-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memotret dengan Kamera HP demi Hasil Terbaik


Masmalven.com - Anda ingin punya keterampilan memotret yang bagus tapi tidak punya kamera yang canggih? Tak perlu khawatir, di era teknologi yang canggih ini, Anda bisa gunakan kamera Android atau Smartphone yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang mumpuni sehingga hasil foto pun akan bagus.

Namun, Anda juga harus tahu cara dan tips memotret yang baik dan benar dengan HP Android untuk mendapatkan hasil foto layaknya menggunakan kamera DSLR atau SLR.

Beberapa teknik fotografi di Smartphone perlu Anda pelajari termasuk cara men-setting kamera, cara ambil sudut pandang, memperhatikan pencahayaan yang baik dan cara membidik gambar.

Untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik seperti fotografer terkenal lainnya, cobalah untuk menerapkan metode dasar yang praktis di bawah ini.

Caranya yang mudah dan cepat dapat dengan mudah dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Dengan cara ini Anda bisa belajar dan meningkatkan kemampuan foto menggunakan HP. Yuk simak, informasi dan tips berikut ini:

Cara memotret dengan Smartphone agar hasilnya Bagus

1. Bersihkan Lensa Kamera Android Terlebih Dahulu

Pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan kamera HP atau Smartphone. Mengapa demikian? Sebab tanpa disadari bisa saja tangan kita berkeringat menyentuh lensa kamera utama di Smartphone Anda.

Karena, noda minyak atau keringat tersebut pada akhirnya akan meninggalkan noda tipis di bagian lensa tanpa kita sadari. Coba gunakan tisu bersih untuk membersihkan lensa kamera agar tidak mengganggu hasil foto nantinya.

2. Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup adalah faktor utama bagus atau tidaknya hasil foto nantinya. Nah, fotografi sendiri memiliki arti "melukis dengan cahaya". Karena itu, cahaya merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan memotret. Sebelum Anda memotret pastikan bahwa pencahayaan pada objek cukup terang.

3. Jaga Kestabilan Kamera

Hasil foto akan tampak bagus apabila kamera terus pada posisi stabil. Agar kamera tidak goyang atau ada getaran dari tangan saat memotret. Jika hp kita tidak stabil, maka hasil foto akan buram dan tidak bisa fokus pada objek.

Cobalah untuk manfaatkan tripod atau penyangga ponsel agar kamera lebih terjaga kestabilannya.

4. Dekati Objek bukan di Zoom

Menggunakan Zoom pada objek yang lebih jauh merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan pada saat memotret. Menggunakan zoom boleh saja, tapi hasil foto yang telah diambil bisa saja buram atau blur. Karena tingkat kefokusan gambar akan berkurang.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memposisikan jarak antara diri Anda dengan objek tidak terlalu jauh sehingga Anda tidak perlu menggunakan zoom. Memotret tanpa zoom akan terlihat lebih natural, tidak pecah, dan jelas.

5. Memotret dari berbagai Angle

Bagi yang belum tahu, Angle biasa disebut dengan sudut foto. Nah, Angle ini bisa berpengaruh besar pada foto yang dihasilkan. Jika Anda biasanya memotret dari sudut yang biasa, hasil foto pun akan menjadi biasa saja. Cobalah lakukan dari berbagai angle atau sudut yang berbeda. Sudut foto yang beragam akan berguna untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

6. Manfaatkan High Resolution pada HP Kamu

Jaman yang serba canggih ini, banyak vendor smartphone yang menanamkan fitur pada kamera yang memungkinkan Anda memilih resolusi gambar yang akan digunakan. Untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus, mulailah dengan memilih resolusi yang paling tinggi sebelum memotret pada sebuah objek.

Sebelum itu, coba untuk cek terlebih dahulu kapasitas memori ponsel Anda. Karena semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka semakin besar pula ukuran file dari hasil jepretan Anda.

7. Percantik Hasil Foto dengan Aplikasi Editor

Hasil foto akan semakin bagus dan keren apabila diberi sentuhan filter yang cantik dan unik dari berbagai aplikasi yang tersedia. Salah satunya menggunakan aplikasi photo editor yang dapat dengan mudah di download di Ponsel Anda.

Selain pemanfaatan filter, Anda bisa kembali menyempurnakan hasil potret dengan mengatur dalam mode contrast, brightness hingga crop.

Tapi perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto Anda. Mengapa demikian? Mengedit terlalu berlebihan dapat menghilangkan hasil natural dari si foto tersebut. Aplikasi seperti halnya photo editor hanya digunakan untuk mempercantik bukan untuk mengubah hasil foto.

8. Hindari Penggunaan Flash pada HP kamu

Di era sekarang ini, hampir semua Android atau smartphone memiliki yang namanya fitur lampu kilat atau flash. Jika Anda ingin kualitas foto terbaik, maka jangan gunakan flash ini. Bagaimana dengan kamera DSLR atau SLR? Lampu kilat tersebut hanya digunakan pada kondisi yang mendesak saja.

Setiap hasil foto akan nampak lebih bagus jika cahaya yang digunakan natural. Keberadaan fitur ini akan Anda butuhkan ketika akan memotret objek dalam kondisi gelap saja.

9. Gunakan Mode HDR

Mode HDR ini merupakan mode yang terdapat pada sebagian besar kamera Android atau Smartphone. Fungsi mode HDR ini, untuk mengambil foto dengan objek stasioner dan memastikan bahwa pencahayaan serta bayangan di dalam foto untuk diekspos secara merata.

Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan pada kontras tinggi dan Anda juga bisa menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

10. Aturan Sepertiga

Tips terakhir dalam dunia fotografi adalah aturan sepertiga. Aturan ini memungkinkan Anda memotret dengan hasil foto yang hebat.

Dalam aturan sepertiga ini, Anda perlu untuk memposisikan suatu objek secara sejajar dengan jalur horizontal dan vertikal.

Dengan kata lain, mata kita akan terfokuskan pada gambar yang terbagi menjadi tiga, yang dimana subjeknya berada dibagian pusat foto tersebut.

Hasil foto tersebut, Anda bisa bagikan di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, WhatsApp dll. Kegiatan fotografi bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan apabila Anda tahu cara mengambil foto yang bagus. Ya kan?

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai cara untuk memaksimalkan fungsi kamera HP dengan mengetahui trik mengambil foto yang bagus dan kece.
... ...