Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

cara menulis artikel yang baik dan benar

Tips ini merupakan pendapat pribadi serta pengalaman yang saya lakukan di blog saya sebelumnya. Tetapi, bisa dijadikan referensi karena saya juga sebenarnya masih belajar menulis artikel yang baik dan benar. Pada awalnya membuat sebuah artikel itu sangat sulit buat saya, karena saya dulu tidak suka menulis dan membaca tetapi lama-lama saya paksakan akhirnya bisa juga 😊.

Point dari blogging adalah membuat konten atau artikel singkat yang menarik dan bisa dipahami dan dilihat oleh orang lain.

Apakah sesederhana itu? Sebagian orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan konsep yang terkadang membuat kita pusing seolah-olah menulis artikel blog itu seperti merakit kapal – ya mungkin saja topik blognya tentang cara merakit kapal😊.

Kalau Anda punya blog pribadi seharusnya tidak sulit untuk menulis sebuah artikel karena memang tidak ada aturan khusus dalam membuat blog pribadi. Berbeda dengan blog review produk misalnya blog yang membahas tentang kuliner, gadget, dan lain-lain. Gaya bahasa yang digunakan pada blog pribadi dan blog kuliner atau teknologi tentunya pasti berbeda. Blog pribadi biasanya lebih bebas dan menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak baku juga tidak masalah, tentu saja gaya bahasa seperti ini tidak sesuai jika dilakukan pada blog yang isinya tentang kuliner atau teknologi karena bisa memberikan kesan artikelnya tidak relevan atau serius.

Baca Juga : Panduan belajar SEO untuk pemula

Sebelum kita membahas tentang “cara menulis artikel yang baik dan benar”, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Perlu diperhatikan! ada 2 gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis, yaitu gaya bahasa jurnalistik dan gaya bahasa ringkasan:

Gaya bahasa jurnalistik, langsung memberikan informasi utama di bagian awal dan informasi pendukung di bagian tengah atau akhir artikelnya.

Gaya bahasa ringkasan, ditujukan langsung pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memberikan keputusan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca inti artikelnya saja.

Berikut ini adalah “cara menulis artikel yang baik dan benar” menurut Mas Malven:

1. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Sudah berapa kali saya menemukan artikel blog yang isinya membuat saya bingung karena artikelnya berbelit-belit, terlalu pendek dan terlalu panjang. Pastinya saya tidak mau balik lagi ke blog tersebut.

Usahakan agar setiap artikel yang kita tulis dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh pembaca. Karena itu diperlukan latihan berulang-ulang dalam membuat artikel yang benar dan hal tersebut akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik. Jangan putus asa intinya, karena saya juga pernah melakukan kesalahan berulang-ulang 😊.

2. Membaca buku atau Blog orang lain

Banyak sekali bahan yang bisa Anda jadikan tulisan. Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau jarang atau tidak pernah membaca tulisan orang lain. Sebagai contoh, seorang pemilik blog yang menulis tentang pendidikan didalam blognya , tentu saja dia akan membutuhkan referensi untuk membuat artikel yang bermutu.

Selain mendapatkan informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru tentunya dengan membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau blog orang lain maka lama-kelamaan kita juga dapat menulis artikel mudah dimengerti oleh pembaca. Jika Anda terus belajar, niscaya hasil baik akan menghampirimu dan itulah kata motivasi yang sering saya gunakan sebagai acuan😊.

3. Memiliki gaya bahasa yang unik

Inilah hal yang terpenting dalam menulis artikel pada blog kita. Tetapi, kita tidak perlu terpaku pada hal ini karena dapat menghambat kreatifitas itu sendiri. Cobalah memulai menulis dengan gaya bahasa Anda sendiri, tidak usah malu atau minder karena gaya bahasa penulisan kita berbeda-beda.

Apapun gaya bahasa atau cara kita membuat tulisan, yang terpenting adalah bagaimana agar tulisan atau artikel kita memberikan informasi, relevan, dan mudah dicerna oleh pembaca.

4. Pelajari karakter calon pembaca

Beda topik, beda peminat (anak muda, dewasa dll) misalnya seperti artikel tentang “berita politik” mungkin pembacanya dewasa, selanjutnya artikel mengenai game peminatnya kalangan anak muda. Benar kan?

Untuk apa sih kita mesti mempelajari karakter?

Agar Anda bisa menyesuaikan isi artikel terutama gaya penulisan dengan karakter pembaca.

Dengan kata lain supaya artikel kita enak dibaca dan tidak bosan. Contohnya, kalau pembaca mayoritas anak muda, Anda harus gunakan bahasa yang lebih santai.

Kalau Anda menggunakan bahasa penulisan yang kaku, maka pembaca bakal merasa aneh dan pembaca tidak akan melihat blog Anda lagi.

“4 Cara menulis artikel yang baik dan benar” diatas mungkin terlihat mudah bagi yang sudah terbiasa dan terlihat sulit bagi yang belum mencoba. Semoga tips ini dapat membantu dan terbiasa dalam membuat artikel yang benar untuk blog kita. Jika Anda punya tips lainnya, silahkan di share melalui komentar. Berbagi itu indah😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel