-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kewirausahaan, Ciri-Ciri, dan Tujuan Berwirausaha

Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian kewirausahaan adalah proses menciptakan dan melakukan sesuatu yang baru dengan cara kreatif, dan inovatif yang memberikan manfaat bagi orang lain dan memberi nilai tambah.

Beberapa orang berpendapat bahwa definisi kewirausahaan adalah seseorang yang memiliki kreativitas, dan aktif dalam membuat sesuatu yang baru dan unik serta dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan juga memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai modal, waktu, sumber daya, dan juga resiko.

Menurut Wikipedia, kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha.

Kalau menurut Kamus Bahasa Indonesia, kata Wira memiliki arti; pejuang, berani, berwatak agung, dan berbudi luhur sedangkan kata Usaha memiliki arti; berbuat sesuatu, bekerja, dan berbuat amal.

Menurut Para Ahli Tentang Pengertian Kewirausahaan

Supaya kita memahami apa arti kewirausahaan, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Drs. Joko Untoro

Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

2. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari orang lain.

3. Ahmad Sanusi

Pendapat dari Ahmad Sanusi, Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, proses, dan hasil bisnis

4. Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah usaha yang kreatif dilakukan
berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan pekerjaan, dan hasilnya bisa berguna bagi orang lain.

5. Siswanto Sudomo

Siswanto Sudomo mengatakan bahwa kewirausahaan adalah sesuatu yang penting terkait seorang yang berwirausaha, seperti seseorang yang memiliki sifat pekerja keras, rela berkorban, dan berani mengambil segala resiko yang ada untuk mewujudkan gagasannya.

Ciri-Ciri Orang Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Ciri-Ciri Berwirausaha

Bagi seseorang yang ingin memulai bisnis tentunya harus memiliki jiwa kewirausahaan. Tidak adanya jiwa kewirausahaan, mungkin bisnis yang sedang dirintis berhenti di tengah jalan karena penyebab yang sederhana. seperti kurangnya percaya diri untuk menjalankan bisnis. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kewirausahaan:

1. Kreativitas yang Tinggi dan Punya Keberanian

Seseorang yang memiliki keberanian yang tinggi untuk berkreasi adalah pebisnis yang sukses. Memiliki kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis.

Seseorang yang memiliki keberanian untuk memulai biasanya tidak akan takut dengan resiko kegagalan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Bukan berarti harus berani saja tanpa adanya pertimbangan dan perencanaan yang mumpuni.

Dengan jiwa Kewirausahaan akan tercipta karena timbulnya kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpi dan keinginan untuk hidup lebih baik.

2. Semangat yang Tinggi

Kreativitas saja belum cukup, seorang kewirausahaan yang ingin membangun bisnis harus memiliki semangat yang tinggi. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang akan dikerjakan akan menuju keberhasilan.

Dengan semangat yang tinggi akan membuat seseorang bertekad untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

3. Punya Daya Analisa yang Baik

Bagi seorang wirausaha, harus memiliki daya analisa terhadap apa yang sedang dikerjakannya. Misalnya, dengan memperhitungkan untung ruginya, persaingan, nilai jual barang atau jasa, dan kemampuan analisa pasar.

Ini sangatlah penting bagi seorang wirausahawan yang sedang menggeluti bisnis, karena untuk meminimalisir kerugian.

4. Jiwa Pemimpin dan Tidak Konsumtif

Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kepemimpinan, baik untuk dirinya sendiri maupun karyawannya. Maksudnya mampu memimpin atau mengendalikan dirinya sendiri dan karyawannya dalam pengambilan keputusan.

Pemimpin tidak seharusnya memiliki perilaku yang konsumtif, karena pengeluaran lebih kecil daripada pemasukan. Dengan hal itu, bisnis yang sedang di kerjakan akan semakin berkembang dengan memanfaatkan keuntungan sebagai modal untuk bisnis yang lebih besar lagi.

5. Membuat Keputusan

Pebisnis yang hebat adalah mampu untuk membuat keputusan dengan cepat dan tepat untuk menghasilkan sesuatu. Bagi pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah memiliki perhitungan dalam setiap keputusan tersebut sesuai dengan yang sudah disepakati bersama timnya dan dengan melaksanakan keputusan yang cepat akan meminimalisir hilangnya peluang.

6. Pengabdian yang Besar Terhadap Bisnisnya

Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis tidak memiliki waktu yang mengikat, namun perlu diketahui bahwa untuk menjalankan atau menekuni bisnis justru membutuhkan waktu yang lebih untuk belajar, memahami, dan menjalankan bisnis dengan baik.

Setiap pebisnis harus menerapkan jiwa wirausahanya terhadap pelanggan dan calon pelanggannya, tidak untuk dirinya sendiri saja. Menjadi seorang wirausaha dapat dikatakan profesional dan handal, jika melakukan hal-hal berikut ini:

  • Mengenal dan meyakini produknya
  • Menerima masukan baik itu kritik dan saran yang baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan anggotanya maupun pelanggan
  • Bersikap jujur, berani dan santun saat mengambil keputusan
  • Bertanggung jawab

Tujuan Berwirausaha

Tujuan Berwirausaha

Semua orang yang berwirausaha pasti punya tujuan tertentu yang ingin dicapai. Berikut ini, beberapa tujuan berwirausaha:
  • Menciptakan jaringan bisnis yang baru
  • Membuka lapangan kerja baru bagi orang lain
  • Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan masyrakat di sekitar usaha
  • Mengembangkan semangat berwirausaha kepada orang lain
  • Membantu para pengusaha muda untuk berkreasi dan berinovasi
  • Membangun bisnis yang besar berawal dari bisnis yang kecil dulu. Karena bisnis tidak harus dengan modal materi yang besar namun disertai dengan modal moril yang tinggi

Sekian penjelasan singkat mengenai pengertian kewirausahaan, ciri-ciri, dan tujuan berwirausaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun bisnis dan terima kasih sudah berkunjung.
... ...