-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Aplikasi Android Terbaik untuk Blogger

aplikasi android untuk blogger

Sebagai blogger, tentu kamu akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi di smartphone. Smartphone kini bisa menjadi alat yang sangat powerful untuk meningkatkan produktifitas sebagai seorang blogger jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik.

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi penunjang yang akan membantu kita dalam blogging. Mulai dari menulis artikel, hingga mengatur semua aset seperti gambar, foto, dan checker traffik.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada di smartphone, berikut ini adalah 6 aplikasi android terbaik untuk blogger.

1. Aplikasi SwiftKey Keyboard

Sekarang ini, banyak sekali aplikasi keyboard yang bisa di unduh di Google Play. Kamu bisa mencarinya di aplikasi keyboard yang mengutamakan tampilan, hingga kaya fitur.


Menurut pengalaman saya, aplikasi keyboard terbaik untuk android adalah SwiftKey Keyboard. Fitur koreksi otomatisnya sangat cocok sekali digunakan untuk kamu para blogger yang sering menulis melalui smartphone android.

SwiftKey Keyboard memiliki algoritma cerdas yang akan mampu mengidentifikasi kesalahan yang kamu lakukan, dan mengkoreksinya.

SwiftKey Keyboard adalah salah satu aplikasi wajib yang harus ada di smartphone untuk semua blogger.

Install SwiftKey Keyboard

2. Aplikasi Dropbox Paper

Beberapa blogger da yang belum tahu apa itu Dropbox Paper? Aplikasi Dropbox Paper adalah aplikasi catatan yang kaya fitur. Memang sudah ada banyak aplikasi sejenis seperti Evernote, Simplenote, dan lainnya.


Saya sudah pernah mencoba aplikasi tersebut. Berdasarkan pengalaman pribadi, Dropbox Paper adalah yang terbaik. Dropbox Paper memiliki tampilan yang simpel namun tetap elegan, dan mudah digunakan sehingga membuat kita bisa fokus ketika mengetik artikel.

Kelebihan lainnya, Paper terintegrasi secara penuh dengan Dropbox. Jadi, kita bisa memasukkan gambar atau foto yang sebelumnya pernah kita simpan di Dropbox.

Install Dropbox Paper

3. Aplikasi Feedly

Sebagai seorang blogger, kita tentu membutuhkan sumber bacaan yang tepat. Agar selalu mendapatkan pasokan informasi, atau sekedar ingin mencari inspirasi.


Salah satu cara yang biasa saya lakukan adalah dengan membaca blog atau website dengan tema yang kita minati. Kalau kamu masih mengunjungi website favorit secara manual maka mulai dari sekarang tinggalkanlah hal tersebut.

Karena ada cara yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan Feedly. Feedly bisa mengumpulkan umpan dari website favorit yang kamu ikuti, kemudian menampilkannya di aplikasi.

Jika kamu memiliki banyak website favorit yang sering dibaca, maka Feedly wajib kamu install. Kamu bisa update informasi sekaligus mencari inspirasi untuk bahan artikel selanjutnya yang akan kamu tulis.

Install Feedly

4. Aplikasi Hootsuite

Kamu yang sudah mulai serius menekuni profesi blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan sosial media. Sosial media adalah alat yang powerful untuk mempromosikan blog yang kita kelola agar bisa mendapatkan banyak kunjungan tambahan.


Nah, adakalanya kita harus mengelola banyak akun sosial media. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn. Jika kita menginstall semua aplikasi sosial media tersebut satu persatu, tentu sangat tidak efektif.

Untungnya ada aplikasi bernama Hootsuite. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa mengelola semua akun sosial media kamu. Kamu bisa melakukan posting terjadwal, membalas komentar, hingga memeriksa statistik setiap akun sosial media.

Hootsuite adalah aplikasi yang sangat penting untuk blogger, terutama yang sering menggunakan sosial media untuk mendapatkan kunjungan tambahan di blog-nya.

Install Hootsuite

5. Aplikasi Google Analytics

Google Analytics, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini.

google analytics

Google Analytics memiliki aplikasi resminya sendiri di Google Play. Hal ini tentu akan memudahkan hidup kamu sebagai seorang blogger. Kamu bisa memeriksa jumlah kunjungan blog kapanpun dan dimanapun melalui smartphone android.

Fitur:
  • Periksa metrik kunci di laporan bawaan
  • Bandingkan rentang tanggal dan terapkan segmen
  • Pantau data real-time
  • Jelajahi untuk membuat laporan Anda sendiri dengan kombinasi metrik, dimensi, dan segmen yang Anda sukai
  • Simpan laporan ke dasbor Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya kembali

Install Google Analytics

6. Aplikasi Google Adsense

Sebagian besar bloger pasti sudah tahu tentang Google Adsense. Aplikasi ini hanya untuk penerbit Adsense. Bagi publisher Google Adsense, Anda dapat memeriksa semua jenis laporan penghasilan dan sumber pendapatan dengan menginstal aplikasi ini di smartphone Anda.

aplikasi google adsense

Install Google Adsense

Dengan adanya laporan seperti ini di perangkat smartphone, maka publisher dapat dengan segera mengetahui apa yang terjadi jika ada perubahan penghasilan yang signifikan.

7. Google Ads

Dengan menggunakan aplikasi Google Ads, Anda akan tetap terhubung dengan kampanye iklan dari mana saja, berbekal ponsel cerdas Android. Kinerja iklan dapat dipantau dengan mudah saat Anda berada dalam perjalanan dengan aplikasi sederhana yang melengkapi akun desktop Anda. Kampanye pun tetap berjalan lancar - di mana pun Anda berbisnis.

google ads

● Melihat statistik kampanye
● Memperbarui tawaran dan anggaran
● Mendapatkan lansiran dan pemberitahuan secara real-time
● Menghubungi pakar Google
● Menindaklanjuti saran untuk meningkatkan kampanye Anda
● Menambahkan, mengedit, atau menghapus kata kunci

Aplikasi ini hanya untuk pelanggan Google Ads.

Demikian penjelasan saya tentang 6 aplikasi android terbaik untuk blogger yang wajib di install untuk meningkatkan produktifitas kamu sebagai seorang blogger. Semoga bermanfaat.
... ...