Cara Belajar Menulis di Blog Untuk Blogger Pemula

Belajar Menulis di Blog

Masmalven.com - Kalau bicara Belajar Menulis, yang ada di benak pertama kali pasti sesuatu yang menyenangkan atau bahkan sesuatu yang membosankan. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang menulis saja bisa menghasilkan uang. Benar bukan?

Pada artikel kali ini saya kembali membahas tentang Blogger yang dimana bukanlah hal yang asing saat ini. Banyak penulis baru yang bertebaran dan ingin sukses menggeluti dunia Blogger. Tujuan utama mereka memang Google Adsense tapi terkadang banyak yang mengabaikan Trik dan Cara mendapatkannya. Ada yang sudah diterima oleh Google Adsense tetapi mengeluh karena Penghasilan tak kunjung berhasil.

Sebenarnya ada banyak faktor untuk bisa menulis di Blog dengan baik bahkan bisa bersaing di Beranda Google. Nah, salah satu faktor utamanya adalah usia Blog itu sendiri. Selain itu, kualitas konten yang di sajikan juga berpengaruh pada minat pembaca.

Belajar Menulis di Blogger

Bagaimana cara mengoperasikan Blogger? Tentunya kita harus belajar menguasai dashboard Blogger terlebih dahulu. Untuk tampilannya tidak jauh berbeda dengan Ms.Word baik cara mengetiknya ataupun fungsi di menu atas.

Sebelum memulai menulis tentu kita perlu mempersiapkan tools yang tepat. Seperti Komputer atau Laptop dengan kecepatan yang cukup agar saat menulis loading dari Komputer tidak mengganggu kita. Jaringan Internet yang standart supaya saat kita menulis artikel tidak hilang dan bisa tersave otomatis ke Draft.

Sebenarnya kita bisa menggunakan Smatphone atau IPAD yang kita miliki tetapi hasilnya pasti kurang maksimal. Kita juga tidak bisa dengan leluasa mengedit artikel terutama menambahkan link Internal dan link Eksternal. Saran saya, jika kita ingin menekuni Blogger gunakan Laptop atau Notebook.

Jika alatnya sudah ready maka selanjutnya ada beberapa Tips sebelum menulis artikel. Silahkan Anda simak beberapa Poin ini agar dalam penulisan artikel dapat menghasilkan sesuatu yang baik.

1. Riset Keyword

Sebelum kita melakukan Riset Keyword tentunya kita perlu bantuan sebauh Tools atau sebuah situs tertentu. Ya kan? Kita juga bisa menggunakan yang Berbayar atau Gratisan. Pastinya untuk memulai Anda perlu Tools yang Gratis. Untuk Tool Gratisan saya sering menggunakan Ubbersuggest. Anda bisa pilih kata kunci yang sedikit Persaingan dan memiliki Volume Pencarian Besar.

2. Pembuatan Judul yang Tepat

Judul pada sebuah artikel juga sangat mempengaruhi banyaknya pengunjung yang datang ke Blog kita dari Search Engine. Buatlah judul yang tepat sasaran dan jangan mencoba membuat Judul yang tidak sesuai dengan isi artikel.

3. Buat Kerangka Artikel

Untuk mempermudah proses penulisan artikel tentu kita perlu membuat Kerangka Artikel terlebih dahulu. Fungsinya, agar dalam penulisan artikel kita bisa mengatur pembahasan setiap paragraf. Selain itu, dengan adanya kerangka artikel ini maka kita bisa dengan mudah membuat kalimat setiap poin-poin yang dibahas.

4. Menulis Artikel yang dikuasai

Jika kita menguasai sebuah materi tertentu yang akan kita buat maka bisa dengan mudahnya kita merangkai sebuah kalimat. Jang mencoba menulis sebuah cerita yang sebenarnya tidak kita ketahui bahkan mengarangnya tanpa ada pengalaman yang pernah kita lakukan. Jika hal itu terjadi, maka Blog kita bisa tidak dibaca bahkan ditinggalkan oleh Pembaca.

5. Cari Waktu yang Tepat

Anda bisa menulis di Pagi Hari atau pada malam hari sekitar jam 19.00. Dengan Mood atau suasana yang tepat maka saat kita menulis tidak ada beban yang kita pikul. Lokasi tempat menulis juga berpengaruh jadi silahkan Anda pilih tempat yang tenang dan sepi.

Jika Anda sudah memahami Tips sebelum menulis diatas maka selanjutnya kita mencari jenis materi yang bisa dibuat tulisan. Ada banyak contoh yang bisa kita jadikan referensi dalam menulis terutama Anda yang sering kehilangan ide bahkan tidak bisa menulis.

1. Menulis Puisi, Cerpen dan Pantun

Jangan Anda bilang konten Puisi, Cerpen, Pantun sedikit peminatnya di beranda Google. Anda bisa mencari dan melihat di pencarian kata kunci Pantun di Google yang sudah mencapai jutaan. Jika Anda suka membuat Puisi, Cerpen, atau Pantun maka silahkan Anda lanjutkan karena pastinya banyak yang suka membacanya.

2. Menulis Tentang Aktivitas Pekerjaan

Untuk menulis tentang pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tentu akan sangat mudah karena kita sudah menguasainya. Salah satu contohnya, jika kita kerja di Toko Sepatu pastinya kita akan mengetahui Jenis dan Harganya. Coba buatlah konten tersebut karena tidak bisa dipungkiri sebelum orang membeli sepatu pastinya mencari dulu di Google tentang Jenis dan Harganya.

3. Menulis tentang Pengalaman Pribadi

Nah, bagi Anda yang suka jalan-jalan ke sebuah tempat Wisata bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat artikel. Kita bisa review tempat tersebut mulai dari Rute, Fasilitas, dan Harga. Anda juga bisa membuat artikel tentang Pengalaman Pribadi membuat Rekening di Bank.

4. Menulis tentang Skill yang dimiliki

Tidak banyak orang yang memiliki Skill yang bagus. Bagi Anda yang memiliki skill tertentu tentunya bisa mencoba menuangkannya dalam sebuah tulisan. Contohnya, kita bisa mengoperasikan Photoshop dan Corel Draw. Kita bisa membuatkannya dalam bentuk tutorial. Memang cari ini agak sedikit ribet karena harus banyak menyiapkan Gambar Tutorialnya.

5. Rewrite Artikel dari Blog Lain

Khusus bagi Anda yang sudah Profesional dalam menulis artikel di Blog tentunya untuk melakukan Rewrite Artikel sangat mudah dilakukan. Untuk Anda yang masih pemula, Anda perlu melakukannya berulang kali agar lancar dalam penulisannya. Jangan sekali-kali untuk Copas, Edit dan Spin artikel karena itu merupakan tindakan yang sangat merugikan bagi Penulis aslinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel