-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Kini Luncurkan Fitur Belanja di Grup dan Live Shopping

Facebook Kini Luncurkan Fitur Belanja di Grup dan Live Shopping

Masmalven.com - Kini Facebook semakin fokus untuk mengembangkan fitur belanja di platformnya. Beberapa fitur yang diluncurkan Facebook, yaitu Shops in Group (belanja di dalam grup), rekomendasi produk, dan Live Shopping bagi para kreator.

Fitur Shops in Group ini memungkinkan admin grup Facebook mengelola toko online yang ada di laman Facebook yang mereka ikuti. Admin grup Facebook juga bebas menentukan bagaimana mereka mengelola keuntungan yang didapat dari fitur belanja di dalam grup.

Dirangkum dari Mas Malven dari Tech Crunch, sebuah laman grup Facebook yang bergerak di bidang edukasi mengenai gurita bernama OctoNation, menyebut bahwa keuntungan penjualan diberikan ke halaman grup Facebook.

Hal itu berdasarkan dari pengalaman mereka yang sudah menguji coba fitur ini lebih dulu.

Fitur Belanja di Grup Facebook

Tetapi, bagi grup yang tidak memiliki tujuan filantropi yang jelas, hal tersebut mungkin akan kesulitan.

Menurut Yulie Kwon Kim, Wakil Presiden Manajemen Produk Meta (nama baru Facebook), mengatakan bahwa kebanyakan admin grup Facebook merupakan sukarelawan. Fitur belanja di dalam grup ini bisa menjadi saluran pundi-pundi bagi grup tersebut.

"Uangnya akan diberikan ke admin grup dan mereka bisa menentukan bagaimana mereka menggunakannya. Ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk mempertahankan dan menjaga grup agar tetap hidup," ungkap Kim kepada Tech Crunch.

Dalam acara Facebook Communities Summit, Facebook pernah mengungkap rencananya untuk memberikan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memonetisasi grup. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah Shops, Penggalangan dana, dan berlangganan.

Facebook juga mengatakan, banyak pengguna yang meminta fitur rekomendasi produk, akhirnya Facebook mengabulkan fitur tersebut dihadirkan.

Cara kerja fitur ini adalah ketika ada pengguna yang menyebut nama sebuah produk yang terdaftar di fitur belanja Facebook, mereka bisa menge-tag atau menyematkannya di komentar.

Facebook Kini Luncurkan Fitur Belanja di Grup dan Live Shopping 2
Fitur Rekomendasi dari Facebook. (Facebook/Tech Crunch)

Rekomendasi produk unggulan dari grup itu akan muncul di linimasa. Fitur terakhir, yaitu fitur Live Shopping yang sebenarnya sudah ada beberapa tahun belakang. Tetapi, berhubung kolaborasi antara brand dan kreator semakin kuat saat ini, Faceboom menyempurnakan fitur ini untuk membuat kolaborasi antar brand dan kreator lebih mulus.

Kini influencer tidak perlu lagi mengarahkan pengikutnya menuju laman lain untuk melihat produk yang mereka tawarkan. Para kreator dan brand juga bisa langsung cross-stream (lintas streaming) di kedua halaman Facebook.

Fitur ini mulai tersedia hari ini di Facebook versi web dan mobile untuk platform iOS maupun Android. Pihak Facebook juga semakin gencar merilis fitur belanja menjelang musim belanja akhir tahun.

Biasanya, di Amerika Serikat atau sebagian besar negara lain, liburan Natal dan Tahun Baru menjadi musim yang tepat untuk berbelanja karena tersedia banyak diskon menarik.
... ...