5 Langkah Sederhana Menggunakan Native Advertising Adnow

adnow native advertising network

Sekarang ini, metode iklan tradisional seperti iklan spanduk sudah tidak lagi efektif. Banyak para pembaca sudah menghiraukan iklan yang over sell, bahkan mereka menghindarinya dengan menggunakan ad blocker.

Memahami hal itu, banyak advertiser dan blogger telah beralih ke metode yang baru bernama native advertising (iklan native) atau biasa disebut dengan Adnow.

Adnow adalah metode pengiklanan yang "menyamarkan" dalam bentuk konten yang biasa di baca oleh target pasar Anda seperti artikel dan video yang disajikan. Jenis iklan ini, biasanya menyajikan konten yang menarik daripada membicarakan tentang produk sendiri.

Manfaat Adnow Native Advertising

Kamu bisa melihat iklan di facebook yang berbentuk postingan dan muncul di halaman timeline.

Kalau Anda perhatikan, kedua iklan ini memiliki format konten yang hampir serupa seperti konten non-iklan lainnya dalam platform masing-masing sehingga lebih sulit di block oleh ad-blocker.

Dengan formatnya yang tepat, presentase pengunjung yang meng-klik dan membaca iklan native pun semakin besar. Tidak hanya itu, pembaca bisa membagikan konten tersebut kepada teman-temannya.

Dari berbagai survey, native advertising menghasilkan 32% total share lebih banyak dibandingkan dengan iklan spanduk/banner.

Semakin banyak jumlah share, maka semakin banyak pula jumlah pembaca di blog Anda. Para blogger pun juga mendapatkan banyak penghasilan berkat keampuhan iklan native dan advertiser pun semakin senang jika iklannya berhasil menjangkau target pasar yang lebih luas.

Mengapa Adnow?

Bagi yang belum mengerti, Adnow merupakan platform yang menghubungkan advertiser dan publisher agar keduanya bisa melakukan kampanye secara efektif dan efisien. Dengan adanya Adnow, blogger tidak perlu mencari advertiser yang ingin memasang iklan native, sebab hal itu sudah ada di Adnow.

Perusahaan ini dibentuk oleh tim yang sudah ahli di dunia periklanan digital selama bertahun-tahun. Dari karyanya, mereka berhasil menciptakan algoritma yang membantu advertiser dan publisher menayangkan iklan native yang sangat relevan bagi target pasar. Saat ini, Adnow sudah bekerja sama dengan lebih 160.000 publisher, 1.000.000.000 rekomendasi perhari, 1.700 pengiklan, 114 negara.

Hal ini, mirip seperti Google Adsense, Adnow juga menerapkan sistem pembayaran berdasarkan performa PPC (pay per click) dan CPM (cost per impression). Dari semua data itu bisa Anda lihat pada dashboard Adnow secara real-time.

Menariknya, Adnow bisa bekerja bersamaan dengan Google Adsense. Jadi, blogger bisa memperoleh pendapatan lebih dengan menerapkan keduanya sekaligus. Semua iklan yang dipasang oleh Adnow harus melewati moderasi terlebih dahulu.

Apakah kamu siap mendapatkan pendapatan lebih dengan menggunakan Adnow?

Mari ikuti langkah sederhana berikut ini:

1. Mendaftar Sebagai Publisher di Situs Adnow

Pertama-tama, masuk ke halaman pendaftaran Adnow di sini. Setelah itu, isikan nama, email, bahasa, kata sandi, dan ID Skype (opsional) di formulir pendaftaran online.

halaman pendaftaran adnow

Setelah mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran, Adnow akan mengirimkan email verifikasi ke email Anda. Anda buka pesan email dari Adnow lalu klik link verifikasi.

2. Memasukkan Url Blog Dalam Dashboard Adnow

Setelah login, Anda akan melihat halaman dashboard Adnow yang masih kosong. Silakan klik tombol Add site di bagian kanan atas dan masukkan data blog Anda yang terdiri atas nama blog, URL, bahasa blog, dan trafik bulanan.

dashboard adnow

Setelah itu akan muncul pesan pemberitahuan tentang sejumlah larangan bagi blogger seperti melakukan banyak sekali klik secara manual pada iklan native yang dipasang. Silakan centang persetujuan Anda dan klik OK.

3. Mengatur Widget Iklan Adnow

Anda sudah bisa mulai memasang widget di blog, dan untuk memulainya, silakan klik tombol Add a widget atau klik link yang diminta.

widget adnow

Widget yang tersedia hanya satu, yakni native ads. Klik tombol Add a widget.

Anda akan masuk ke halaman pengaturan widget. Di sini, Anda bisa mengatur tampilan native ads yang akan terpasang nanti akan seperti apa. Beberapa hal yang bisa Anda atur di sini mencakup apakah iklan boleh memasang gambar erotis atau mengejutkan, berapa jumlah iklan yang terpasang dalam satu kolom, serta animasi gambar.

Setelah selesai, klik tombol Save.

Anda akan kembali di halaman pengaturan widget lagi, tapi kali ini Anda bisa melihat dua kode HTML widget berdasarkan pengaturan yang disimpan. Salin kode HTML pertama dari atas.

4. Memasang Widget Adnow di Blog

Buka halaman dashboard blog Blogspot yang didaftarkan. Buka halaman Tata letak. Tambahkan widget → Html/JavaScript ke salah satu bagian halaman yang ingin dipasangkan iklan native.

Pasangkan kedua kode tersebut di Html/JavaScript.

widget html javascript adnow

Refresh Blog Anda dan selamat iklan native sudah tayang.

5. Pantau pendapatan Anda dan Bagikan Link Referral

Selesai! Anda tinggal perlu memantau jumlah pendapatan yang terus bertambah di dashboard Adnow. Agar bisa menghasilkan pendapatan, Anda bisa memberikan link referral ke teman Anda.

link referal adnow

Bagi setiap teman yang mendaftar melalui link referral tersebut, Anda akan mendapatkan 5% dari total pendapatan iklan native teman Anda seumur hidup!

Selamat bergabung ke dunia native advertising! Bila ada pertanyaan seputar pemasangan widget atau pendaftaran blog, silakan ditanyakan di kolom komentar :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel