Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Telegram Tanpa Izin

Cara Ampuh Agar Tidak Dimasukkan ke Grup Telegram Tanpa Izin

Pasti ada yang pernah dimasukkan grup tanpa izin di Telegram, benar bukan? Anda juga tidak merasa bergabung atau familiar dengan grup tersebut. Anda juga tidak tahu siapa orang yang sudah iseng menambahkan akun Telegram ke grup tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada "penyusup" yang berniat jahat seperti investasi bodong, menyebarkan malware melalui grup atau mengirimkan grup dengan banyak pesan spam.

Memang, secara default fitur grup Telegram memang mengizinkan siapa pun dapat mengundang orang lain ke dalam grup. Meskipun pengundang dan yang diundang tidak saling mengenal atau ada dalam daftar kontak.

Tak perlu khawatir, ada cara untuk mencegah akun Telegram Anda dimasukkan ke grup tanpa izin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Silahkan buka aplikasi Telegram

2. Anda klik "Menu/ikon garis" tiga di pojok kanan atas.

3. Anda klik "Setting/Pengaturan".

4. Anda pilih "Privasi dan Keamanan".

5.  Anda pilih "Grup".

6. Anda pilih "Kontak Saya" untuk membatasi siapa saja yang bisa mengundang Anda ke dalam grup Telegram.

7. Untuk Anda yang ingin menambah keamanan, pilih opsi "Tambahkan Pengecualian" yang ada di bawah.

8. Jika Anda ingin menghendaki akun tertentu yang bisa mengundang Anda ke grup, pilih "Selalu Izinkan", lalu pilih "kontak yang diinginkan".

9. Namun, jika Anda tidak menghendaki akun tertentu untuk menambahkan ke grup, pilih "Jangan Izinkan" dan pilih "kontak yang ingin diblokir".

10. Kemudian, klik tanda "Centang" dan selesai.

Cara Mencegah Diundang Masuk ke Grup Telegram Tanpa Izin

Bagaimana kalau sudah terlanjur masuk ke dalam grup yang tidak diinginkan dan keluar dari grup tersebut? Berikut cara-caranya:

1. Silahkan Anda buka grup yang tidak diinginkan.

2. Anda klik titik tiga di pojok kanan atas.

3. Anda pilih "Hapus dan Tinggalkan Grup".

Demikian langkah-langkah yang bisa Anda coba. Dengan bergitu, Anda tidak terus menerus dimasukkan ke dalam grup Telegram tanpa seizin Anda. Selamat mencoba:)