Ini 5 Tren Teknologi di 2020, Mulai dari Kecerdasan Buatan hingga 5G


Masmalven.com - Teknologi memang berkembang sangat pesat. Di tahun 2020 ini, ada teknologi yang diprediksi akan semakin populer dan bisa mempengaruhi kehidupan manusia.

Dilansir dari Venturebeat, dunia akan melihat transformasi terkait bagaimana teknologi berdampak pada kehidupan manusia. Berikut ini adalah tren teknologi teratas yang akan mempengaruhi manusia.

Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan buatan ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Teknologi ini sangat populer berkat tumbuhnya ekosistem perangkat, seperti Alexa, Siri, dan Google Assistant. Di tahun 2020, emotion recognition dan computer vision diharapkan akan berkembang dan AI mulai digunakan untuk bidang manukfaktur.

Internet of Things (IoT)

Internet of Things ini tampaknya akan mengalami peningkatan berkat munculnya 5G. Jumlah perangkat yang terhubung dan aplikasi IoT utama diharapkan akan semakin berkembang.

Beberapa perangkat yang menggunakan teknologi IoT dan machine vision, seperti Amazon Go. Kemungkinan, konsumen untuk berbelanja tanpa harus memeriksa secara manual.

Beberapa startup seperti Standard Cognition, Accel Robotics, Grabango, Trigo, dan AiFi menyediakan layanan serupa Amazon Go.

Pemrosesan Komputer

Jika teknologi sensor dan AI semakin meningkat, maka dibutuhkan lebih banyak data serta membuat keputusan tanpa mengirimkan data ke cloud.

Untuk mendukung kecanggihan tersebut, maka diperlukan chip AI berperforma tinggi.

Chip ini dikenal sebagai chip neuromorfik atau otak, meniru struktur otak dan memproses algoritma AI teratas.

5G

Kompetisi 5G antara Amerika Serika dan China tampaknya memasuki panggung utama di tahun 2020. Akan ada kompetisi baru tentang siapa yang dapat mendorong 5G lebih cepat ke penggunaan konsumen massal.

Seperti yang diketahui, 5G memungkinkan internet yang lebih cepat dibandingkan teknologi 4G.

Kendaraan Otomatis

Kendaraan otomatis tampaknya akan semakin populer di tahun 2020. Beberapa mobil Tesla memiliki fitur atau mode autopilot di jalan raya. Tapi ini hanya memungkinkan hingga level 2 (dukungan mengemudi) atau level 3 (dioperasikan oleh pengemudi dalam keadaan darurat).

Teknologi ini untuk memahami kondisi jalan terperinci oleh AI yang sedang berkembang. Startup Prophesee (Prancis), Preceptive Automata (AS) dan Humanising Otonomi (Inggris) menjadi startup terdepan untuk merealisasikan teknologi ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel