Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Gmail yang Penuh

Cara Mengatasi Kapasitas Penyimpanan Gmail yang Penuh

Anda pasti tahu bahwa layanan Google Mail atau Gmail memiliki penyimpanan yang terbatas, bukan? Meski begitu, Anda masih merasa Gmail Anda tak ada masalah dan masih bisa menerima banyak e-mail. Ada saatnya penyimpanan tersebut akan penuh.

Tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi Gmail yang penuh dan tidak bisa lagi menampung pesan masuk. Berikut ini adalah cara cepat yang akan memudahkan pengguna mengelola kapasitas Gmail yang hampir penuh. 

1. Bersihkan File di Google Drive dan Google Photos

Bagi Anda yang tidak dapat menerima e-mail dari pengguna lain, kemungkinan penyimpanan Gmail Anda sudah habis. Secara default, Google sudah memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB pada setiap akun Google.

Tetapi, total kapasitas itu harus dibagi dengan beberapa layanan Google, seperti Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Misalnya, Anda memiliki 8GB foto yang diunggah ke Google Foto atau Drive, maka otomatis ruang yang tersedia untuk Gmail adalah 7GB.

Anda dapat menghapus beberapa foto atau mengkosongkan data Anda pada Google Drive atau Google Photos. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan ruang penyimpanan pada Gmail Anda.

2. Bersihkan Email Promosi

Email promosi ini akan muncul karena Anda memiliki akun atau aplikasi tertentu. Biasanya, email promosi ini dibutuhkan untuk mendapatkan informasi baru tetapi karena jumlahnya cukup banyak jadi 
membuat Gmail penuh.

Cara cepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Contohnya, ketikkan kata kunci "promosi (bisa sebut merek)" atau layanan yang sering mengirimkan notifikasi serta pesan iklan.

Nantinya, email yang dicari akan muncul berdasarkan kata kunci. Silahkan Anda hapus seluruh e-mail tersebut dengan men-centang kotak kecil di sisi atas.

3. Bersihkan Email yang Berukuran Besar

Cara Mengatasi Gmail Penuh

Cara lainnya adalah dengan menghapus berbagai file e-mail yang memiliki ukuran besar. Memang, mayoritas ukuran e-mail cenderung kecil, tapi mungkin saja Anda pernah mengirim beberapa file gambar dengan ukuran yang besar.

Nah, untuk menghapus file dengan ukuran besar caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk pada kolom pencarian, klik "tampilkan opsi pencarian" yang berada pada bagian kanan kolom pencarian seperti gambar diatas.

Selanjutnya, atur jenis file yang ingin dihapus berdasarkan ukuran dan waktu dengan meng-klik kolom "lebih dari", ukuran dan satuannya. Sebagai contoh, "25 MB", dan "cakupan tanggal" peneriamaan e-mail mulai dari sehari hingga setahun.

4. Bersihkan Sampah di Gmail

Cara selanjutnya adalah membersihkan sampah di Gmail. Perlu Anda ketahui bahwa email yang sudah Anda hapus tidak otomatis hilang dengan cepat. Email tersebut akan berada di folder sampah dan baru akan dihapus secara otomatis dalam kurun waktu 30 hari setelah dihapus.

Agar Gmail Anda tidak penuh maka Anda dapat menghapus atau kosongkan folder sampah di Gmail. Dengan cara ini, akan membuat email yang ada didalamnya terhapus permanen dan ruang penyimpanan tidak akan penuh lagi.

5. Bersihkan Email Lama

Biasanya e-mail ini sudah lama dan tak penting lagi. Dari banyaknya e-mail ini terkadang membuat penuh ruang penyimpanan Gmail Anda. Cara mengatasinya, klik pencarian dan klik "tampilkan opsi pencarian", lalu pilih kolom "cakupan waktu". Anda pilih jangkauan waktu penerimaan e-mail, seperti sehari hingga setahun.

6. Membeli Ruang Penyimpanan Tambahan

Cara terakhir adalah meng-upgrade kapasitas akun Google Anda. Pengguna Google dapat membeli salah satu paket penyimpanan melalui aplikasi Google One.

Google sudah menyediakan berbagai opsi paket mulai dari Rp 269.000 per tahun. Paket tersebut memberikan kuota penyimpanan sebanyak 100 GB yang dapat Anda manfaatkan sebanyak mungkin untuk menyimpan berbagai file dan email.

Tak hanya itu, Google juga menawarkan paket lain yaitu paket standart sebanyak 200 GB dengan harga Rp 430.000 per tahun dan paket 2 Terabyte dengan harga Rp 1.350.000 per tahun. Anda bisa melihat paket dari Google One.