-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internet Marketing: Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pemasaran Online

Pengertian Internet Marketing, Manfaat, dan Kelebihan Pemasaran Online

Masmalven.com - Apa Itu Internet MarketingPengertian Internet Marketing adalah pemasaran yang dilakukan atau menggunakan media internet secara online.

Mungkin dari pemahaman kita tentang internet marketing itu hanya jualan lewat internet. Kalau dilihat dari definisinya tidak salah, karena internet marketing juga pemasaran secara online melalui internet. Kalau kita bicara pemasaran berarti itu bukan hanya penjualan tetapi termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Apa tujuan kita melakukan internet marketing?

Tentu, untuk setiap pebisnis yang ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand agar lebih dikenal.

Hal itu, karena internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk memberikan informasi kepada pengguna internet tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Saya akan membantu menjelaskan dengan cara yang lebih sederhana dan memberikan beberapa contoh bentuk bentuk internet marketing yang biasa dilakukan oleh para internet marketer (pemasaran online).

Internet marketing di bagi menjadi 2 yaitu
  • Sumber Penghasilan
  • Cara Promosi

Berikut ini adalah penjelasan tentang internet marketing diantaranya:

A. Internet Marketing Sebagai Sumber Penghasilan

Jaman sekarang, internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat urban. Mari kita lihat sekitar Anda, hampir dari semua orang sudah memiliki smartphone, bahkan petani pun sudah memiliki Aplikasi WhatsApp di smartphone mereka agar bisa komunikasi atau promosi dagangannya ke pelanggan.

Sekarang pemasaran online bisa dijadikan sumber penghasilan dengan beberapa type bisnis, yaitu PPC (Pay Per Click), PPL (Pay Per Lead), PPS (Pay Per Sale), menjual produk sendiri (Barang dan Jasa), dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah penjelasannya:

1. PPC (Pay Per Click)

Dengan program ini, sudah banyak diikuti oleh pemilik website/blog untuk mendapatkan penghasilan dari properti online mereka, misalnya Blog, Channel YouTube, Forum Online, Portal Berita, dan lain-lain. Penghasilan dari PPC ini berasal dari kunjungan dan juga klik yang dilakukan oleh pengunjung pada sebuah iklan yang ada di sebuah situs.

Banyak publisher atau pemilik situs tersebut akan dibayar jika pengunjung meng-klik situsnya, dimana harga per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh advertiser/pengiklan. Besarnya jumlah penghasilan tergantung pada banyaknya klik iklan dan juga harga klik di bid oleh Advertiser.

Ini merupakan salah satu model bisnis online yang sangat menjajikan dari Program PPC. Berikut adalah beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya:
  • Google Adsense
  • Media.net
  • Infolinks
  • Adnow
  • Propeller Ads
  • Pop Ads
  • Adsense Camp
  • Dan lain-lain

2. PPL (Pay Per lead)

Program PPL ini merupakan program affiliasi dimana penjual/vendor akan memberikan komisi dari setiap kita berhasil mengirimkan leads pada penjual/vendor. Saya ambil contohnya, kita mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, free trial, atau mengisi formulir, dan melalui link affliasi milik kita. Berikut ini adalah salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL yaitu MaxBounty.com

3. PPS (Pay Per Sale)

Dari PPS ini, kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Untuk besarnya penghasilan tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate presentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Berikut ini perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya:
  • Clickbank.com
  • Amazon.com
  • Dan lain-lain

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain

Sekarang ini, untuk menjual sesuatu lewat internet bukanlah sesuatu yang luar biasa lagi karena kita bisa menjual apapun lewat internet baik itu barang maupun jasa. Untuk bisnis offline, kita bisa memasarkannya lewat internet. Contohnya, kita punya usaha jual kue, kita jual saja lewat internet pasti ada yang beli. Tapi dengan syarat harus merubah tampilan gambar dan sesuai dengan gambar yang kita tampilkan lewat online agar konsumen tertarik dengan produk atau jasa kita. :)

Kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk orang lain, baik itu produk fisik maupun produk digital. Kita bisa menjadi reseller atau dropshipper, dengan menjual produk orang lain dan ini merupakan salah satu proses internet marketing. Untuk produk digital, kiat juga bisa menjadi affiliate marketer untuk produk yang dijual orang lain.

5. Lelang Secara Online (Online Auction)

Dengan menggunakan internet sebagai wadah untuk menjual sesuatu milik kita atau orang lain yang akan kita bantu jualkan dengan cara melelangnya. Hal ini bisa menguntungkan karena kita bisa menjual barang tersebut pada orang yang menawar dengan harga tinggi.

Berikut ini adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas pelelangan lewat online:
  • eBay.com
  • Flippa.com
  • Balelang.com
  • Dan lain-lain

B. Internet Marketing Untuk Promosi Online

Promosi online adalah memasarkan produk seperti barang dan jasa kepada konsumen.

Internet adalah sebuah media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

Sekarang banyak cara untuk mempromosikan bisnis melalui media internet, salah satunya adalah melalui SEO (Search Engine Optimization), Email Marketing, Iklan PPC, Mobile Advertising, dan Sosial Media Marketing. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Melalui SEO (Search Engine Optimization)

Menurut saya SEO adalah bentuk promosi online yang sangat efektif. SEO juga membutuhkan keahlian khusus, dan membutuhkan proses dengan waktu yang tidak sebentar. Ada juga, SEO yang membutuhkan biaya untuk melakukan optimasi.

Karena itu, ada banyak pemilik website yang rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa SEO untuk membuat situs bisnis mereka masuk dalam halaman pertama di mesin pencari Google.

2. Melalui SEM (Search Engine Marketing)

Ini berbeda dengan SEO, karena  SEM ini adalah iklan dari PPC (Pay Per Click) yang tayang di situs mesin pencari. Google ini merupakan search engine yang paling banyak digunakan di internet.

Beberapa mastah internet marketing mengatakan bahwa Google Ads adalah metode pemasaran yang tinggi konversinya karena halaman website kita berpeluang besar mendapatkan calon konsumen dari mesin pencari. Dari pilihan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet, kita bisa melihat iklan dibagian atas, samping kanan, dan bawah hasil pencarian di sebuah kata kunci.

Dengan adanya Google Ads, kita sebagai pengiklan harus mengeluarkan uang agar iklan kita tampil di mesin pencari Google. Tentukan harga iklan dengan budget kita.

3. Melalui Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan email sebagai alat bantunya. Jenis dari email marketing ini bermacam-macam, ada direct email, retention email, dan beriklan di email orang lain. Dari proses ini, biasanya sangat efektif karena promosi atau sales letter bisa langsung dikirimkan kepada pemilik akun email tersebut.

Perlu diingat bahwa kita tidak boleh melakukan SPAM karena akan mengganggu orang lain, dan tentunya akan merugikan kita sendiri. Karena pemilik email bisa melakukan unsubscribe atau memasukkan email kita ke dalam daftar SPAMMER.

4. Melalui Mobile Advertising

Mobile advertising ini adalah layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Kita pasti tahu beberapa model mobile ads seperti melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.

5. Sosial Media Marketing

Kita bisa promosi online dengan menggunakan sosial media dengan gratis. Tetapi, tidak semudah yang dibayangkan orang karena banyak beberapa faktor, baik dari pengguna sosial media maupun dari sosial media sendiri.

Di era teknologi ini, pengguna situs media sosial seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram, jumlahnya sudah sangat banyak. Dengan media promosi ini, kita sangat terbantu untuk memasarkan produk apa saja melalui internet.

Banyak internet marketer yang menggunakan media sosil untuk mendulang trafik dan penjualan. Berikut ini adalah beberapa media sosial yang populer saat ini:
  • Facebook Ads
  • YouTube Ads
  • Instagram Ads
  • Twitter Ads
  • Dan sebagainya

Kelebihan dari Internet Marketing

Internet marketing memiliki beberapa manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Berikut ini adalah beberapa kelebihan pemasaran online:
  • Bisa dilakukan selama 24 jam non-stop
  • Jangkauan pasar yang luas
  • Biaya lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional
  • Resiko kerugian lebih kecil
  • Bisa mengukur data konsumen
  • Dan masih banyak lagi

Demikian penjelesan saya mengenai apa itu internet marketing, manfaat, dan kelebihan pemasaran online. Sebetulnya masih ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Sesuaikan beberapa yang paling efektif dan cocok untuk make money atau memasarkan produk/jasa yang ingin dipromosikan.
... ...