9 Aktivitas Ini Bisa Merusak Otakmu dan Membuatmu Jadi Pelupa

9-aktivitas-ini-bisa-merusak-otak-dan-membuat-jadi-pelupa

Masmalven.com - Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh kita. Tak hanya menjaga kemampuan fisik, tapi otak juga memegang peran 'kunci' sebagai penjamin kesehatan mental.

Otak yang tak sehat akan memberikan gangguan gangguan kedua hal tersebut. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat merusak otak kita.

1. Tidak berolahraga

tidak-olahraga

Berolahraga dapat melancarkan aliran darah dan membawa lebih banyak oksigen ke otak.

Menurut Medicalnewstoday, otak akan terus mengerut tiap 10 tahun sebesar lima persen dan hal itu bisa dicegah dengan cara berolahraga.

Karena dengan berolahraga kemampuan memorimu akan lebih terjaga.

2. Terlalu banyak meminum suplemen

terlalu-banyak-minum-suplemen

Berolahraga itu lebih baik daripada meminum suplemen. Nah, meminum banyak suplemen bisa dikatakan memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh dan otak kita.

Menurut Mayoclinic, suplemen tidak sepenuhnya sehat dan malahan memberikan risiko terkena penyakit.

3. Merokok

merokok

Merokok berbahaya itu karena kandungan nikotinnya. Karena, nikotin akan mengubah otakmu dan membuat korteks makin menipis.

Dari hasil penelitian yang disebutkan pada Listverse, mengatakan bahwa jika korteks perokok jauh lebih tipis daripada non-perokok. Korteks sendiri adalah tempat otak memproses memori, bahasa, dan persepsi dari manusia.

4. Meminum alkohol

minum-alkohol

Meminum alkohol terlalu banyak bisa meracuni otak. Berdasarkan Mayoclinic, meminum alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan gagal jantung.

Akhirnya, ini akan berimbas kepada aliran darah di tubuh dan menyebabkan otak tak dapat asupan oksigen yang baik.

5. Terlalu banyak gula

terlalu-banyak-gula

Mengonsumsi Gula dalam tubuh dapat memproduksi hormon dopamine di otak. Hal itu akan menyebabkan kamu tidak bisa berhenti mengonsumsi gula dan itu bisa berakhir kepada kasus diabetes.

Penyakit diabetes ini nantinya akan mengganggu kinerja komunikasi yang ada di otak.

6. Kurang tidur

kurang-tidur

Tidur merupakan cara alami bagi tubuh untuk mengistirahatkan otak. Melalui tidur, kamu bisa melepaskan racun-racun yang ada dalam otak dan membentuk memori baru.

Kurang tidur? maka otak tak mampu membentuk memori baru dan semakin lama membuat otak menjadi tumpul.

Yang sering begadang, kurangi ya dan usahakan tidur 8 jam sehari.

7. Tak bersosialisasi

tidak-bersosialisasi

Menurut artikel dari AARP, menyebutkan jika berteman dan bersosialisasi menjadikan kamu pintar. Dengan bersosialisasi dengan orang sekitar bisa menjaga mentalmu untuk tetap waras dan menjauhkan diri dari dementia serta alzheimer.

Itu sudah terbukti melalui riset dari American Journal of Public Health, yang menunjukkan bahwa perempuan lanjut usia yang banyak bersosialisasi memiliki risiko lebih kecil terkena dementia.

8. Tidak minum obat jika tidak diperlukan

tidak-minum-obat-jika-tidak-diperlukan

Ada situasi dimana kamu harus meminum obat untuk alasan yang baik. Misalnya, kalau kamu terkena tekanan darah tinggi atau diabetes. Dosis obat yang terlewatkan bisa menyebabkan otak rusak dikarenakan darah yang berjalan tidak lancar.

9. Terlalu sering melamun

terlalu-sering-melamun

Memang, melamun ada nilai positifnya untuk menambah daya kreativitas dan imajinasi seseorang. Tetapi jika kamu sering melamun maka itu akan merusak daya ingatmu.

Menurut laman dari Psychologicalscience, menuliskan sebuah hasil eksperimen dan menyebutkan jika kamu terlalu sering melamun atau tepatnya menaruh memori di suatu tempat yang jauh maka kamu pun semakin lebih susah mengingat.

Jika ingin otakmu tetap sehat, maka kamu harus menghindari segala hal yang sudah disebutkan diatas.

Mulailah berolahraga walau itu hanya olahraga ringan dan bersosialisasilah dengan lingkungan sekitar Anda. Perbanyak juga membaca buka karena selain menambah pengetahuan, dengan membaca akan melatih otakmu juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel