Tips Mengenali Pelanggan Potensial di Bisnis Anda

Tips Mengenali Pelanggan Potensial di Bisnis Anda

Pada dasarnya bisnis tidak hanya sekedar mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Tapi juga memerlukan seni dan insting agar bisnis yang dijalankan dapat bertahan dari berbagai persaingan maupun perkembangan zaman. Seni yang harus kita kuasai dalam menjalankan bisnis adalah seni yang mengenali pelanggan mana yang potensial bagi bisnis.

Alangkah baiknya bila kita menyimak tips mengenali pelanggan potensial di bisnis Anda berikut ini:

1. Selalu Perhatikan Bahasa yang Digunakan oleh Calon Pelanggan

Mungkin ini bisa menjadi hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Berbagai kemajuan komunikasi yang canggih juga membuat calon pelanggan lebih leluasa untuk menggunakan telepon, aplikasi chatting atau SMS untuk menghubungi Anda. Yang harus di perhatikan kita adalah bagaimana gaya bahasa si calon pelanggan.

Memang hal ini butuh waktu untuk mempelajarinya. Dari pengalaman tersebut akan membuat lebih terampil dalam menemukan calon pelanggan yang sungguh-sungguh ingin membeli. Contohnya seperti jika customer menanyakan "Selamat sore, kaos polos KOZE ukuran XL masih ada stok? Untuk harganya bisa nego?".

Dengan itu tentu kita bisa membedakan mana yang sungguh-sungguh ingin membeli dan mana yang hanya bertanya untuk membandingkan harga di toko Anda dengan toko lain. Hal ini akan semakin kita ketahui setelah banyak menerima pertanyaan dari konsumen.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Biasanya kita menemukan calon pelanggan yang senang mengobrol dan banyak bercerita tentang kekecewaannya saat membeli di toko lain. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengambil hati calon pelanggan. Cobalah untuk jadi pendengar yang baik sambil sesekali menanggapi obrolan tersebut.

Jangan lupa untuk menjelaskan bahwa bisnis Anda dapat memberikan jaminan dan menjaga kepercayaan para pelanggan. Dengan ini, calon pelanggan tersebut akan merasa dihargai dan akhirnya berminat membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dari segi keuntungan menjadi pendengar konsumen yang baik adalah kita mungkin akan mendapatkan masukan atau ide pengembangan bisnis yang lebih baik.

3. Ekspresi Merupakan Cerminan Hati Calon Pelanggan Anda

Anda dapat memperhatikan mimik dan gesture tubuhnya, apakah mereka merasa nyaman atau tidak jika calon pelanggan datang langsung  ke toko Anda. Jika kita berkomunikasi dengan calon pelanggan melalui SMS, telepon atau aplikasi chatting, kita bisa mencoba mempelajari intonasi suara atau penggunaan emoticon yang mereka lakukan. Dengan ini, kita bisa dapat dengan cepat menemukan cara agar mereka merasa lebih nyaman ketika berbelanja.

4. Catatlah Saran dan Kritik yang Diberikan Calon Pelanggan Anda

Dengan saran dan kritik hendaknya tak membuat Anda marah atau naik pitam dalam menjalankan sebuah bisnis. Berterima kasihlah karena saran dan kritik yang diterima dapat kita manfaatkan untuk membangun bisnis menjadi lebih baik lagi. Kalau kita memberikan contoh produk atau portofolio kepada calon pelanggan, dan mereka menanggapi, mengkritik atau memberikan saran secara detail dapat dipastikan bahwa mereka akan menjadi pelanggan Anda.

Bersabarlah dalam menghadapi setiap tipe dari pelanggan Anda, karena ada pelanggan yang aktif, ada pelanggan yang sabar, ada pelanggan yang cerewet, dan berbagai jenis pelanggan lainnya. Jadikanlah saran dan kritik mereka sebagai sebuah catatan penting bagi perbaikan bisnis Anda.

5. Manfaatkan Media Sosial

Pebisnis modern bisa memanfaatkan social media sebagai media pemasaran dan media komunikasi dengan calon pelanggan. Karena tak sedikit pelanggan yang memiliki komunikasi chat via social media. Coba amati dengan cermat jenis media sosial apa saja yang sangat potensial untuk dijadikan media pemasaran. Dengan mengenal karakter pengguna media sosial dapat membuat kita lebih lancar dalam menjalankan strategi pemasaran.

Saya berharap tips diatas dapat membantu Anda untuk menemukan calon pelanggan yang potensial. Rezeki dapat datang dari mana saja tanpa kita ketahui. Jadi, jagalah kesopanan dan keterampilan saat melayani calon pelanggan Anda. Niscaya bisnis Anda akan terus berkembang dan menjadi pemenang di persaingan pasar. Terima kasih atas kunjungan Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel