-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Penggunaan Google Scholar

5 tips penggunaan google scholar

Sekarang, teknologi kini semakin memberi kemudahan bagi siapa saja yang menggunakannya. Termasuk bagi pelajar, mahasiswa dan pekerjaan yang berkaitan dengan data-data penting dan sebagainya. Dengan adanya Google Scholar dinilai sangat membantu profesi tersebut dalam berbagai penelitian maupun penulisan.

Bagaimana memaksimalkan Google Scholar?

Mencari penulis dengan mudah

Dengan Google Scholar ini, kamu bisa mencari referensi mengenai artikel maupun publikasi berdasarkan nama penulisnya. Biasanya, satu penulis dapat membuat karya lebih dari satu sehingga kita sering kali lupa dengan judul tulisan dan hanya menghafalkan nama penulisnya.

Kamu tidak perlu khawatir, karena di Google Scholar kamu bisa mencari dengan berdasarkan nama tersebut.

Maksudnya, penulis bernama Edy yang menulis mengenai dunia digital marketing, maka kamu bisa mengetiknya dengan 'Edy Digital Marketing'. Alangkah baiknya bila kamu menulis nama penulisnya secara lengkap.

Pencarian berdasarkan publikasi

Di Google Scholar kamu bisa mencari dengan mengetikkan judul dan memilih kategorinya. Misalnya kalau kamu mencari artikel atau publikasi mengenai ulasan mengenai manajemen. Maka akan muncul banyak artikel dari semua artikel yang terdata.

Kalau ingin menyempitkan pencarian di sebuah jurnal, kamu bisa mengetikkan kata 'manajemen-jurnal manajemen'. Lebih mudahnya kamu harus melakukan banyak percobaan agar ketika kamu mencari pencarian selanjutnya semakin mudah dan tulisan dapat ditemukan.

Cari berdasarkan tahun dan tanggal terbit

Terkadang ada beberapa judul buku atau tulisan dan pengarang yang sama, tulisan tersebut memiliki tahun yang berbeda. Dari tulisan tersebut biasanya sudah direvisi dengan baik dari segi isi maupun materi oleh pemiliknya. Artinya Google Scholar akan muncul versi yang sebelum dan sesudah direvisinya. Oleh karena itu, kamu perlu mencari berdasarkan tanggal terbitnya.

Meskipun Google Scholar tidak menampilkan tanggal penerbitan, namun akan muncul tahun penerbitan dari artikel maupun publikasi yang kamu cari. Pencarian dengan menggunakan tahun terbit sangat berguna kalau kamu mencari perkembangan terbaru dalam bidang tertentu.

Agar tulisan muncul di Google Scholar

Jangan khawatir, dengan adanya Google Scholar kamu pun juga bisa mempublikasikan artikel agar semakin dikenal oleh orang lain. Caranya kamu masuk ke akun Google dan mengisi formulir pendaftaran.

Tips bagi kamu yang ingin tulisanmu banyak dijadikan referensi selain kualitas dan tampilannya agar terlihat profesional.

Caranya, Profil yang kamu miliki di Google Scholar hendaknya bersifat publik dan memiliki email yang sudah diverifikasi di instansi maupun universitas (bukan alamat email seperti email pada umumnya contohnya gmail.com dan sebagainya).

Langkan Selanjutnya, buatlah akun dengan nama asli kamu dan jangan sesekali menggunakan nama samaran. Karena hal ini, dilakukan agar ketika tulisanmu dijadikan referensi oleh orang lain, kamu akan memiliki kredibilitas yang lebih dibandingkan dengan menggunakan nama samaran.

Cukup mudah bukan untuk memaksimalkan penggunaan Google Scholar?

Untuk dapat terhubung dengan baik, kamu juga perlu memiliki jaringan internet yang mumpuni. Oleh karena itu, kamu wajib memilih penyedia layanan hosting terpercaya di Indonesia.

Semoga penjelasannya ini dapat diterima oleh pembaca dan menerapkannya. Terima kasih sudah mengunjungi artikel saya. Jika kamu ada pertanyaan atau saran, jangan sungkan untuk memberikan komentar kalian.
... ...