-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Data, Fungsi, dan Jenis-Jenis Data


Pengertian Data
Pengertian Data adalah kumpulan informasi atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pencarian atau pengamatan dari sumber sumber tertentu. Data yang diperoleh pun dapat menjadi sebuah fakta atau argumentasi yang disebabkan karena belum diolah lebih lanjut.

Setelah data diolah melalui penelitian atau percobaan maka data tersebut dapat menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti database, informasi atau solusi.

Istilah Bahasa "data" diambil dari bahasa Latin "Datum" yakni bahasa Romawi yang memiliki arti sebagai sesuatu yang diberikan. Definisi umum dari "data" adalah Diberikan bukan Memberikan. Jika memberikan maka data tersebut sudah menjadi informasi yang baku dan diakui kebenarannya.

Memang, istilah data ini banyak ditemui pada bidang komputer atau dalam lingkup penelitian. Jika merujuk dari bidang komputer maka Anda pasti tidak asing dengan yang namanya database ataupun software pengolah data. Bagaimana kalau dalam penelitian? Memang sudah menjadi hal wajib bagi peneliti untuk mencari data dengan melakukan observasi (pengamatan) sebelum dikaji secara lebih lanjut. Sehingga akan diperoleh hasil dari penelitian itu sendiri. Kita bisa jumpai juga di bidang pendidikan seperti pembuatan jurnal maupun skripsi.

Fungsi Data
Setelah Anda tahu pengertian atau definisi data maka sudah terlihat jelas fungsi dari data itu sendiri. Istilah-istilah dari data tersebut memang sering dikaitkan dalam bidang komputer maupun penelitian tapi pada dasarnya di aspek kehidupan itu membutuhkan apa yang disebut data ini.

Dari bidang penelitian, data ini dijadikan sebagai landasan utama dalam penelitiannya. Untuk bidang komputer sendiri, memang hampir selalu melibatkan suatu data yang kemudian diolah untuk memecahkan masalah. Kita bisa ambil kesimpulan bahwa fungsi data adalah sebagai berikut:
  • Sebagai acuan dalam mengambil suatu keputusan terbaik dalam pemecahan masalah
  • Sebagai pedoman atau dasar suatu perencanaan maupun penelitian
  • Sebagai acuan dalam implementasi suatu kegiatan atau aktvitas
  • Sebagai dasar untuk evaluasi terhadap suatu kegiatan

Kita bisa buat kesimpulan bahwa data ini sebagai dasar dalam suatu perencanaan atau riwayat segala tindakan yang sudah dilakukan. Mengapa demikian? Hampir segala macam aspek kehidupan kita selalu melibatkan data ini.

Jenis-Jenis Data
Data ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Pengelompokan data ini terdapat banyak parameter namun kebanyakan mungkin dikelompokkan berdasarkan sifatnya, berdasarkan sumber atau darimana data itu berasal, berdasarkan waktu pengambilan dan semacamnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak mengenai jenis data itu sendiri.

1. Berdasarkan Sifatnya
Sebuah data ini dapat dibedakan berdasarkan sifat-sifatnya yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Dari kedua jenis data tersebut sering digunakan untuk berbagai kesempatan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya.
  • Data Kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk verbal, gambar, atau simbol. Contohnya, kuesioner terkait tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan suatu perusahaan.
  • Data Kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Contohnya, harga saham, nilai pendapatan dan lain-lain.

2. Berdasarkan Sumber
Perbedaan jenis data ini dapat mengelompokkan data menjadi beberapa jenis yaitu data primer dan data sekunder.
  • Data Primer adalah data asli atau data baru yang didapatkan dari sumber-sumber tertentu sebagai objek penelitian.
  • Data Sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber terdahulu seperti buku, jurnal dan semacamnya.

3. Berdasarkan waktu Pengambilannya
Jenis data ini dikumpulkan secara berkala dan juga data cross section. Berikut penjelasannya:
  • Data Cross Section (data terkumpul) adalah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu. Contohnya, data hasil ujian siswa yang diperoleh setelah ujian itu selesai dilaksanakan.
  • Data Berkala adalah data yang dikumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu. Contohnya, kegiatan atau aktivitas survey penduduk, data kebutuhan penduduk setahun terakhir.

Demikian artikel tentang Pengertian Data, Fungsi, dan Jenis-Jenis Data. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
... ...