4 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Go Online

Bisnis Go Online

Seperti yang kita ketahui, bisnis online saat ini memang sangat menggiurkan dan merajai pasar. Banyak perusahaan memiliki sebuah website untuk bertransaksi dengan pelanggan atau hanya sekedar memperkenalkan bisnis mereka.

Apa sih Go Online itu?

Pada dasarnya bisnis go online bisa diartikan mengembangkan sebuah bisnis yang sebelumnya masih berjalan di ranah offline seperti lewat toko fisik atau tempat usaha lainnya menuju sistem penjualan online lewat toko online atau sering kita sebut dengan e-Commerce.

Pertanyaan mendasar adalah kenapa Anda harus Go Online ketika bisnis yang dijalankan secara offline sudah berkembang dengan memuaskan. Perkembangan dunia usaha saat ini sudah begitu dinamis.

Siapa yang gagal atau stagnan, itulah yang tertinggal.
Inilah jawaban dari bisnis Go Online.

Khusus untuk Anda yang ingin memulai bisnis baru atau startup, dan ingin mengembangkan bisnis offline ke dunia online, sangat disarankan untuk memulainya sesegera mungkin.

Berikut ini adalah ulasan mengenai 4 alasan mengapa kita harus membawa bisnis Go Online:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Alasan pertama, mengapa Anda harus mengubah bisnis offline ke bisnis online adalah untuk meningkatkan citra bisnis Anda. Nah, tanpa adanya blog/website atau keberadaan online sama sekali, pelanggan atau klien Anda bisa mempertanyakan keseriusan bisnis Anda.

Kenapa begitu? Pasalnya, saat ini perusahaan dari berbagai industri sudah melebarkan sayap mereka ke dunia digital. Jika bisnis Anda tidak hadir secara online maka kemungkinan prospek terbaik sekalipun dapat meragukan Anda.

2. Memperluas Jangkauan Pasar

Bisa kita bayangakan saat menjalankan bisnis secara offline, tak jarang jangkauan pasar kita mungkin hanya pada wilayah Anda saja. Untuk memperluas jangkauan pasar, banyak pengusaha harus mengeluarkan biaya khusus sebagai biaya promosi seperti papan iklan, brosur atau bentuk media promosi offline lainnya. Jika Anda mengembangkan usaha online lewat toko online, maka semua biaya tersebut bisa Anda hemat. Dengan bisnis online, jangkauan pasar Anda sudah bersifat global yang artinya Anda bisa mendapatkan pasar yang jauh lebih luas dari sebelumnya.

Hal ini bisa terjadi karena sifat dunia maya sebagai media menyebar informasi yang sangat cepat dan efektif. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Jutaaan bahkan milyaran orang mencari berbagai macam keperluan di dunia maya, dan dengan beberapa usaha optimasi yang dikenal dengan istilah SEO usaha Anda bisa dilihat oleh para pengguna yang sedang membutuhkan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Ini dikarenakan sifat keterkaitan menjadikan dunia maya makin potensial untuk mengembangkan usaha Anda. Contohnya, satu situs memasang link atau alamat yang mengarah langsung ke situs yang lain, situs lain memasang link lain, dan begitu seterusnya saling berkaitan. Anda bisa bayangkan, potensi yang bisa dikembangkan dari sini, jika link bisnis Anda tersebar luas maka Anda bisa menunggu sambil minum kopi menanti pesanan datang. hehehe

3. Mudahnya mendapatkan Pelanggan Baru di Internet

Manfaat lain dari bisnis online ini adalah mudahnya Anda mendapatkan pelanggan baru. Anda bisa melihat potensi yang semakin berkembang dari situs jejaring sosial atau sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Dengan memanfaatkan situs jejaring sosial bisa membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli baru.

Caranya adalah berikan kesan positif pada satu pelanggan Anda dan lambat laun pelanggan yang lain akan datang berkat referensi yang di posting ke jejaring sosial oleh pelanggan Anda yang puas. Anda bisa manfaatkan sosial media seperti Facebook Fanpage yang bisa menyempurnakan atau mengembangkan usaha online Anda semakin luas.

Dengan komunitas online bisa menjadi lahan basah untuk menjaring lebih banyak pelanggan baru. Jika seorang anggota komunitas online mendapatkan referensi usaha yang bagus, maka mereka pasti akan mendiskusikan dengan anggota komunitas lainnya. Yang terpenting adalah masuk ke komunitas atau forum yang tepat dan sesuai dengan usaha Anda.

4. Usaha Anda Lebih Profesional

Ketika kita mengembangkan sebuah bisnis tentunya berharap usaha kita bisa terlihat profesional. Membuat sebuah website atau mengembangkan toko online bisa membuat usaha kita bisa lebih dikenal dan personal branding melalui nama alamat website bisa menjadi contoh. Kenyataanya, saat telinga kita akan lebih peka jika mendengar nama sebuah brand melalui websitenya, misalnya Masmalven.com. Dengan kesan modern dan mengikuti perkembangan dunia digital tersebutlah yang akan membuat usaha kita nampak lebih profesional.

Faktor lainnya adalah tampilan dari toko online usaha kita. Jika toko online Anda terkesan asal-asalan tentu para pelanggan enggan untuk percaya pada bisnis Anda. Sekarang ini, banyak tutorial cara membuat toko online yang baik dan efektif sebagai media usaha Anda.

Kita juga bisa membuat sebuah toko online dengan menggunakan platform blog gratisan seperti Blogspot dan Wordpress, tapi menurut mas malven akan terlihat kurang profesional jika sebuah bisnis masih menggunakan platform gratisan. Jika Anda ingin membangun sebuah website untuk bisnis atau toko online, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website toko online. Untuk biayanya tidak terlalu mahal, beberapa penyedia jasa pembuatan toko online sudah banyak yang menawarkan jasanya dengan fee yang terjangkau.

Demikian artikel sederhana ini, dengan 4 hal tersebut bisa mnejadi alasan utama bagi kita untuk segera Go Online kan usaha Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel