-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

6 Keuntungan Memiliki Website Toko Online

Untuk memulai bisnis online memang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Tapi jangan lantas Anda tidak memikirkan modal sama sekali ketika terjun ke dunia bisnis online. Jika Anda sudah punya modal bisa dialokasikan pada kebutuhan yang lain untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih besar. Ketika Anda sedang menjalankan bisnis jual beli online, mengeluarkan sedikit modal untuk menambah pemasukan dalam online shop pastinya bukanlah hal yang buruk.

Selama Anda berjualan dan menawarkan produk Anda lewat situs marketplace, tidak ada salahnya mencoba membuat website toko online sendiri. Meskipun Anda sudah memiliki banyak lapak di berbagai marketplace, tidak ada salahnya mencoba membuat toko online sendiri untuk memperkuat branding terhadap produk Anda.

Inilah 6 keuntungan memiliki website toko online sendiri, diantaranya:

1. Lebih Profesional dan Terpercaya

Produk Anda akan semakin terlihat lebih profesional dan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan memiliki sebuah website. Apabila bisnis online Anda selalu "nebeng" di marketplace gratis, maka tidak akan bisa mengangkat brand produk Anda. Karena Anda harus bersaing dengan bisnis online lainnya. Dengan profesionalitas sebuah bisnis online mudah sekali terlihat dengan memaksimalkan sebuah website.

2. Keamanan Lebih Terjamin

Anda tidak akan pernah tahu seberapa lama sebuah marketplace bisa bertahan. Memang ada beberapa kasus tutup nya sebuah marketplace secara tiba-tiba. Inilah yang bisa kita jadikan pelajaran untuk selalu mempersiapkan kemungkinan terburuk dalam sebuah bisnis. Nah, tutupnya sebuah marketplace pasti sangat merugikan bagi para pengelola toko online yang ada di dalamnya.

Bayangkan, Anda sudah menghabiskan waktu dan tenaga untuk membangun etalase, namun tiba-tiba tutup. Anda sendiri yang menentukan dan jauh lebih aman jika memiliki sebuah website toko online.

3. Lebih Efektif dan Efisien Dalam Mengelola Produk

Keuntungan lain yaitu Anda bisa mengatur sendiri produk Anda tanpa ada yang ikut campur. Anda pun bisa memaksimalkan fasilitas yang ditawarkan dalam sebuah website yang Anda bangun. Untuk pangsa pasar Anda juga akan jauh lebih tertarget dan terarah pada produk Anda sendiri. Anda bisa menerapkan prinsip efisiensi dan efektifitas dalam website toko online Anda.

4. Kontrol Penuh Terhadap Toko Online Anda

Kalau Anda bergabung ke dalam marketplace, tentunya banyak aturan yang harus Anda penuhi. Jika Anda mempunyai website toko online sendiri, Anda yang mengatur semuanya seperti memajang barang atau produk secara bebas.

Ini adalah toko online Anda sendiri, Anda bisa menampilkan deskripsi, maupun katalog dan harga secara bebas. Hal ini tidak bisa kita dapatkan dari marketplace, karena tidak bisa memberikan kebebasan dan keleluasaan yang lebih terhadap setiap etalase yang ada di dalamnya.

5. Laporan Keuangan Otomatis

Jika Anda memiliki website toko online sendiri, Anda tidak perlu berpikir untuk menyewa seorang akuntan karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Kalau sewaktu-waktu Anda ingin memeriksa laporan keuangan, itu bisa dilakukan bahkan hanya dengan satu klik saja. Nah, fasilitas tersebut sudah satu paket dalam sebuah website toko online. Sangat praktis bukan, bahkan memudahkan Anda dalam melakukan cek keuangan secara rutin pada toko online Anda.

6. Anda bisa Menentukan Nama Domain

Nama domain dalam sebuah website adalah suatu yang sangat penting dan harus Anda perhitungkan dengan baik. Kebebasan dalam menentukan sebuah nama domain bisa menjadi kunci sukses Anda dalam berbisnis online.

Kalau Anda berjualan di berbagai marketplace, alamat URL etalase Anda tentu akan selalu diikuti dengan marketplace yang Anda tempati.

Saya ambil contoh, "www.marketplace.com/tokoanda" itu Alamat URL toko Anda jika berada dalam sebuah marketplace. Alamat itu tentu tidak terkesan profesional jika dibanding dengan "www.tokoanda.com". Jika Anda sudah memiliki website toko online sendiri, Anda bisa membuat toko online di marketplace lainnya dan ini yang disebut menambah cabang.

Demikian artikel tentang 6 keuntungan memiliki website toko online sendiri. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.
... ...