan Kata Kunci yang Tepat

Jika Anda ingin mendapatkan banyak pembaca dan ingin sukses di dalam SEO, maka memilih kata kunci yang tepat adalah kata kunci (keyword) punya peranan yang sangat vital dalam menentukan posisi konten Anda di mesin pencari, dan akan selalu seperti itu. Jika, semakin banyak variasi kata kunci (keyword) untuk satu jenis topik, maka potensi trafik Anda akan semakin bertambah.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas gratis dari Google Ardwords untuk mencari berbagai kata kunci yang sering muncul di Google. Dan gunakanlah variasi kata kunci untuk setiap konten yang Anda buat sewajar mungkin untuk menghindari pinalty dari Google. Kalau Anda memilih sebuah topik yang menurut Anda menarik namun jumlah pencari tidak terlalu banyak, maka tetaplah untuk menulis topik tersebut karena pasti ada orang lain yang punya minat yang sama dengan Anda.

3. Buatlah Konten Dengan Keyakinan

Menulislah dengan penuh keyakinan seolah-olah Anda pakar dalam topik tersebut, namun tetap dengan bahasa yang bersahaja. Kalau konten yang Anda buat terlihat seperti menjual sesuatu, kemungkinan besar pembaca Anda akan meninggalkan blog Anda dalam sekejap. Ada baiknya, konten Anda berisi informasi yang berharga, bukan hanya berisi link promosi sebuah produk.

4. Pastikan Konten Anda Mudah Dimengerti

Pembaca tidak suka dengan sesuatu yang bertele-tele dan berputar-putar. Pembaca akan memilih poin-poin penting dari sebuah konten dan sebaiknya konten yang kita bangun dibuat untuk lebih mudah dibaca dan dimengerti misalnya dengan menambahkan sub-header yang jelas untuk setiap poin-point penting yang ingin kita sampaikan.

5. Optimalkan Konten Untuk Mesin Pencari

Kalau Anda sudah mengoptimasi konten utnuk pembaca, selanjutnya adalah mengoptimasi konten tersebut untuk SEO yang lebih baik. Karena langkah ini bisa kita mulai dengan memasukkan kata kunci di dalam judul dan menambahkan kata kunci pada konten, mulai dari paragraf pertama, bagian tengah, dan paragraf terakhir.

Anda harus menggunakan kata kunci dengan sewajarnya, jangan menggunakan kata  kunci yang sama berulang-ulang. Alangkah baiknya, bila kita menggunakan kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama yang kita pilih. Selanjutnya, Anda busa menghubungkan konten tersebut dengan konten lain yang masih berhubungan dengan blog Anda, yaitu dengan menambahkan internal link.

6. Share Konten Anda di Media Sosial

Sebagai seorang blogger atau pebisnis tentunya, kita harus memanfaatkan media sosial untuk menarik pembaca lebih banyak yaitu dengan membagikan konten tersebut ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Kalau konten Anda ternyata memberikan value bagi teman-teman di media sosial, kemungkinan besar mereka juga akan senang hati melakukan re-share konten tersebut dan jangan lupa menambahkan tombol sosial media di setiap konten Anda untuk lebih memudahkan pembaca Anda membagikan konten tersebut di media sosial.

Ini adalah cara paling mudah untuk membantu mengoptimalkan blog untuk pembaca Anda dan tentunya akan memberikan benefit dari sisi SEO. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel