-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekonomi Manajerial - Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Tujuannya

Pengertian-Ekonomi-Manajerial-Ruang-Lingkup-Fungsi-Tujuan

Masmalven.com - Apa itu Ekonomi Manajerial? Ekonomi Manajerial (Managerial Economics) adalah penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan yang membahas tentang organisasi agar mencapai tujuan dengan cara efektif dan efisien.

Pada artikel sederhana ini, kami akan membahas secara tuntas topik seputar managerial economics. Berikut beberapa hal diantaranya:
  • Definisi ekonomi manajerial
  • Ruang lingkup managerial economics
  • Contoh penerapan ekonomi manajerial

Yuk simak, pembahasan lebih jauh tentang managerial economics, ruang lingkup, fungsi dan tujuannya. Pastikan Anda membaca artikelnya sampai akhir.

Definisi Ekonomi Manajerial

Definisi ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan analisis pengetahuan dalam mengambil suatu keputusan untuk mengidentifikasi bagaimana cara organisasi dapat mencapai tujuannya secara lebih efisien.

Ekonomi Manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis seperti akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia hingga produksi.

Untuk penerapannya, ekonomi manajerial menggunakan teori ekonomi dan ekonometrika untuk pengambilan keputusan manajerial yang rasional oleh suatu perusahaan.

Ilmu ekonomi manajerial ini sering dikaitkan dengan teori ekonomi yang merupakan "Teori Perusahaan", yang menyatakan bahwa tujuan utama suatu perusahaan adalah memaksimalkan kekayaan.

Pada umumnya, proses pengambilan keputusan dalam ekonomi manajerial akan melibatkan beberapa hal, yaitu:
  • Penetapan tujuan perusahaan
  • Identifikasi masalah
  • Pengembangan dengan solusi alternatif
  • Memilih alternatif terbaik
  • Implementasi suatu keputusan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa ekonomi manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan dengan cara yang paling efektif dan efisien.

Berikut penjelasan bagaimana managerial economics berkolerasi dengan pengambilan keputusan manajerial, lihat gambar dibawah ini.

Kerangka-Ekonomi-Manajerial

Pengertian Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli

1. Evan J. Douglas
Menurut Evan J. Douglas, ekonomi manajerial merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/organisasi.

2. Campbell R. McConnell
Menurut Campbell R. McConnell, ekonomi manajerial adalah alat analisis yang penting bagi manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Ekonomi manajerial merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

3. Mark Hirschey
Menurut Hirschey "2003", ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi sebagai metode untuk pengambilan keputusan manajerial dan administratif.

4. Dominic Salavatore
Menurut Dominic Salavatore "1996", ekonomi manajerial adalah pengetahuan atau wawasan yang menunjukkan adanya teori ekonomi dan analisis terhadap pengambilan keputusan berdasarkan teori ekonomi tersebut untuk menganalisa bagaimana bisnis dapat mencapai tujuan dengan efisien.

5. Paul G. Keat
Menurut Paul G. Keat "2000", ekonomi manajerial adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial
Jika mengacu pada pengertian managerial economics yang sudah dijelaskan diatas, maka dalam penerapannya terdapat ruang lingkup ekonomi manajerial diantaranya:

1. Teori Ekonomi
Dengan adanya teori ekonomi dapat dijadikan pedoman dalam proses pengambilan keputusan. Teori ekonomi terdiri dari teori ekonomi makro dan ekonomi mikro.

Teori Ekonomi mikro termasuk dalam teori tentang pengambilan keputusan berdasarkan tingkah laku ekonomis seperti pemilik sumber daya, sistem perdagangan bebas dan konsumen individu.

Teori ekonomi Mikro juga membahas mengenai sistem pengambilan keputusan berdasarkan output, pendapatan, investasi, konsumsi, lapangan pekerjaan, dan agregat ekonomi.

2. Pengambilan Keputusan
Prinsip managerial economics berdasarkan pada alokasi terhadap sumber daya yang langka, mulai dari prinsip " Man, Money, Material, Method".

Peranan ekonomi manajerial ini dalam pengambilan keputusan manajerial harus menerapkan teori dan metode ekonomi. Dari keduanya dikolaborasikan dengan alat-alat dan teknik analisis ekonomi untuk pemecahan masalah manajerial secara optimal.

3. Ilmu Keputusan
Matematika dan ekonometri atau statistik ini dapat dijadikan sebagai model keputusan yang betujuan utnuk menentukan langkah optimal perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ilmu Administrasi Bisnis
Ilmu administrasi dalam bisnis dapat dijadikan latar belakang teori dalam pengambilan keputusan, seperti keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran hingga manajemen produksi.

Fungsi dan Tujuan Ekonomi Manajerial
Berikut beberapa peran dan tujuan managerial economics yang diterapkan dalam sebuah bisnis:

1. Alat Evaluasi
Managerial economics dapat dijadikan sebagai alata evaluasi jika terjadi pergantian manajer baru. Dengan hal ini, maka manajer baru dapat mempelajari apa saja yang kurang dan apa yang bisa dilanjutkan dari strategi ekonomi manajerial yang sebelumnya dilakukan oleh manajer lama.

Tentu di era baru akan membawa market baru yang lebih kompetitif dalam dunia bisnis sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan lama.

2. Membantu Manajer Menyelesaikan Masalah
Managerial economics ini sangat membantu sebagai alat untuk melakukan analisis dalam pengambilan keputusan yag dilakukan oleh manajer.

Seperti yang kita tahu bahwa kemajuan ekonomi akan menimbulkan terjadinya perubahan dalam kondisi pasar. Dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan pembaruan kebijakan sebagai upaya mengembangkan perusahaan atau bisnis yang lebih efektif.

3. Mengatur Keuangan
Pengetahuan ini dapat digunakan untuk mengatur sistem keuangan yang baik. Managerial economics penting untuk mengindentifikasi biaya-biaya penting dan biaya-biaya yang tidak perlu sehingga perusahaan dapat terhindar dari defisit.

4. Mengetahui Lingkungan Industri, Perusahaan, dan Perekonomian
Ekonomi manajerial juga berperan penting dalam aktivitas analisis lingkungan industri, perusahaan, maupun perekonomian. Dengan analisis lingkungan maka akan mengetahui keadaan konsumen, pemasok dan kompetitor.

Tidak hanya itu, perusahaan juga perlu melakukan analisis lingkungan dimana produk mereka akan dikeluarkan. Analisis lingkungan ini yang sangat diperlukan dalam tahap pengambilan keputusan, dan nantinya perusahaan akan menghasilkan keputusan bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

5. Mendapatkan Keuntungan Perusahaan
Seperti yang sudah saya jelaskan dalam "Teori Perusahaan", bahwa tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk memasimalkan kekayaan. Dengan adanya strategi managerial economics diharapkan dapat menganalisis hal-hal yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Contoh dari Pelaksanaan
Kita bisa lihat pada kegiatan di Rumah Sakit yang melakukan aktivitas merawat pasien. Tentu Rumah Sakit harus memiliki informasi yang akurat tentang jumlah pasien yang ditangani setiap hari.

Tidak hanya itu, Rumah Sakit juga harus memiliki standar prosedur bagaimana dokter, perawat dan pekerja di Rumah Sakit tersebut dapat bekerja secara berkesinambungan dan bergantian dalam kurun waktu tertentu.

Untuk mendapatkan kinerja yang optimal maka harus diawali dengan keputusan yang tepat mengenai standar prosedur kerja. Sehingga potensi terjadinya kesalahan dan kekurangan dapat diminimalisir.

Kesimpulan
Dari penjelasan diatas, managerial economics ini sangat penting sebagai strategi yang paling efisien dan efektif untuk menjalankan suatu bisnis.

Dari ilmu tersebut akan sangat membantu para manajer perusahaan dalam menemukan solusi rasional dari hambatan yang dihadapi dalam kegiatan perusahaan.

Demikian penjelasan secara lengkap terkait ekonomi manajerial mulai dari pengertian, ruang lingkup dan fungsi, dan tujuannya dalam strategi bisnis. Semoga bermanfaat!
... ...