Bos Instagram Ungkap Alasan Swipe Up Diganti Menjadi Link Sticker

Bos Instagram Ungkap Alasan "Swipe Up" Diganti Menjadi "Link Sticker"

Masmalven.com - Pada Agustus 2021, Instagram resmi mengubah cara menyematkan tautan di Instagram Stories, dari menggunakan fitur "Swipe up" menjadi "Link Sticker".

Para pengguna Instagram yang sudah terbiasa menggunakan fitur "Swipe up", mungkin akan bertanya-tanya mengapa Instagram menghilangkan fitur ini dari IG Stories dan mengubahnya dengan stiker berisi tautan alias tautan ke situs web lain.

Bagi yang penasaran, CEO Instagram, Adam Mosseri mengatakan alasan dibalik keputusan tersebut dalalm video pendek yang diposting di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri.

Fitur Stiker link ini memberikan kesempatan berinteraksi dengan konten Stories

Alasan Pertama, dari penggantian MEKANISME menggesek atas menjadi Link stiker. Menurut Mosseri adalah agar para pengguna differences interact dengan IG cerita yang link yang disematkan sekalipun.

Mosseri juga menjelaskan, saat link disematkan menggunakan fitur swipe up, pegguna harus mengusap layar ke atas untuk mengaksesnya, untuk kemudian dialihkan ke situs yang dituju oleh tautan.

Swipe up ini membuat para penggunanya kehilangan kesempatan dan pengalaman untuk membalas atau memberikan reaksi terhadap postingan IG Stories tersebut.

Dengan adanya stiker link ini, followers masih dapat merespons unggahan Instagram Stories dengan memberikan komentar melalui Direct Message (DM) atau reaksi berupa emoji.

"Link sticker ini, kami ingin memastikan bahwa Anda masih dapat memiliki interaksi secara bermakna semacam itu dari IG Stories," ungkap Mosseri dalam postingan video di akun @mosseri.

Stiker tautan lebih kreatif dan konsisten

Alasan Kedua, penggantian swipe up menjadi link sticker adalah untuk memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna.

"Link sticker juga memberikan Anda kontrol yang lebih kreatif atas pengalaman di IG Stories. Tujuannya adalah memberi Anda kendali kreatif atas konten Anda," tambah Mosseri.

Alasan Ketiga, model stiker ini paling cocok digunakan untuk melihat perkembangan Instagram saat ini.

Mosseri juga mengungkapkan, sekarang IG Stories sudah menjadi cara utama bagi para pengguna untuk membagikan aktivitasnya di Instagram, bukan lagi melalui lini masa utama (feed) seperti dulu.

"Jadi, stiker ini konsisten dengan cara kerja Instagram secara keseluruhan," kata Mosseri


Stiker tautan dapat digunakan oleh semua pengguna Instagram tanpa batas pengikut minimal

Fitur "swipe up" ini hanya memungkinkan orang menautkan tautan di Instagram Stories ini terbilang eksklusif karena dapat digunakan oleh pengguna Instagram dengan jumlah pengikut diatas 10.000.

Dikarenakan jumlah pengikut minimum inilah fitur "swipe up" biasanya hanya dapat digunakan oleh influencer, pengguna akun bisnis, atau akun yang sudah terverifikasi.

Saat "swipe up" diganti jadi stiker link per 30 Agustus pun masih sama aturannya. Tetapi hanya pengguna dengan pengikut diatas 10.000 saja yang bisa menggunakan stiker link.

Menariknya, pada akhir Oktober lalu, Instagram memutuskan untuk membuat fitur link sticker tersedia dan bisa diapakai oleh seluruh pengguna Instagram, tanpa ketentuan jumlah pengikut minimal lagi.

"Jika kita ingin menjadi platform yang harus mengurangi ketidaksetaraan, maka kita adil, terutama dengan fitur-fitur canggih seperti stiker link ini," akhir kata dari Mosseri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel