-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TikTok Punya Fitur Repost Mirip Retweet di Twitter

TikTok menghadirkan fitur baru, aplikasi berbagi video pendek, yakni tombol "Repost". Fitur Repost ini memungkinkan pengguna untuk posting ulang (repost) video yang ada di timeline for you page (FYP) TikTok.

Tombol Repost ini hampir mirip dengan fitur "Retweet" di Twitter. Selain itu, pengguna akan menemukan tombol ini saat meng-klik menu "Share" pada video yang ada di FYP.

Pada kolom "Send to", pengguna akan menemukan tombol Repost berwarna kuning yang mirip dnegan ikon retweet di Twitter.

Ketika Anda klik, nantinya akan muncul notifikasi "Reposted. Let your friends know why you reposted this video" atau yang bisa diartikan "Diposting ulang. Beri tahu temanmu mengapa kamu posting ulang video ini".

Di bagian bawah notifikasi, terdapat kolom "Add your thoughts" yang dimana pengguna bisa menambahkan komentar atau emoji tentang video yang di re-post tersebut.

Jika berubah pikiran, pengguna bisa menghapus video yang tadi di repost dengan klik "Remove repost".

Fitur Repost TikTok Mirip Retweet di Twitter
Fitur Repost Tiktok (Masmalven.com/Dimas Zhafira F)

Saat pengguan repost video dari FYP TikTok, video tersebut tidak akan ikut muncul di profil TikTok pengguna. Hal ini berbeda dengan fitur retweet di Twitter, yang dimana setiap twit yang di retweet pengguna akan muncul di timeline pengikut sekaligus di profile Twitter pengguna yang melakukan retweet.

Menurut TechCrunch, video hasil repost di TikTok hanya akan muncul di timeline follower pengguna saja, dan tidak akan muncul di profil TikTok pengguna yang melakukan repost.

Perlu diketahui bahwa, tombol repost ini tidak tersedia pada seluruh video yang ada di TikTok. Fitur ini hanya tersedia pada video yang muncul di FYP.

Untuk video TikTok yang muncul di timeline "following" dan Discover tidak bisa di posting ulang dengan fitur Repost ini. Hal ini bertujuan agar kreator konten tidak bisa memanfaatkan fitur Repost TikTok ini hanya untuk mempromosikan video dari sesama kreator konten saja. Sehingga jumlah tayangan dari kreator semakin meningkat.

Tersedia tombol Recommend, mirip dengan Repost
Belum ada kepastian apakah TikTok sudah mulai merilis fitur baru Repost ini ke seluruh penggunanya atau belum. Menurut konsultan media sosial Matt Navara melaporkan bahwa TikTok sedang menguji coba fitur Repost TikTok pada pertengahan 2021 lalu.
... ...