Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Blog Bisnis?

Blog Bisnis

Kehadiran sebuah bisnis di internet saat ini agar dikenal oleh banyak orang, bahkan banyak pengusaha yang meng-online kan bisnis mereka dengan mengeluarkan effort besar dan banyak ruang. Blog dan Website statis adalah dua hal yang berbeda, website bisnis biasanya berbentuk statis sedangkan blog bentuknya dinamis karena selalu ada update konten secara berkala.

Beberapa perusahaan yang sudah memiliki website untuk bisnis mereka bertanya "Bisnis yang saya kelola sudah punya website dan bisnis saya sudah go online. Pelanggan juga bisa melihat informasi perusahaan saya di website tersebut. Kenapa saya harus membuat blog lagi?"

Langkah pertama: Sebaiknya kita tidak menganggap bahwa website bisnis dan blog bisnis adalah dua web yang terpisah. Kita juga bisa menambahkan direktori khusus untuk blog pada website bisnis Anda misalnya, URL website bisnis Anda adalah (nama url bisnis Anda), maka Anda bisa menambahkan direktori baru atau sub domain baru untuk blog sehingga URL nya adalah www.bisnis.com, maka Anda bisa menambahkan direktori baru atau sub domain baru untuk blog bisnis sehingga URL nya adalah www.bisnis.com/blog atau blog.bisnis.com.

Langkah kedua: Konten pada website bisnis biasanya berbentuk statis, jarang atau bahkan tidak ada perubahan yang berarti dalam waktu yang lama. Mungkin saja, Anda membuat informasi tentang bisnis Anda di website bisnis yang statis tersebut sehingga pelanggan dapat melihat informasi lengkap tentang bisnis Anda. Namun, jika tidak ada update konten pada website Anda maka website tersebut tidak akan maksimal di mesin pencari Google atau mesin pencari lainnya. Seperti mesin pencari Google yang lebih mengutamakan website yang selalu mengirimkan konten yang update dalam hasil pencarian mereka.

Langkah ketiga: Website bisnis mungkin saja bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda jika orang-orang mencari berdasarkan kategori tertentu atau nama bisnis Anda. Namun, jika mereka sedang mencari informasi pendukung yang masih berhubungan dengan industri bisnis Anda, kemungkinan mereka tidak akan menemukan website Anda di mesin pencari dan Anda bisa kehilangan calon klien potensial terus menerus.

Keuntungan memiliki Blog Bisnis

Beberapa keuntungan memiliki sebuah blog untuk bisnis, salah satunya atau mungkin beberapa diantaranya akan dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.

1. Memberikan Kemudahan Pada Pelanggan

Tujuan kita membangun sebuah blog untuk bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan pada pelanggan. Ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat membangun konten blog untuk para pelanggan:

A. Membangun konten pada pelanggan potensial; Pastinya Anda ingin meningkatkan jumlah leads atau calon pelanggan pada bisnis Anda. Alangkah baiknya bila konten yang dibangun sesuai dengan target market Anda misalnya, bisnis Anda adalah jasa pembuatan website maka konten yang harus Anda bangun yaitu yang berhubungan dengan website. Misalnya seperti cara merawat website, cara memaksimalkan performa sebuah website, dan lain-lain.

B. Membangun konten untuk membantu klien; Untuk mempertahankan semua klien agar tetap menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Manfaatkan konten blog bisnis Anda untuk membantu klien dalam memaksimalkan produk yang mereka beli dari Anda.

C. Membangun konten untuk subscriber; Calon klien dan pelanggan tetap di bisnis Anda adalah orang-orang yang harus tetap diperhatikan. Berikan konten yang bermanfaat bagi mereka, dan jangan hanya mengirimkan penawaran. Jika Anda saat ini belum membangun email list, maka mulailah dari sekarang.

2. Membantu Untuk Meningkatkan Popularitas di Media Sosial

Di zaman teknologi sekarang ini, siapa sih yang tidak menggunakan media sosial? Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun media sosial misalnya Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Pertanyaannya, apakah bisnis Anda mengalami kesulitan dalam meningkatkan reputasi di media sosial? Dengan konten blog Anda dapat membantu bisnis Anda semakin terkenal di media sosial.

Caranya bagaimana?

Dengan mengirimkan konten di media sosial bisa memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan memasang iklan, tentu ini ada strategi yang harus kita ketahui. Perhatikan juga apa yang harus kita kirimkan ke media sosial, Anda harus mengingat rumus 80/20, artinya hanya 20% dari status di akun media sosial Anda yang mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, jika Anda mengirimkan link blog pada 20% status Anda di sosial media kemungkinan besar orang akan tertarik dengan bisnis Anda dan menjadi fans atau followers di media sosial.

Ketika kita membangun konten dan mengirimkan ke media sosial, pastikan konten yang kita kirim tersebut memberikan value pada fans atau followers di media sosial. Kemungkinan besar secara suka rela membagikan/me-retweet konten tersebut di media sosial sehingga akan semakin banyak orang yang akan melihatnya. Dalam proses ini, secara tidak langsung akan meningkatkan popularitas brand bisnis Anda di internet.

3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Website Bisnis Anda

Mesin pencari seperti Google, lebih mengutamakan web yang selalu up to date dengan konten baru. Caranya yaitu:

A. Sebuah website berkualitas berasal dari konten blog; Google bekerja keras untuk selalu memberikan hasil pencarian yang lebih relevan pada search engine mereka. Sebuah website yang layak untuk mendapat peringkat di Google adalah kualitas kontennya. Untuk membangun konten yang unik dan berkualitas secara continue akan membantu website Anda mendapat peringkat lebih baik di Google.

B. Untuk mendominasi mesin pencari berasal dari konten blog Anda; Cara terbaik untuk terus mendapatkan pelanggan dan klien baru adalah menjaga peringkat website Anda di mesin pencari. User akan mencari informasi tertentu di Google dan konten blog Anda ternyata tampil dengan rangking yang baik, maka hasilnya kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan baru terus menerus dari mesin pencari.

4. Meningkatkan Reputasi Branda Bisnis Anda

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, memiliki blog dapat membantu Anda dalam meningkatkan popularitas brand bisnis Anda secara online. Jika Anda konsisten membangun konten yang bermanfaat bagi orang lain, maka dapat dipastikan bahwa website Anda lambat laun akan menjadi pemimpin di industri yang Anda lakukan/geluti.

Semoga artikel sederhana ini bisa menjawab pertanyaan Anda mengapa blog bisnis itu sangat penting. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel