Masa Kuliah Masa Terbaik Untuk Mulai Belajar Berbisnis

Belajar Berbisnis

Menjadi mahasiswa adalah tahapan dimana siswa menjalani pendidikan formal pada jenjang tertinggi. Dari tahapan tersebut, menjadi mahasiswa bisa juga disamakan dengan menapaki tangga terakhir sebelum masuk ke dunia kerja.

Bagi mereka yang memilih untuk melanjutkan ke bangku perkualiahan tentunya mendambakan mendapat pekerjaan yang layak dan sesuai dengan bidang ilmu yang ia jalani.

Namun saat ini pemikiran bahwa masa perkualiahan adalah waktu untuk menunggu datangnya pekerjaan tampaknya sudah mulai tak berlaku. Banyak mahasiswa atau anak muda yang sudah mulai belajar berbisnis. Setelah lulus, mereka yang sudah mempunyai bisnis sendiri akan berkembang jauh lebih cepat dibanding mahasiswa "polos" lainnya.

Pertanyaannya, mengapa masa perkuliahan bisa disebut sebagai masa terbaik memulai belajar berbisnis? Saya akan menjelaskan beberapa alasannya:

1. Sarana yang Memadai

Alasan pertama adalah adanya dukungan sarana dan prasarana yang cukup. Tentunya, sebagai mahasiswa kita mempunyai akses yang luas terhadap berbagai sarana perkuliahan seperti perpustakaan hingga laboratorium praktik. Hal tersebut bisa membantu kita mendapatkan ilmu serta menjalankan proses pembentukan bisnis pertama kita.

Dukungan lainnya juga pasti datang dari rekan mahasiswa serta dosen. Tanpa kita sadari sebenarnya ratusan bahkan ribuan rekan mahasiswa tersebut merupakan subyek yang tepat untuk melancarkan usaha kita. Contohnya, mereka bisa menjadi subyek survey, teman berdiskusi, sumber ide, hingga tester produk yang akan kita buat.

2. Tak Takut Gagal

Banyak orang yang mengatakan bahwa masa muda merupakan masa yang berapi-api. Mahasiswa yang berbisnis biasanya mempunyai semangat serta energi yang besar untuk berkembang dan mencoba hal baru. Jika merujuk dalam membangun bisnis, salah satu resiko dalam membangun usaha adalah kegagalan dan ini tidak bisa ditampilkan oleh siapapun orang yang ingin terjun di dunia bisnis.

Ini bukan berarti anak muda bisa sembrono dalam memulai usaha. Usaha buat perencanaan yang matang serta kehati-hatian yang cukup dalam menjalaninya.

3. Menjadi Modal Memasuki Dunia Kerja

Alasan ketiga mungkin lebih tepat bagi mereka yang ingin masuk pada dunia profesional sebagai pegawai. Menjalankan usaha dan memiliki pekerjaan dengan gaji tetap tentunya membuat hidup terasa lebih aman. Ya kan?

Bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan selepas kuliah, mempunyai usaha yang cukup mapan bisa menjadi penghias protofolio kita. Sedikit gambaran, bayangkan jika tim seleksi perusahaan tentunya akan memberi apresiasi serta poin plus saat kita menjadi owner sebuah brand usaha.

4. Kesempatan Meniti Imperium Bisnis Sejak Dini

Untuk menjalankan sebuah bisnis tentu kita mendambakan usaha tersebut dapat berkembang pesar bahkan hingga saat besar. Impian seseorang tersebut bukanlah hal yang berlebihan "muluk-muluk" jika kita memang mempunyai tujuan yang jelas.

Anda pernah mendengar istilah "rich before 30"? Siapa yang tidak ingin mempunyai perusahaan bisnis yang besar sebelum usia 30 tahun. Jika itu tujuan kita, masa perkuliahan adalah waktu yang paling sempurna untuk memulainya. Contoh nama besar pengusaha dunia yang memulai membangun perusahaan bisnisnya sejak perkuliahan seperti pemilik Facebook, Mark Zuckerberg.

5. Kepuasan Diri

Untuk mencapai keberhasilan sebuah bisnis atau setidaknya bisa mandiri dengan usaha sendiri tentunya dapat memberikan kepuasan pribadi yang tidak terkira. Nantinya akan membuat hati serta pemikiran kita dapat berjalan dengan lebih tenang dan nyaman.

Semoga beberapa hal diatas bisa menjadikan motivasi bagi kita yang belum memulai usaha dan dorongan yang sudah menjalankannya. Selagi masih muda tentunya kita harus bekerja keras serta mengerahkan segala kemampuan kita. Selamat berbisnis!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel