Cara Melakukan Riset Keyword untuk Blog dan Website

panduan SEO riset keyword

Apa itu riset kata kunci dan analisa kompetisi?

Pengguna melakukan pencarian di mesin pencari web menggunakan kata kunci atau keyword, dan memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Dengan bantuan Tools dari Google, kita bisa melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang populer atau kompetisi yang rendah.

Pentingnya riset kata kunci

Dari awal karir saya sebagai Blogger, karena dulu memang belum mengerti tentang riset kata kunci dan bahkan saya membuat topik yang tidak ada pencarinya.

Saya memutuskan untuk melakukan penelusuran di beberapa website dan membaca artikel tersebut. Hehehe

Ternyata Blogger juga pernah merasakan hal yang sama. Padahal artikel yang dia buat peringkat 1 hasil pencarian Google tapi kenapa tidak mendapatkan trafik?

Jadi kesimpulannya…

Riset kata kunci itu penting agar kita tidak membuang waktu dan capek-capek membuat artikel lalu akhirnya tidak ada yang membaca.

Lalu apa yang dimaksud dengan analisa kompetisi?

Untuk blog atau website masih baru atau pondasi SEO belum kuat, ada kalanya kita perlu mengincar kata kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.

Artikel ini hanya pengenalan terhadap keyword research dan hubungannya terhadap SEO, kalau kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai topik ini. Silahkan menuju panduan khusus untuk keyword research

Melakukan Riset keyword dengan Google Keyword Planner

Tools favorit saya dalam melakukan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.

Alasannya, Karena gratis dan fitur yang disediakan lengkap. Selain itu, Google Keyword Planner adalah milik Google dan tentunya lebih akurat.

Sebelumnya, Login untuk mendapatkan keyword gratis

kata kunci

Untuk melakukan riset kata kunci caranya cukup mudah:
  1. Masukkan keyword kamu
  2. Pilih target negara
  3. Pilih bahasa
  4. Klik 'get ideas'

Selanjutnya, kamu akan diarahkan menuju halaman berikut:

Kata Kunci

Gambar diatas, bisa kita lihat bahwa ada 10 rb - 100 rb orang yang mencari dengan kata kunci atau keyword digital marketer dalam sebulan.

kalau saya ganti dengan strategi digital ternyata hasilnya 100 - 1 rb, ini artinya yang mencari digital marketer lebih banyak daripada strategi digital.

Mencari kata kunci dengan persaingan yang rendah

Dalam melakukan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik website baru mengincar persaingan yang rendah. Ini karena website baru biasanya belum memiliki pondasi yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaing dengan website yang besar.

Long tail keyword

Satu hal yang perlu kamu kenal mengenai riset keyword yaitu kata kunci berekor panjang atau long tail keyword.

Google keyword planner juga menampilkan jumlah pencarian dari kata kunci sejenis.

Misalnya, dari gambar diatas, selain kata kunci digital marketer juga ada kata kunci yang lain seperti strategi digital.

Dari sini, kalau kita mengoptimasi website untuk keyword digital marketer, maka hanya ada  1 rb - 100 rb pencari perbulan. Tapi kalau kita mengoptimasi untuk  maka total pencariannya 1.1 rb - 101 rb.

Semua keputusan, balik lagi ke tangan kamu dan relevan atau tidaknya konten Anda dengan long tail keyword yang ada.

Tunggu dulu…

Website yang dimonetisasi dengan produk afiliasi atau berupa toko online, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.

Sebagai contoh orang yang mencari 'kaos polos dengan 'sablon kaos. Contoh pertama biasanya hanya ingin mencari informasi, sementara yang kedua berniat ingin membeli.

selanjutnya, masuk ke penjelasan tentang Content marketing SEO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel