-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Tandai Banjir di Jakarta sebagai Kejadian Darurat


Masmalven.com - Hujan terus menerus mengguyur sejak momen pergantian tahun di Jakarta yang menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Ibu Kota.

Google pun menandai kejadian ini sebagai kondisi darurat dengan memberikan label "Peringatan SOS" pada hasil pencarian Google dan layanan Maps.

Jika pengguna menelusuri internet melalui Google terkait kejadian tersebut, bisa dengan keyword "banjir jakarta".

Mesin pencari ini akan menampilkan peringatan SOS dengan label berwarna merah diatas hasil pencarian.

Google juga akan menampilkan berbagai konten terkait banjir, misalnya berita-berita dari media, hingga peta lokasi dampak banjir yang muncul lewat layanan Google Maps.

Dirangkum dari Masmalven dari halaman Google Support, (02/01/2020), label peringatan SOS dibuat untuk mempermudah akses informasi yang berkaitan dengan kondisi darurat yang terjadi.

Google menyatakan bahwa peringatan ini akan muncul saat terjadi krisis yang disebabkan manusia atau alam. Meski begitu, tak semua kondisi dapat serta merta dilabeli dengan status SOS.


Ini berarti, Google mempertimbangkan sejumlah faktor seperti konektivitas internet di area yang terkena dampak, ketersediaan konten resmi dari pemerintah, hingga seberapa besar dampak yang ditimbulkan.

"Kami memiliki tim yang tersebar di seluruh dunia yang mengumpulkan konten dari lembaga pemerintah, responden pertama, media yang terpercaya, dan LSM," tulis Google di halaman Google Support.

"Kami juga mengumpulkan informasi dari produk dan layanan Google lainnya, seperti Google Berita, Google Maps, Waze, dan lainnya," tambah Google.

Hujan diprediksi akan terus mengguyur sejumlah daerah di Jakarta dalam beberapa waktu ke depan.

Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hampir seluruh wilayah DKI Jakarta di guyur hujan.

Wilayah Jakarta Timur dan Selatan, kemungkinan akan turun hujan deras disertai petir dan angin kencang. Kemudian, intensitas hujan di Jakarta Pusat dan Barat lebih ringan. Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Utara tak turun hujan.

Semoga masalah banjir yang ada di Jakarta cepat ditangani.
... ...