-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat, dan Dampak Internet

Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat, dan Dampak Internet

Apa itu Internet? Pengertian Internet adalah Suatu jaringan komunikasi global yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem Global Transmission Control sebagai protocol/internet suite (TCP/IP).

Ada beberapa yang menjelaskan bahwa definisi Internet adalah International Network, dimana semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dapat terhubung dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya.

Singkatan dari Internet adalah Interconnection Networking, dimana setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet memiliki identitas unik yang disebut alamat IP (Internet Protocol Address).

Nah, untuk alamat IP pasti memiliki setiap keunikan dimana berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet.

Menurut Para Ahli Tentang Pengertian Internet

Kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli agar lebih memahami apa definisi internet, yaitu:

1. Ned Snell

Menurut pendapat dari Ned Snell, Internet adalah suatu koridor dari berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut bisa diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

2. Sibero

Menurut pendapat dari Sibero, Internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

3. Berners Lee

Menurut Pendapat dari Berners Lee, Internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Merujuk pada konsep , dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

4. Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, Internet adalah suatu media yang digunakan untuk meng-efisiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai aplikasi seperti Web, VoIP, E-mail.

5. O'Brien

O'Brien mengatakan bahwa Internet adalah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat bagi berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling terhubung satu sama lain.

Fungsi Internet

Manusia membutuhkan fungsi penting dari internet, khususnya masyarakat urban di dunia. Berikut ini saya lampirkan beberapa fungsi dari internet:

1. Media untuk Mengakses Informasi

Di jaman Internet sekarang ini adalah era keterbukaan. Maksudnya, dengan kehadiran internet maka manusia lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi penting. Dulu kita sering membaca buku untuk mendapatkan informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui internet. Bahkan, banyak digital atau e-Book yang memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

2. Media Komunikasi

Internet dapat berfungsi sebagai media komunikasi bagi manusia di dunia. Kita bisa melihat dengan munculnya berbagai situs media sosial dan aplikasi yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

3. Media Berkutar Sumber Daya

Banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia, seperti makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, desain, dan lain-lain.

4. Media untuk Mengakses Berita

Kita bisa melihat berbagai peristiwa dan tempat yang ada di seluruh dunia melalui berbagai situs berita online atau media online. Yang terpenting, semua situs berita online di dunia hanya dapat dibuka bila perangkat kita terhubung dengan internet. :)

Manfaat dari Internet Bagi Manusia

Kita sudah mulai memahami pengertian internet dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa itu manfaat dari internet. Ya kan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet secara umum:

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Kita bisa mengakses ilmu pengetahuan kita dengan bantuan internet. Berbagai situs sudah menyajikan ilmu pengetahuan secara langsung untuk menambah wawasan bagi para pengguna internet.

Maksudnya, jika seseorang belajar tentang blogging maka ada berbagai situs yang dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar. Sebaliknya, jika kurang jelas dari situs tersebut Anda bisa menonton tutorial blogging langsung dari YouTube.

2. Komunikasi Lebih Mudah

Dengan kemajuan teknologi, kita bisa komunikasi antar individu di lokasi yang berbeda dengan mudah dan biaya untuk proses komunikasi juga sangat murah hanya bermodalkan paket data.

Biasanya kita melakukan komunikasi dengan memanfaatkan internet seperti chatting, kirim email, media sosial, dan lain-lain.

3. Memudahkan Untuk Berbelanja

Sekarang ini, konsumen online di Indonesia tumbuh begitu cepat dan ini adalah bukti bahwa internet memberikan kemudahan dalam berbelanja secara cepat.

Jika kita lmelihat dari sisi pengusaha, keberadaan internet tentu akan membuat proses pengembangan usaha menjadi sangat mudah, cepat, dan murah. Jadi, jangan heran mengapa bisnis e-commerce di Indonesia berkembang pesat.

4. Memudahkan Dalam Pemasaran Bisnis

Bagi pelaku usaha sudah seharusnya menggunakan internet sebagai media pemasaran. Kelebihan internet marketing dengan pemasaran konvensional, diantaranya:
  • Membidik target market
  • Membangun Brand dengan cepat
  • Biaya pemasaran lebih mudah
  • Bisa menjangkau banyak orang
  • Dan lain-lain

Metode pemsaran online sangat beragam, sehingga para pengusaha tidak kehabisan ide untuk menjelajahi kemungkinan pemasaran terbaik bagi bisnisnya.

5. Memudahkan Dalam Mencari Informasi

Masyarakat sekarang ini sangat terbantu dengan kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet. Contohnya, Kalau seseorang mencari lowongan pekerjaan, maka kita dapat membuka berbagai situs lowongan kerja yang ada di internet.

6. Sebagai Sarana Hiburan

Generasi milenial saat ini, menggemari dunia internet sebagai media/wahana hiburan mereka. Contohnya, YouTube, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Berbagai konten yang disajikan di internet dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, memang selalu memiliki dua sisi yang harus kita sikapi dengan bijak, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dan dampak negatif penggunaan internet bagi masyarakat:

1. Dampak Positif Internet
  • Membantu pelajar mengerjakan tugasnya
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Memudahkan arus informasi dan data
  • Memudahkan dalam melakukan kegiatan kampanye atau promosi
  • Memudahkan mencari informasi atau hiburan untuk mengisi waktu luang
  • Mempererat relasi dan juga pertemanan melalui sosial media
  • Membantu membangun bisnis
  • Memudahkan proses pekerjaan manusia
  • Menciptakan lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru
  • Dan lain-lain

2. Dampak Negatif Internet
  • Pengguanaan waktu yang tidak produktif
  • Potensi kecanduan internet
  • Potensi tindak kejahatan melalui internet/cyber crime, dan penipuan
  • Konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak dibawah umur
  • Munculnya informasi dan berita bohong (hoax)
  • Potensi meningkatnya resiko provokasi antar golongan
  • Potensi isu-isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat
  • Maraknya cyber bullying
  • Menurunnya budaya asli lokal karena proses globalisasi melalui internet

Demikian penjelasan saya mengenai pengertian internet, fungsi, manfaat, dan dampak internet bagi masyarakat secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Terima kasih sudah berkunjung.
... ...