-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Digital Printing: Usaha Percetakan yang Menjanjikan

bisnis-digital-printing

Jaman sekarang, berbagai inovasi dari teknologi semakin berkembang pesat. Memang pada beberapa bidang teknologi percetakan sedang menurun, tetapi tidak dengan dunia kreatif yang menjanjikan teknologi printing yang semakin berkembang.

Bisnis digital printing adalah bisnis percetakan yang cukup menjanjikan karena memiliki prospektif dan terus berkembang. Dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi komputer serta percetakan saat ini, tidak heran jika banyak desain-desain menarik yang bermunculan. Akhirnya membuat bisnis digital printing pun semakin banyak diminati.

Peluang Bisnis Digital Printing yang Menguntungkan

Bisnis digital printing bisa dikatakan sebagai bisnis yang sangat mengerti akan kebutuhan masyarakat. Berikut ini adalah peluang usaha digital printing yang cukup menguntungkan:

Direct to Garment

Direct to Garment (DTG) adalah bisnis percetakan kaos. Di Indonesia, bisnis ini sudah berkembang sangat pesar dan merupakan salah satu usaha yang paling menguntungkan. Dari segi pengoperasian dan hasil sablon yang bagus membuat bisnis ini semakin diminati.

Banyak bisnis digital printing kaos yang menerapkan sistem Custome atau sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya kaos dipesan untuk keperluan intuisi pendidikan atau kantor yang ingin membuat seragam.

Stiker

Jenis bisnis ini beragam. Mulai dari cutting stiker buat kaos, mobil, motor, helm, hingga kaca yang digunakan untuk menghias penampilan.

Untuk bisnis stiker, Anda membutuhkan mesin cutting sticker yang bisa digunakan sebagai mesin pencetak pakaian. Mesin ini membutuhkan bahan khusus yang akan ditempelkan menggunakan press kaos dan hotgun agar bahan tersebut dapat melekat dengan sempurna.

Mug

Anda tahu apa itu mug? Mug merupakan gelas yang biasanya diberi gambar atau desain khusus. Bisnis ini juga memerlukan mesin press mug, yang nantinya digunakan untuk mencetak desain menggunakan printwer dengan tinta sublim. Dengan tinta sublim, akan di tempelkan pada mug sebelum akhirnya di press agar gambar dapat menempel pada mug.

Pin

Walaupun barangnya kecil, tapi siapa sangka jika pin memiliki banyak peminat. Biasanya pin ini dipesan khusus saat musim liburan dan kampanye. Bisnis pin juga memerlukan mesin press pin.

Mesin press pin akan bekerja menggunakan kertas injek yang sudah dicetak dengan desain bulat menyerupai pin. Ssetelah itu tinggal ditempelkan pada pin dan di press menggunakan mesin press pin.

Stempel

Jangan salah, bisnis stempel ini cukup menggiurkan karena banyak yang menggunakan stempel. Bisa untuk bukti pelunasan pembayaran atau pengesahan sebuah dokumen.

Cara Memulai Bisnis Digital Printing

Banyak pemula yang merasa kebingungan harus memulai bisnis dari mana. Berikut ini adalah cara memulai usaha digital printing.

Persiapkan Modal

Hal utama adalah modal. Coba buat rincian mengenai barang-barang apa saja yang Anda butuhkan selama menjalankan bisnis. Jangan lupa mencantumkan modal untuk penentuan lokasi yang strategis.

Bisnis digital printing bukanlah bisnis musiman ya.. karena akan selalu ada pelanggan yang membutuhkan digital printing. Tak bisa dipungkiri jika Anda akan sibuk memperoleh banyak orderan.

Penentuan Lokasi Bisnis

Lakukan penentuan lokasi pada bisnis Anda dan pastika lokasi bisnis Anda merupakan lokasi yang strategis. Bagi pemula seperti UKM, Anda bisa memulai lokasi yang banyak dilalui orang. Hal ini untuk memudahkan akses untuk pelanggan, lokasi tersebut diharapkan mampu mempermudah strategi promosi.

Tentukan Target Pasar

Target Anda bisa saja dari kalangan remaja ataupun dewasa dan saat mendapatkan banyak orderan hal tersebut akan menuntut Anda untuk bekerja lebih baik agar menghasilkan kualitas yang baik pula.

Memilih Mesin Digital Printing Untuk Bisnis Anda

Coba lakukan kunjungan ke toko mesin digital yang sudah terpercaya dan konsultasikan mengenai mesin apa yang cocok dengan bisnis Anda. Usahakan cari mesin yang sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Melakukan Pemasaran

Anda bisa melakukan promosi melalui offline seperti menyebar brosur atau WOM (Word of Mouth) dan Online seperti melalui media sosial. Promosi melalui media sosial merupakan cara yang cukup efektif karena bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Jangan lupa untuk memberikan diskon atau bonus untuk pemesanan dalam jumlah banyak. Cara ini dilakukan agar Anda bisa menarik pelanggan baru atau memberikan kepuasan kepada pelanggan lama.

Bersaing dengan Kompetitor

Dalam dunia bisnis, Persaingan merupakan hal yang tak bisa dihindari. Karena Anda harus siap untuk bersaing secara sehat dengan para kompetitor. Buatlah ciri khas dan kelebihan usaha Anda seperti kualitas yang baik dengan harga yang sangat terjangkau supaya konsumen tertarik.

Tips Memulai Bisnis Digital Printing dengan Modal Kecil

Memulai bisnis digital printing sangat mungkin dilakukan meskipun Anda hanya memiliki modal pas-pasan. Tidak semua bisnis digital printing harus mengeluarkan modal besar. Berikut ini adalah tipsnya.

Target Pasar Maupun Konsumen

Penentuan target pasar tetap harus dilakukan meski Anda memulai bisnis hanya dengan modal kecil. Penentuan target pasar bisa dilhat lokasi bisnis yang Anda miliki. Kalau toko Anda buka di kawasan perkantoran, maka pasar Anda merupakan karyawan dari beberapa perkantoran tersebut.

Pilih Jenis Mesin Digital Printing

Pilihlah mesin digital printing yang hemat, terutama dalam hal tinta. Jangan sampai Anda terus-terusan menganti karena ini akan menghasilkan kualitas yang buruk. Alangkah baiknya, pilih mesin dan tinta yang pemakaiannya sedikit namun tetap memiliki kualitas cetak yang baik.

Pilih Mesin Digital Printing dengan Kecepatan Software Terbaik

Dengan memilih software yang baik dapat membantu Anda mengatur pengeluaran tinta. Hal ini nantinya akan membantu printer dalam penyemprotan tinta di titik yang diinginkan.

Kelebihan Bisnis Digital Printing

Kecanggihan teknologi dapat memberikan banyak sekali kemudahan. Dulu bisnis percetakan hanya dilakukan dalam jumlah yang besar karena proses produksi memerlukan biaya yang sangat mahal. Seiring kemajuan teknologi, untuk mencetak bisa dilakukan secara bebas, baik satuan maupun ribuan. Prosesnya pun bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit saja.

Memang kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang yang dicetak seperti banner, stiker, kartu nama, dan lainnya menjadikan bisnis digital printing sebagai bisnis yang sangat menjanjikan. Asalkan Anda fokus dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen.

Media yang bisa digunakan untuk Bisnis Digital Printing

Media Flexi

Media ini biasa digunakan untuk beragam kebutuhan seperti baliho, billboard, banner, giant banner, maupun spanduk.

Media Stiker

Ada 2 media stiker yakni Gloss dan Matte/Doff. Media ini biasanya digunakan untuk iklan mobil, branding mobil, branding bus dan juga ditempelkan di dinding dengan menggunakan triplek melamin.

Media One Way Vision

Media ini seperti stiker dan biasa ditempelkan di bagian kaca seperti kaca mobil, kaca bus, kaca kantor, dan kaca gedung. Media ini berbeda ya dengan stiker biasa, karena One Way Vision tidak akan menghalangi pandangan Anda.

Media Wallpaper

Ini merupakan salah satu media baru yang memberikan keleluasaan dalam mendekor ruangan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Mesh

Media Mesh ini mirip dengan media Flexi. Yang membedakan adalah bahannya yang berlubang karena pada umumnya bahan ini digunakan untuk membuat iklan-iklan yang ditempel di gedung-gedung yang tidak menggunakan konstruksi seperti billboard.

PVC Banner

Media baru yang digunakan untuk banner agar media ini tampak rapi dan tidak melengkung.

Backlite Film

Media ini untuk aplikasi neonbox di dalam ruangan tanpa serat media.

Photo Paper dan PP Paper

Media ini digunakan untuk mencetak foto, sedangkan PP Paper digunakan untuk banner.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Hal penting adalah Anda harus berusaha dan selalu konsisten terhadap bisnis yang akan atau sedang Anda jalani. Terima kasih atas kunjungan Anda.
... ...