-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Startup? Dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

apa itu startup

Pengertian Startup

Tahukah Anda tentang apa itu Startup? Mungkin sebagian orang belum memahami bisnis startup ini.

Menurut sumber informasi dari Wikipedia, startup adalah merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Dari definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa Startup diartikan sebagai perusahaan yang baru dikembangkan. Bisnis startup mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak. Namun, bisnis startup ini identik dengan teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Sejarah Bisnis Startup

Nyatanya penggunaan istilah startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, website, internet, dan lainnya, terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com.

Lalu apa lagi buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu perusahaan gencar-gencarnya membuka website pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dengan waktu itulah, startup muncul dan berkembang sampai saat ini.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Saya pun mencari informasi dan menurut berbagai sumber tentang Startup ini, akhirnya ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat di golongkan sebuah startup. Silahkan baca beberapa karakteristik perusahaan Startup berikut ini:
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website

Dari beberapa karakteristik tersebut mungkin lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan website. Namun, faktanya perkembangan perusahaan yang dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan online.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Di Indonesia perkembangan bisnis Startup bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan di Indonesia. Jika merujuk pendapat dari dailysocial, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga kelompok, menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial yaitu;
  1. Startup pencipta game
  2. Startup aplikasi edukasi
  3. Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi

Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini, dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan perkembangan media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan sosial game semakin besar. Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit.

Sekarang banyak berdiri komunitas founder-founder Startup di Indonesia, diantaranya adalah;
  1. Dlingo Digital Valley (dlingodigitalvalley(dot)com) Bandung
  2. Stasion (stasion.org) Malang
  3. Dilo (dilo.id) Surabaya 
  4. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Hadirnya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk saling sharing dan membimbing bahkan untuk menjaring para investor. Para founder dapat mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Telkom untuk menjadi investor mereka.

Hal yang paling utama dan Anda perhatikan untuk mendirikan bisnis Startup adalah tim yang solid, karena bisa memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Startup Mentor di Silicon Valley. Molly mengatakan bahwa hampir semua Startup gagal, namun dari kegagalan itu tidak harus dipandang sebagai sesuatu yang negatif karena masih banyak sisi postif lainnya.

Maksudnya, jika founder Startup gagal saat melakukan eksekusi maka akan berkesempatan untuk belajar sesuatu yang baru seperti konsep trial dan eror pada umumnya.

Nah, berikut ini pasti Anda tahu Startup lokal yang sudah sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Saya berharap semoga Startup lokal di Indonesia bisa terus bertambah sehingga bisa merambah pengguna internet di Internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Sebagai penutup, saya sajikan video wawancara dengan CEO Urbanesia mengenai perkembangan Startup yang ada di Indonesia.

... ...