Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan

Manfaat bawang putih bukan hanya sebagai pelengkap rasa masakan, tapi dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Kalau mentah apakah bisa dimakan? Daripada penasaran tentang Kandungan nutrisi dan apa saja manfaat bawah putih untuk kesehatan, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Kandungan Nutrisi pada Bawang Putih

Bawah putih adalah jenis tanaman umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang putih ini termasuk dalam jenis tanaman amarilis "Amaryllidaceae", dan bersaudara dengan daun bawang serta bawang merah.

Bawang putih tidak hanya berada di Asia Tengah, tapi juga tumbuh di Asia, Afrika dan Eropa.

Manfaat Bawah Putih Bagi Kesehatan
Hampir sebagian besar tanaman alami memiliki khasiat, salah satunya bawang putih ini

1. Menurunkan kadar kolestrol
Menurut sejumlah riset yang dilakukan bahwa bawang putih menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolestrol tinggi. Berdasarkan penelitian dari Journal of Postgraduate Medicine mengatakan bahwa 10 gram bawang putih mentah setiap hari terbukti menurunkan kolestrol dalam dua bulan.

Karena peneliti tersebut menemukan manfaat dari kandungan allicin dalam bawang putih sehingga menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolestrol.

Ada 3 jenis kolestrol dalam tubuh yakni:
  1. Kolestrol Jahat (LDL) - Jenis kolestrol Low Density Lipoprotein ini bisa menumpuk di pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  2. Kolestrol Baik (HDL) - High Density Lipoprotein berfungsi untuk menjauhi pembulu darah dan kembali ke hati. Meski termasuk jenis kolestrol, tapi semakin tinggi kadar HDL maka akan semakin baik. Jika kadar kolestrol baik di tubuh kita mencukupi, maka kita akan terlindungi dari penyakit jantung dan stroke. Sebaliknya, jika kadar kolestrol baik kita rendah, maka risiko penyakit bisa meningkat.
  3. Trigliserida - Tingginya kadar jenis ini, ditambah dengan LDL dan HDL yang rendah maka pembulu darah akan penuh dengan lemak. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi Anda yang terdiagnosis hipertensi, menjaga pola makan merupakan salah satu kunci agar tetap sehat. Anda bisa memanfaatkan bawah putih sebagai obatnya.

Berdasarkan peneilitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mengatakan bahwa penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik ketika makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol.

Manfaat ini juga berasal dari kandungan allicin bawang putih. Karena kandungan allicin ini lebih mudah diserap dan digunakan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki kandungan polisulfida yang bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah flu
Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus, karena adanya kandungan antioksidan didalamnya.

Menurut penelitian bahwa dosis tinggi ekstrak bawang putih (2,5 gram per hari) dapat mengurangi jumlah penderita flu sebesar 61%.

4. Memperkuat tulang
Tidak hanya kandungan kalsium dan vitamin D, tapi terdapat kandungan flavonoid yang termasuk dalam komponen gizi yang paling potensial utnuk meningkatkan kesehatan tulang.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa khasiat bawang putih dapat meminimal pengeroposan tulang.

5. Diabetes
Menurut honest docs, khasiat yang terkandung pada bawang putih dapat meningkatkan pelepasan insulin oleh pankreas. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Tapi masih belum ada bukti yang relevan mengenai manfaat bawang putih ini.

6. Menghilangkan Jerawat
Tahukah Anda bahwa kandungan allicin pada bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat.

Zat antioksidan tersebut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, terdapat kandungan vitamin dan mineral yang dipercaya membantu membasmi jerawat, mulai dari dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng. Hal ini untuk mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit.

7. Mengatasi rambut rontok dan menyuburkan rambut
Kandungan senyawa allicin yang cukup tinggi pada bawang putih ini dipercaya efektif mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

8. Menurunkan risiko kanker
Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat mengurangi risiko kanker. Menurut National Cancer Research Institute bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut (lambung, usus besar dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Konsumsi bawang putih mentah dianjurkan karena kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebaran dalam tubuh.

9. Mencegah peradangan
Bawang putih juga bisa sebagai obat anti radang. Bagi Anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan, demam, dan semacamnya, Anda cukup konsumsi bawang putih mentah.

10. Mencegah bakteri
Bagi Anda yang punya masalah pencernaan, Anda bisa konsumsi bawang putih sebagai alternatif terbaik. Anda cukup mencampurkan bawang putih mentah ke makanan lainnya.

11. Mengobati infeksi telinga
Bawang putih jadi solusi bagi Anda karena kandungan antioksidan, anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-bakteri. Sehingga bisa menangkal infeksi pada telinga Anda.

12. Dapat menyembuhkan penyakit kulit
Khasiat dari bawang putih ini dapat mengurangi efek iritasi pada kulit Anda. Caranya, cukup haluskan bawang putih, dan oleskan pada kulit yang terinfeksi secara berkala sampai kulit Anda tidak lagi iritasi.

13. Meringankan nyeri pada Gigi
Sakit gigi ini terjadi akibat pembusukan gigi ketika pulpa gigi mengalami peradangan. Sakit gigi bisa timbul akibat infeksi bakteri di dasar gigi. Nah, konsumsi bawang putih ini sangat bagus karena mengandung zat analgesik yang dapat melawan bakteri-bakteri penyebab sakit gigi.

14. Meningkatkan metabolisme zat besi
Menurut penelitian mengenai manfaat bawang putih adalah mampu meningkatkan metabolisme zat besi dalam tubuh manusia. Karena tersimpan di dalam sel tubuh dan dipindahkan keluar sel, lalu kembali lagi ke dalam sirkulasi tubuh. Tubuh pasti akan membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin.

Bawang putih ini lebih bagus jika dicampur dengan jeruk yang kaya vit. C. Bawang putih bisa meningkatkan produksi ferroportin sehingga efektif menjaga kebutuhan zat besi dalam tubuh.

15. Dapat menurunkan berat badan (Obesitas)
Kandungan zat anti-inflamasi pada bawang putih ini berfungsi untuk pengatur sel lemak yang ada didalam tubuh. Nah, penyakit kelebihan berat badan dapat terjadi akibat penumpukan lemak. Selain itu, terjadi proses perubahan pre-adiposit menjadi sel lemak yang bisa disebut sistem inflamasi.

16. Menyehatkan jantung
Bawang putih ini berpotensi mencegah risiko penyakit jantung. Manfaat yang paling bagus ditunjukkan oleh ekstrak dari bawang putih yang dikeringkan. Menurut penelitian, ekstrak aged garlic dapat mengurangi penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Berdasarkan penelitian dari Journal of Nutrition, menggunakan aged garlic juga dapat menurunkan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner. Dari endapan kalsium dalam arteri koroner merupakan tanda adanya penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Sebaliknya, protein C-reaktif adalah protein khusus yang memicu peradangan.

Nah, dari kondisi tersebut yang kemudian memicu aterosklerosis. Saat, aterosklerosis terjadi, maka Anda akan lebih rentan terhadap serangan jantung atau stroke.

17. Dapat menjaga kesehatan otak
Konsumsi bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, tapi juga kesehatan otak.

Menurut penelitian dari Universitas Missouri, bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. FruArg sendiri dapat mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stres oksidatif.

Peran sel mikroglia sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, tapi semakin lama sel mikroglia melawan peradangan akan semakin banyak memproduksi oksida nitrat.

Namun, untungnya FruArg dalam bawang putih dapat memperbanyak sel mikroglia tanpa memicu peningkatan kadar oksida nitrat dalam otak. Itu berarti, bawang putih menawarkan manfaat perlindungan bagi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap risiko penyakit neuorlogis, seperti demensia dan Alzheimer.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel